raeuki
TS
raeuki
Hari-Hari Terakhir Uni Soviet, Menuju Keruntuhan
Quote:


Setelah sekian lama akhirnya ane bisa kembali menulis lagi di KASKUS tercinta ini, tentu saja masih di Forum Sejarah & Xenologi. Kali ini ane menulis tentang kisah akhir-akhir dari Uni Soviet, di mana sebelumnya ane juga pernah menulis trit Mengapa Stalin Mencoba Membasmi Agama di Uni Soviet? Dan Mengapa Itu Gagal? Trit ini akan mencoba melanjutkan kisah tersebut.  

Januari 1991

Pada tahun 1991, Jerman terus menunjukkan sikap positif dalam memberikan bantuan kepada Uni Soviet. Pengunduran diri Menteri Luar Negeri Soviet meninggalkan kesan yang kuat baik di dalam maupun di luar negeri bahwa Presiden Gorbachev sangat bergantung pada kekuatan konservatif militer dan KGB. Peningkatan penyebaran pasukan udara di Lituania dan Latvia diumumkan pada Januari 1991 yang meningkatkan ketegangan di negara-negara Baltik.  

Pada tahun sebelumnya, Uni Soviet memainkan peran penting dalam mengakhiri divisi pasca-perang Eropa dan konfrontasi Timur-Barat dengan Perjanjian tentang Penyatuan Jerman, menandatangani Perjanjian Pasukan Konvensional di Eropa, mengambil tindakan terkoordinasi dengan negara-negara Barat pada invasi Irak atas Kuwaitdan menjalin hubungan diplomatik dengan Republik Korea.

Namun situasi domestik kian memburuk, seperti krisis ekonomi yang semakin intensif dan perselisihan etnis, kritik terhadap new political thinking meningkat di kalangan konservatif. Pengunduran diri Menteri Luar Negeri Shevardnadze yang merupakan pendukung diplomasi tersebut dan penindasan negara-negara Baltik dengan penggunaan kekuatan pada Januari 1991 menimbulkan ketidakpastian tentang arah diplomasi "new political thinking". 

Pada 13 Januari 1991, pasukan lintas udara Soviet menyerbu dan menduduki stasiun televisi dan radio Lituania, menewaskan 13 orang dan melukai 112 warga. Pada tanggal 20 Januari 1991, pasukan polisi khusus Kementerian Dalam Negeri Soviet menyerang Kementerian Dalam Negeri Latvia, dan dalam baku tembak berikutnya, lima orang tewas dan 10 orang terluka. 

Militer gabungan Gorbachev percaya reformasi diperlukan untuk bertahan hidup, dan dia membawa tindakan putus asa ke masa-masa sulit. Dia mengantarkan keterbukaan politik yang membawa kebebasan baru dan pemilihan demokratis dan restrukturisasi ekonomi yang melonggarkan kontrol pemerintah atas ekonomi Soviet.

Quote:

Pemimpin maverick republik Rusia, Boris Yeltsin adalah duri di pihak Gorbachev. Yeltsin, yang secara dramatis mundur dari Partai Komunis pada tahun 1990, menyerukan pengunduran diri Gorbachev setelah tentara Soviet menghalangi Lituania dan republik-republik lain yang mencari kemerdekaan dan kedaulatan.

Maret 1991

Pada bulan Maret 1991, Uni Soviet mengadakan referendumpublik untuk menentukan apakah serikat pekerja harus dipertahankan atau dibubarkan. Lebih dari tiga perempat pemilih ingin Uni Soviet bertahan, tetapi enam republik menolak. Terlepas dari hasilnya, referendum tidak banyak membantu menghentikan keretakan negara. Yeltsin dan demokrat lainnya terus mendorong Gorbachev untuk memperkenalkan reformasi yang lebih radikal, dan presiden Soviet menegosiasikan sebuah perjanjian yang mendesentralisasikan kekuasaan dari pemerintah pusat ke republik.
Quote:

Penambang batu bara dan pekerja baja yang bekerja keras di bawah kondisi yang sulit dengan sedikit kompensasi. Ketika ekonomi Soviet mengalami stagnasi pada 1980-an, tekanan ekonomi meningkat pada pekerja industri. Ironisnya, reformasi ekonomi Gorbachev memberi pekerja hak untuk mogok kerja. Pada Maret 1991, serikat pekerja tambang batu bara bersumpah untuk mogok sampai dia mengundurkan diri.

