slukblukotoAvatar border
TS
slukblukoto
Inilah Beberapa Mobil Yang Merebadge Mobil Wuling-Baojun



      Wuling dan Baojun merupakan dua perusahaan hasil jonit venture antara SAIC Motor dengan GM. Berdiri sejak 2007 untuk perusahaan Wuling dan 2010 untuk perusahaan Baojun, Keduanya sudah membuat jutaan mobil yang tersebar di seluruh China dan beberapa negara di dunia.

   Dikarenakan Wuling dan Baojun ini beberapa persen sahamnya dimiliki oleh General Motors dan SAIC Motor, kejadian merebadge mobil Wuling-Baojun tentunya tidak akan terhindarkan dari beberapa merek seperti Chevrolet, MG, dan lain sebagainya. Berikut, beberapa mobil lansiran Wuling-Baojun yang di rebadge oleh merek lain

1. Chevrolet N400


     Chevrolet N400 ini sebenarnya merupakan sebuah Wuling Hongguang V generasi 2 yang di rebadge untuk dipasarkan di beberapa negara di Amerika latin. Seperti van kebanyakan lainnya, Chevrolet menawarkan N400 dalam bentuk passenger van dan juga blind van.

   Memiliki daya angkut beban hingga 720 kg dan daya angkut penumpang hingga 8 orang, N400 ini rupanya memiliki perbedaan pilihan mesin di masing-masing negara. Untuk varian mesin 1200 cc bertenaga 81 Hp ditawarkan di negara Guatemala, Honduras, dan Nicaragua. Sementara untuk versi mesin 1500 cc bertenaga 103 Hp ditawarkan di negara Mexico, Chile,dan Peru.

2. Freze Nikrob EV


    Jika dilihat dari bentuknya, maka bentuknya tersebut akan mengingakan kita kepada Wuling Hongguang Mini EV yang dipasarkan di China. Ya, Freze Nikrob EV merupakan mobil listrik besutan perusahaan Lithuania, Dartz, yang bekerja sama dengan perusahaan Nikrob.

  Perusahaan ini sebenarnya hanya mendatangkan beberapa part yang siap rakit langsung dari SGMW China yang kemudian part-part tersebut dirakit menjadi sebuah mobil utuh dan dipasarkan dengan merek Freze untuk pasar Eropa.

   Dikarenakan part nya didatangkan langsung dari China, maka spesifikasi dari Freze Mini EV ini tidak ada bedanya dengan Hongguang Mini EV. Yakni memiliki motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 17,4 HP. Serta memiliki 2 pilihan kapasitas baterai. Yakni sebesar 9.2 Kwh dan 13.8 Kwh.

  Walaupun ini hanya rebadge, Freze Nikrob EV ditawarkan dengan harga 2 kali lipat dari harga Wuling Hongguang Mini EV alias ditawarkan dengan harga 9999 Euro atau sekitar Rp 170 Jutaan.

3. Chevrolet Captiva/MG Hector


    Mungkin beberapa dari kita sudah tahu betul kalau PT SGMW Indonesia mengekspor Wuling Almaz sebagai Chevrolet Captiva ke beberapa negara Asia Tenggara dan Amerika Latin. Sebenarnya Chevrolet Captiva ini sudah discontinue karena pihak GM Korea yang memang sudah tidak memproduksi kembali mobil ini. Namun karena beberapa negara masih berminat untuk menjajakan Captiva di lini produk Chevrolet, maka jalan rebadge Wuling Almaz merupakan jalan keluarnya.

  Tidak hanya Chevrolet saja. MG India juga melakukan rebadge dari Wuling Almaz menjadi sebuah MG Hector. Tidak seperti negara lain yang hanya menawarkan Chevrolet Captiva/Wuling Almaz dengan pilihan mesin bensin saja. MG Hector rupanya memiliki pilihan mesin diesel berpakasitas 2000 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 170 HP.

