Vladislaw.FjodoAvatar border
TS
Vladislaw.Fjodo
Taliban Kuasai Kabul, HNW: Bukti Bangkitnya Nasionalisme Afghanistan


BANDA ACEH – Pengusaan Istana Kepresidenan di Kabul oleh pasukan Taliban, menjadi momentum bangkitnya nasionalisme bangsa Afghanistan. Semangat ini untuk lepas dari jajahan Amerika Serikat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, dalam webinar bertema “Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Perdamaian Indonesia”, Sabtu (21/8).

“Taliban merujuk ke sana (semangat nasionalisme), untuk melawan penjajahan atau intervensi asing yang dalam hal ini dipersepsikan oleh AS (Amerika Serikat) dan antek-anteknya,” kata Hidayat.

Pemilik akronim HNW ini pun memahami, jika kemudian ada yang mempertanyakan aksi Taliban tersebut. Utamanya, dalam kaitan dengan Presiden Ashraf Ghani yang memimpin Afghanistan terpilih secara demokratis melalui pemilu.

“Ada pertanyaan, bukannya pemerintah Afghanistan terpilih secara demokratis? Memang kemarin ada pemilu, tapi apakah pemilu itu benar-benar pemilu yang sebenarnya atau pemilu-pemiluan,” katanya.

Lanjut HNW, gerakan Taliban yang diperbincangkan hari ini, bagi dia sudah tepat untuk mengakhiri era penjajahan Afghanistan oleh Amerika Serikat.

“Bangsa Afghanistan bisa saja disebut victim. Korban daripada penjajahan yang dilakukan oleh asing, AS dan sekutunya,” tandasnya.

Selain HNW, pembicara yang dihadirkan pada webinar itu ada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua PP Muhammadiyah Sudarnoto, akademisi Universitas Indonesia Yon Machmudi dan akademisi Universitas Moestopo Ryantori.


https://www.harianaceh.co.id/2021/08...e-afghanistan/



pesan tersirat ulama radikal ini adalah
jika umat berhasil angkat senjata untuk menjatuhkan si owi boneka cina dan mengambil alih kekuasan serta mengganti ideologi ini menjadi syariat agama kebencian,

maka itu bukti bangkitnya nasionalisme di indonesia dan bebas dari penjajahan oleh aseng emoticon-Takut (S)


kaum radikal sedang membuat propaganda,
radikalisme atau pemaksaan 1 paham mereka ke orang lain atau negara adalah bentuk nasionalisme
Diubah oleh Vladislaw.Fjodo 25-08-2021 02:59
aloha.duarr
b.omat
viniest
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.6K
184
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.