• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pesawat dan Burung terbang di angkasa tapi tidak ada bayangannya? Apa penyebabnya?

terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Pesawat dan Burung terbang di angkasa tapi tidak ada bayangannya? Apa penyebabnya?
emoticon-Salam KenalHallo Gansisemoticon-Salam Kenal



Sadar nggak sadar gansis pasti melupakan hal ini, yakni bayangan pesawat dan burung. Mungkin ada beberapa orang yang bertanya – tanya, kenapa burung pada saat terbang kok nggak ada bayangannya, begitu pula dengan pesawat. Apasih penyebabnya kok burung dan pesawat itu nggak ada bayangannya?


Cekidot!!



Bayangan terbentuk pada saat benda – benda menghalangi cahaya, cahaya merambat dalam garis lurus. Bila cahaya terhalang suatu benda maka akan timbulah bayangan dari benda penghalang tersebut.  Itulah sebabnya agan dan sista selalu melihat bayangan jika berada di depan sumber cahaya. Jadi kok bisa sih burung dan pesawat kalau terbang di atas nggak kelihatan bayangannya?





Jadi gansis sebenarnya burung dan pesawat sama seperti yang lain. Burung dan pesawat memiliki bayangan, tapi sayangnya gansis nggak bisa ngeliat bayangan tersebut. Karena apabila suatu benda bergerak mendekati titik pusat cahaya, bayang-bayang benda tersebut akan membesar karena benda tersebut mendekati titik cahaya pada sumber cahaya itu, sehingga bayangan benda menjadi lebih besar. Dan apabila benda menjauhi cahaya, bayang – bayang benda itupun akan menjadi kecil karena benda tersebut menjauhi titik sumber cahaya. Atau lebih singkatnya Karena semakin dekat benda dengan sumber cahaya semakin tebal pula bayangannya, begitu pula sebaliknya  kalau bendanya terlalu jauh maka bayangannya tipis.




      Pesawat komersial terbang pada ketinggian sekitar 40.000 kaki atau dengan kata lain 12.200 meter. Pada ketinggian itu, agan dan sista nggak bisa melihat pesawat apalagi bayangannya. Pesawat terlalu jauh dari permukaan bumi sehingga bayangannya tipis dan pastinya gansis nggak bisa melihatnya. Begitupun dengan burung yang terbang di angkasa.


    


Tapi gan kalau ada asteroid raksasa melewati bumi, gansis akan melihat bayangannya. Hal ini berdasarkan prinsip kerja gerhana bulan dan matahari, dimana gerhana matahari adalah saat bulan berada tepat diantara bumi dan matahari sehingga menghalangi sinar matahari, bulan akan membentuk bayangan di beberapa belahan bumi. Bulan 400 kali lebih kecil dari matahari tapi juga 400 kali lebih dekat ke planet bumi. Itulah sebabnya ukuran bulan dan matahari terlihat sama di langit. Namun karena bulan kecil, bayangannya nggak cukup untuk menutupi seluruh bumi, jadi bayangannya hanya menutupi Sebagian bumi.


Jadi udah tahu kan gansis kalau sebenarnya burung dan pesawat itu mempunyai bayangan. Jadi tergantung seberapa tinggi pesawat dan burung tersebut terbang.

Semoga bermanfaat. TS mohon maaf jika ada salah-salah kata. THX yaa udah mampir

Byeeemoticon-Traveller

Kunjungi thread menarik TS lainnya!


 
Dentuman keras di bumi yang tidak diketauhi darimana asalnya



Spoiler for spoiler:



jiresh
MasterSims
asamboigan
asamboigan dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.