April 1991

Kunjungan Presiden Gorbachev ke Jepang pada April 1991 merupakan kunjungan pertama kepala negara ke Jepang sepanjang sejarah Rusia dan Soviet. Jepang telah mempersiapkan diri dengan serius untuk kunjungan tersebut, mencoba menjadikannya sebagai kesempatan untuk peningkatan normalisasi hubungan Jepang-Soviet. 

Konsultasi Menteri Luar Negeri Reguler diadakan tujuh kali sejak kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Shevardnadze pada Januari 1986. Dan Kelompok Kerja Perjanjian Perdamaian bertemu tujuh kali setelah kunjungan kedua Menteri Luar Negeri ke Jepang pada Februari 1988. 

Jepang mengusulkan perluasan keseimbangan hubungan Jepang-Soviet secara keseluruhan, menempatkan prioritas utama pada masalah Teritorial. Selanjutnya, untuk mentransfer pengetahuan yang dapat berguna untuk reformasi ekonomi Soviet, banyak misi Soviet untuk survei ekonomi diterima dan para ahli Jepang juga dikirim ke Uni Soviet untuk memberikan bantuan teknis bagi rekonstruksi ekonomi Soviet.
Quote:

Dukungan kemanusiaan juga diberikan oleh jepang, seperti peralatan medis ke daerah-daerah yang terkena dampak kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, makanan dan barang-barang medis. 

Dengan latar belakang tersebut upaya serius dilakukan untuk meningkatkan hubungan Jepang-Soviet dengan Presiden Gorbachev mengunjungi Jepang. Diskusi yang sangat jujur dan menyeluruh dilakukan mengenai isu-isu mendasar dari hubungan antara kedua negara, termasuk Masalah Wilayah Utara. 

Meskipun tidak ada solusi yang ditemukan pada Masalah Wilayah Utara, hal itu diartikulasikan dalam pernyataan bersama Jepang-Soviet bahwa Wilayah Utara adalah subjek dari masalah teritorial yang harus diselesaikan dalam Perjanjian Perdamaian. Juga disepakati bahwa mempercepat pekerjaan persiapan untuk menyimpulkan Perjanjian Perdamaian, termasuk penyelesaian Masalah Teritorial, adalah sangat penting. 

Selain itu, pada perkembangan masa depan hubungan Jepang-Soviet secara keseluruhan, konsep keseimbangan yang berkembang, yang telah diusulkan Jepang di masa lalu, cukup tercermin dalam pernyataan bersama. Konsepnya adalah untuk mengejar kemajuan dalam hubungan di bidang lain, sambil menangani Isu Teritorial sebagai prioritas utama. 

Berdasarkan konsep ini, 15 dokumen disusun, termasuk perjanjian tentang orang-orang yang ditahan di kamp-kamp tawanan perang Soviet, perjanjian tentang kerja sama yang terkait dengan bantuan teknis untuk upaya reformasi mengubah ekonomi Soviet menjadi ekonomi yang berorientasi pasar dan memorandum tentang kerja sama untuk mengurangi dampak pada kesehatan penduduk setempat akibat kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl. 

Selama kunjungan Presiden Gorbachev ke Jepang pada bulan April 1991, sebuah memorandum dirancang mengenai konsultasi pemerintah dan disepakati untuk memulai konsultasi Asia antara Kementerian Luar Negeri kedua negara. 

Juli-September 1991

Gorbachev dan Presiden AS George HW. Bush mengakhiri perlombaan senjata AS-Soviet dengan menandatangani Strategic Arms Reduction Treaty(START) pada Juli 1991. Perjanjian itu merupakan hasil negosiasi sembilan tahun berisikan perjanjian pengurangan persenjataan nuklir kedua negara adidaya.
Quote:

Namun pada 18 Agustus 1991, terjadi kudeta oleh komunis terhadap presiden Gorbachev, yang menjadikan Gobrachev sebagai tahanan rumah di Krimea. Gorbachev dipaksa mengumumkan “ketidakmampuan memimpin karena alasan kesehatan”sebagai cara agar Gorbachev tidak melaksanakan tugas kepresidenannya, para pemimpin kudeta kemudian menyatakan keadaan darurat. Sementara tank bergemuruh di Moskow, ribuan orang turun ke jalan-jalan kota untuk membangun barikade melindungi Parlemen Rusia. 

