• Beranda
  • ...
  • Health
  • 5 Jenis Rasa Gatal Yang Gak Boleh Kamu Garuk, Bisa Berakibat Fatal?

ardiantgAvatar border
TS
ardiantg
5 Jenis Rasa Gatal Yang Gak Boleh Kamu Garuk, Bisa Berakibat Fatal?
Spoiler for gambar sampul:



Pasti dari kamu semua pernah merasakan yang namanya gatal kan? Pasti respon pertama kalian adalah menggaruknya. Itu ga salah sama sekali, Tapi kamu juga harus tau kalau ada beberapa jenis rasa gatal yang gaboleh kamu garuk. Walaupun menggaruknya bisa meredakan rasa gatal, tapi itu bisa memperburuknya.

Lebih baik menahan rasa gatal itu bukan, dari pada harus memperburuk keadaan pada bagian yang kita garuk? Mau tau rasa gatal apa aja yang harus kita hindari menggaruknya? Berikut 5 jenis gatal yang gak boleh kamu garuk.


1. Eksim
Spoiler for ilustrasi:

Eksim atau yang lebih dikenal dengan nama Dermatitis adalah Kondisi pada kulit yang benyebabkan bercak-bercak gatal, bengkak, radang, dan pecah-pecah. Kondisi ini juga bisa membuat kulit keliatan bersisik dan menebal. Itu semua tergantung keadaan sekitar seperti Makanan, bulu hewan, kondisi cuaca, dan lainnya.

Menggaruknya memang bisa menghilang sedikit rasa gatalnya, namun itu semua ga sebanding dengan efeknya. Jika kamu tetap maksa untuk menggaruknya, itu akan membuat kulit kamu gelap, menebal, dan akan semakin sulit buat diobati. Bukan hanya itu, kamu juga bakal terkena Prurigo Nodularis.


2. Psoriasis
Spoiler for ilustrasi:

Psoriasis merupakan peradangan yang terjadi pada kulit, biasanya ditandai dengan Kulit kering, tebal, ruam merah, bersisik, dan mengelupas. Biasanya penderita akan mengalami rasa yang sangat gatal. Menggaruknya hanya akan memperparah kulit kita, dan bisa menyebabkan Resiko Infeksi.


3. Wasir
Spoiler for ilustrasi:

Wasir atau yang disebut juga Hemoroid merupakan kondisi dimana Rektum dan Anus mengalami pembengkakan pembuluh darah. Hemoroid atau Wasir merupakan penyakit yang bisa menyerang pada usia berapapun, tapi biasa lebih menimbulkan keluhan pada usia 50 tahun keatas.

Biasanya penderita akan mengalami rasa gatal pada bagian sekitar Anus dan Rektum, sebaiknya jangan kamu garuk. Karena bisa membuat pembengkakan semakin parah, dan bisa juga menimbulkan luka di Rektum. Sebaiknya kamu mengompresnya dengan air dingin atau mengoleskan salep/obat yamh diberikan oleh dokter.


4. Luka Yang Sedikit Lagi Sembuh
Spoiler for ilustrasi:

Kamu pasti pernah punya luka kan? Saat Sedikit lagi sembuh, biasanya akan menimbukan gatal pada bagian sekitar luka itu. Sebaiknya jangan kamu garuks, karena bisa menghambat penyembuhkan pada luka kamu. Ada banyak kasus juga, setelah luka yang hampir sembuh digaruk ia akan membuat luka baru lagi yamg berasal dari garukan tersebut.


5. Kulit Terbakar Sinar Matahari
Spoiler for ilustrasi:

Kalau kamu sering berjemur, pasti kamu pernah mengalami yang namanya Sunburn atau Terbakar sinar matahari. Terbakar sinar matahari akan membuat kulit kita menjadi sakit dan gatal.

Emang menggaruknya bisa meredakan rasa gatal yang ada, tapi itu hanya akan membuat kalit kamu terlukan dan menyebabkan rasa sakit yang semakin menjadi. Ditambah lagi, menggaruknya juga akan memperlambat prosea penyembuhan.

Nah itulah rasa gatal yang nggak boleh kamu garuk. emang si menahan rasa gatal sangatlah sulit, tapi itu semua untuk kebaikan dan kesehatan kita juga. Ada lagi jenis rasa gatal yang gaboleh kita garuk?


Ditulis Oleh: ArdianTG
Referensi:
Link 1, Link 2, Link 3, Link 4, Link 5
jiooaaan
cagiil818
hackerlutfi
hackerlutfi dan 46 lainnya memberi reputasi
45
10.1K
136
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.