4. Chevrolet N300/Move


  Tidak hanya Hongguang V saja yang di rebadge menjadi mobil Chevrolet. Rupanya Wuling Rongguang juga tidak ketinggalan menjadi sasaran rebadge Chevrolet. Mengusung nama N300 untuk pasar Amerika Latin dan Move untuk pasar Mesir, 

   Tidak seperti N400 yang hanya menyediakan varian Minibus dan Blindvan. N300/Move ini tersedia juga varian pickup yang ditawarkan di beberapa negara Amerika latin. Dan soal daya angkut, N300 rupanya menawarkan daya angkut yang lebih kecil jika dibandingkan dengan N400. Lebih tepatnya hanya dapat mengangkut beban seberat 550Kg untuk varian blind van nya. Namun untuk varian pickupnya dapat mengangkut muatan hingga 915 kg.

  Perbedaan daya angkut ini bukan tanpa alasan. Chevy menawarkan N300 Minibus dan Blindvan dengan mesin 1200 cc 81 Hp. Sementara N300 Pickup ditenagai dengan mesin 1500 cc yang dapat mengahsilkan tenaga sebesar 106 HP.

5. BYD V3


    BYD V3 merupakan versi rebadged dari Wuling EV50 yang merupakan versi elektrik dari Wuling Rongguang. Walaupun ini rebadge, tetapi seluruh bagian dari mobil ini dikembangkan dan diproduksi sepenuhnya secara internal oleh BYD dan menggunakan tata letak baterai blade BYD. 

    Kapasitas baterai BYD V3 adalah 47,52kWh yang dapat mendukung jangkauan sejauh 330km dan pengisian cepat DC membutuhkan waktu 1,2 jam. BYD V3 menggunakan permanent magnet synchronous motor dengan daya maksimum 75kW dan output torsi 220N·m.

6. Chevrolet Groove


  Chevrolet Groove ini sebenarnya merupakan versi rebadge dari Baojun 510. Pertama kali diperkenalkan di Chile pada 2020, Chevrolet menargetkan sampai akhir 2021 untuk memasarkan Groove di beberapa negara di Amerika Latin, Timut Tengah, dan Afrika. 

  Diposisikan di bawah segmen Chevy Captiva, Groove dibekali mesin 1.500 cc 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 110 dk dan torsi 146 Nm. Namun untuk sementara ini pihak chevrolet tidak menyediakan varian otomatis pada Groove alias hanya tersedia transmisi manual 6 percepatan.

   Untuk soal harga, mobil ini dipasarkan mulai 9.690.000 peso Chile atau setara Rp 178 jutaan.

7. Chevrolet Optra


   Mungkin sebagian yang kita pikirkan mengenai Chevy Optra ini ialah sebuah sedan yang pernah dijual resmi di Indonesia sekitaran tahun 2003-2010. Ya kiprahnya itu kemudian dilanjutkan oleh Chevrolet Cruze setelahnya.

  Tetapi entah mengapa di beberapa negara seperti Mesir, Chevrolet Cruze seakan-akan tidak di inginkan kehadirannya sehingga Chevrolet Optra di negara tersebut masih saja dipasarkan sampai saat ini. 

  Menggunakan hasil rebadge dari Baojun 560 sejak 2014, Chevrolet Optra menggunakan mesin 1500 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 110 HP. Oh ya, Daewoo Lacetti juga mengambil basis yang sama dengan Baojun dan Chevy.

8. Chevrolet Enjoy


   Chervolet Enjoy ini meruapakn versi rebadge dari Wuling Hongguang generasi pertama yang di khususkan untuk pasar India yang dipasarkan dari tahun 2014 sampai penutupan Chevrolet India pada 2017.

   Memiliki kapasitas yang sama dengan Wuling Confero yang dipasarkan di Indonesia, Chevrolet Enjoy menawarkan dua pilihan mesin. Yakni mesin diesel 1.300 cc 4 silinder turbo yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 72 HP dan  pilihan kedua ada mesin 1.400 cc 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 hp. Transmisi yang ditawarkan hanya manual, dan di varian LTZ sudah ada ABS, EBD dan dual airbags.


Jangan Lupa Kunjungi Website

Sluk Bluk Oto

pakisal212
emineminna
EriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.