Tank Tentara Komunis menduduki pintu masuk Kremlin dan Katedral St. Basil di Moskow pada 19 Agustus 1991, dalam upaya kudeta untuk menggulingkan Gorbachev, presiden Soviet. Kudeta itu dipimpin oleh komunis garis keras yang dikenal sebagai “Geng of Eight”termasuk Kepala KGB Vladimir Kryuchkov dan Wakil Presiden Soviet Gennady Yanayev. Pemerintah baru yang memproklamirkan diri menyatakan keadaan darurat dan mengancam siapa pun yang akan berbicara menentangnya.

Di tengah upaya Jepang dan Uni Soviet yang dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Jepang sangat menyesalkan serangkaian tindakan yang diambil untuk memperoleh pemerintahan seperti pemecatan Presiden Gorbachev, deklarasi keadaan darurat dan penggunaan kekuatan yang tidak sesuai dengan proses berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi. Pemerintah Jepangpun mengumumkan penangguhan bantuan kepada Uni Soviet.
Quote:

Presiden Federasi Rusia Boris Yeltsin berdiri di atas tank lapis baja di luar Gedung Parlemen mengecam keputusan untuk menggulingkan Gorbachev, menyerukan orang-orang di jalan-jalan untuk menaikkan barikade terhadap tank dan pasukan. 

Dua hari kemudian, pada 21 Agustus 1991, kudeta gagal dan kementerian pertahanan memerintahkan semua pasukan untuk mundur dari Moskow. Gorbachev diangkat kembali sebagai Presiden Soviet, tetapi Yeltsin telah menjadi bintang. Penduduk Moskow berbaris di jalan-jalan untuk menyemangati tank-tank Soviet yang melindungi pemerintah dari kudeta. Ketika kudeta secara resmi berakhir, militer meninggalkan Lapangan Merah dengan mengibarkan bendera tiga warna Federasi Rusia.

Dengan upaya kudeta berakhir setelah hanya tiga hari, Gorbachev muncul pertama kali, berbicara kepada wartawan pada 21 Agustus 1991. Menurut laporan pada saat itu, presiden tampak terisolasi, takut dengan pemberontakan. Presiden sangat waspada terhadap Yeltsin, yang muncul sebagai saingan politik utamanya.

Gorbachev terbang kembali ke Moskow pada 22 Agustus 1991, tetapi bukan dia yang menjadi pahlawan yang meredam kudeta, melainkan Yeltsin, yang dengan cepat mengalahkan kepopuleran Gorbachev.

Setelah berhasil melawan upaya kudeta, lebih dari 10.000 orang Moskow berkumpul pada malam 23 Agustus 1991, untuk menyaksikan penghancuran patung Felix Dzerzhinsky, pendiri polisi rahasia Soviet yang ditakuti, yang berdiri di depan Markas KGB sejak tahun 1958. Mereka menutupi dasar patung dengan slogan-slogan seperti, "Felix, Ini Akhirmu"dan "Rusia Bebas" dan bahkan mengecat kantor KGB dengan swastika.
Quote:

Sementara reformasi Gorbachev yang berusaha menyatukan negara, keterbukaan yang dia khotbahkan mengakibatkan republik-republik Soviet menuntut kemerdekaan dari Moskow. Pada 30 Agustus 1991, ribuan demonstran berkumpul di Baku, ibu kota Azerbaijan, untuk merayakan proklamasi kemerdekaannya. Pada tanggal 2 September 1991, Latvia, Lituania, dan Estonia semuanya dinyatakan merdeka, warga sipil merayakannya dengan memamerkan palu dan arit, lambang komunis yang dicopot dari bagian depan sebuah bangunan di Vilnius, ibu kota Lituania.

