damen.garingAvatar border
TS
damen.garing
Ini Dia 4 Kegiatan Anak Yang Berguna Untuk Merangsang Kreativitasnya.
Sebagai orang tua, tentu akan terasa sangat menyenangkan ketika melihat anak nya tumbuh menjadi pribadi yang penuh kreativitas. Karena anak yang kreatif biasanya lebih mandiri karena mampu menemukan solusi di setiap permasalahan sehingga bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan manapun. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunjang kreativitas anak, bisa dengan mendaftarkannya pada kelas-kelas khusus yang sesuai dengan minat dan bakat nya atau otodidak dengan bantuan kedua orang tua melalui berbagai kegiatan/aktivitas yang bisa menunjang kreativitasnya.

Namun untuk saat ini, karena kondisi sedang tidak memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas di luar rumah, maka ane sangat menyarankan kepada para orang tua untuk melakukan sendiri kegiatan yang dapat mengasah kreativitasanak-anaknya. Dan ane memiliki beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak, ane pribadi juga sering melakukan kegiatan ini di rumah, jadi setiap rekomendasi yang ane berikan pada thread ini adalah 100% berdasarkan pengalaman pribadi ane. Dan berikut kegiatannya :

1. Membuat Kerajinan Tangan
Tidak perlu memakai bahan-bahan yang mahal, cukup gunakan bahan yang ada dirumah. Misalnya saja ajak anak untuk membuat kerajinan tangan berbahan kertas, jika tidak ada kertas origami, kalian bisa memakai kertas HVS atau kertas dari buku tulis yang kalian miliki. Buatlah kerajinan tangan berupa mainan-mainan kertas seperti burung-burungan, pesawat-pesawatan atau bentuk mainan kertas lainnya. Ajak anak kalian untuk berkreasi dengan kertas, buatlah sesuatu yang baru dan antimainstream. Biarkan anak berkreasi sesuai nalurinya, dengan cara ini kreativitas pasti akan muncul dan terasah dengan baik.
dok.pri
2. Menggambar
Bagi anak-anak menggambar adalah hal yang menyenangkan dimana mereka bisa bermain dengan banyak coretan dan banyak warna, dengan menggambar anak-anak bisa berimajinasi serta bereksplorasi, menuangkan apapun yang ada di pikiran mereka. Dan kreativitas mereka bisa dilihat dari hasil akhir gambarnya. Mungkin pada gambar pertama dan kedua gambar yang dihasilkan masih jauh dari kata bagus, namun jika terus diasah pasti akan ada peningkatan kreativitas pada hasil gambar nya. Nantikanlah peningkatan kreativitas tersebut ya, dan jangan lelah untuk terus mendampingi anak-anak kalian dalam menggambar.

3. Bermain Musik
Setiap anak di dunia pasti akan merespon dengan baik ketika diperdengarkan suara musik, bahkan sejak didalam kandungan. Permainan musik, menyanyi serta menari adalah rentetan kegiatan yang sangat berguna untuk mengekspresikan diri bagi semua kalangan, termasuk anak-anak. Dengan bermain musik, seperti piano, drum, seruling atau alat musik apapun diharapkan bisa melatih daya ingat anak-anak tentang note yang dimainkan, bahkan bisa memancing anak-anak untuk memainkan note-note diluar melodi sebagai bentuk ekspresi diri serta pembentukan kreativitas mereka.

4. Bermain Peran
Bermain peran berguna untuk melatih daya imajinasi anak. Dan dari setiap dialog yang dikeluarkan oleh anak, itu adalah kreativitas yang dikeluarkan dalam bentuk kata. Ajak anak memainkan peran dari film kartun kesukaanya, supaya anak lebih semangat dalam berimajinasi dan berkreasi.
dok.pri

Itulah beberapa kegiatan rekomendasi dari ane yang sudah ane buktikan mampu untuk mengasah kreativitas si kecil. Lakukan secara rutin, kegiatan tersebut juga sangat membantu dalam mengisi hari-hari si kecil selama berada di dalam rumah karena masa pendemi ini. Tentunya si kecil tidak akan merasa bosan, karena ada banyak kegiatan. Dan untuk teman-teman kaskuser, semoga thread ane kali ini bermanfaat ya untuk kalian, sampai jumpa di thread selanjutnya.

penulis : @damen.garing- 14 juli 2021

cheria021
cheria021 memberi reputasi
1
2K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.