Yeltsin menandatangani Kesepakatan Belavezha dengan para pemimpin baru Ukraina dan Belarus. Dokumen tersebut menyatakan bahwa Uni Soviet akan secara resmi dibubarkan dan mengumumkan pembentukan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, sebuah organisasi baru untuk mengikat negara-negara bekas Soviet. Persemakmuran Negara-Negara Merdeka juga menerima pengunduran diri Gorbachev walaupun belum secara resmi. “Kami menghormati Gorbachev dan ingin dia memasuki masa pensiunnya,” kata Yeltsin, yang telah mengambil alih KGB.

Desember 1991

Pada tanggal 25 Desember 1991, bendera merah Soviet, berhiaskan palu arit yang ikonik, diturunkan untuk terakhir kalinya di atas Kremlin. Sebagai gantinya, bendera Rusia tiga warna dikibarkan, menandai transisi runtuhnya Uni Soviet secara perlahan bersama dengan pengunduran diri Presiden Mikhail Gorbachev yang disiarkan televisi.
Quote:

Ketika benteng komunisme jatuh dalam anugerah simbolis bagi kapitalisme dan demokrasi, beberapa orang merayakannya di jalan-jalan, merangkul janji kebebasan baru mereka. Yang lain meratapi hilangnya kekuatan global mereka dan takut akan masa depan yang tidak pasti.

Negara-negara baru bekas Uni Soviet kemudian memulai tugas berat untuk mengadopsi pemerintahan baru, ekonomi baru, dan cara hidup baru. Sementara dipuji di Barat sebagai tanda kemajuan yang tak terelakkan, transisi ke kapitalisme akan sangat membingungkan banyak orang di bekas Uni Soviet. Menjelang keruntuhannya, Uni Soviet terkubur jauh di dalam stagnasi ekonomi. Kekurangan makanan dan kemiskinan yang parah tersebar luas. 


Namun banyak warga Soviet bangga dengan industri, kemajuan teknologi, dan status mereka sebagai negara adidaya. Runtuhnya kekaisaran tidak hanya berarti perubahan tatanan dunia, tetapi juga perubahan cara hidup dan persepsi diri bagi banyak penduduknya.


Pada malam itu Gorbachev berbicara kepada bangsa yang sudah tidak ada lagi. Dia mengumumkan pembubaran Uni Soviet dan pengunduran dirinya sebagai pemimpin kedelapan sekaligus terakhir. Uni Soviet meninggal pada usia 69 tahun.

Dalam pidatonya ia mengatakan “Karena situasi yang berkembang sebagai akibat dari pembentukan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, saya dengan ini menghentikan kegiatan saya di jabatan Presiden Republik Sosialis Soviet. Kebijakan yang berlaku untuk memecah-belah negara ini, merupakan sesuatu yang tidak dapat saya ikuti. 
Kita sekarang hidup di dunia baru, Perang Dingin dan perlombaan senjata telah diakhiri, serta militerisasi gila negara yang telah melumpuhkan ekonomi, sikap dan moral publik kita, sistem lama telah runtuh sebelum yang baru punya waktu untuk mulai berkembang.

Beberapa saat setelah pidato berakhir, Gorbachev menandatangani kode nuklir ke Yeltsin. Kemudian dengan sedikit kemegahan bendera merah Uni Soviet diturunkan seperti tentara yang menyerah dari tempat yang diterangi lampu sorot di atas Kremlin di depan penonton. Tiga warna Federasi Rusia kemudian dikibarkan di tiang bendera. Akhir dari sebuah negara yang telah melihat kekerasan sepanjang sejarahnya berakhir tanpa suara tembakan tetapi hanya mengibaskan spanduk tertiup angin dan ratapan seorang pria mabuk yang tersandung dan berteriak “Mengapa kamu menertawakan Lenin?”

Demikian trit ane tentang hari-hari terakhir Uni Soviet, salah satu dari negara adikuasa yang bersaing hebat dengan Amerika Serikat di masa lama.

Ane pamit
emoticon-Traveller
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
sumber : 1, 2, 3, 4
© 2021@raeuki

rony25shevamulanaizhmashtomoe
izhmashtomoe dan 34 lainnya memberi reputasi
35
9K
76
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.