ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Kaca Double Glass Pada Bus, Bikin Tambah Ganteng!
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar double glass pada bus masa kini yang bikin bus tambah ganteng.


Gansis semua ane yakin pasti sudah pernah melihat bus dengan bentuk seperti gambar diatas. Atau bahkan menaikinya dalam sebuah perjalanan baik dalam kota maupun luar kota. 

Namun, tahukah Gansis bahwa bus seperti diatas memiliki sebuah desain khusus yang sudah ngetren di bus zaman sekarang, yang bernama double glass? Nah, kali ini ane bakal bahas seputar double glass tersebut nih Gansis.


Double glass adalah desain baru dimana kaca depan bus dibelah menjadi dua dan ditengahi oleh sebuah pilar besar yang dijuluki "topi". Jadi, total kaca depan bus ada 2 kaca.

Desain double glass ini pertama kali dipopulerkan oleh Adiputro pada tahun 2015 di ajang GIIAS 2015 ketika Adiputro meluncurkan seri Jetbus 2+ dengan memamerkan Jetbus 2+ SDD dan Jetbus 2+ SHD. Sebenarnya, double glass pernah diperkenalkan oleh karoseri Nusantara pada tahun 2014, tetapi belum populer.


Bus berkaca ganda ini langsung diminati karena bentuknya tergolong sangat sporty, elegan dan cantik pada masanya, dan memiliki hal unik, salah satunya kaca doubleglass itu.

Tak menunggu lama, satu-dua tahun kemudian karoseri lain mulai mengikuti jejak Adiputro dengan menggunakan desain double glass. Hingga saat ini, double glass pun langsung menjadi tren di dunia per-bus-an Indonesia, karena rata-rata karoseri lain pasti punya model double glass.


Double glass dapat mempercantik bus dari luar karena "topi" tersebut membuat bus lebih menawan dan menarik. Memang, banyak sekali penumpang yang menyukai model kaca ganda itu.

Menurut ane, inilah faktor terbesar mengapa bus double glass bisa booming. Karena bisa membuat bus terlihat lebih ganteng dan memukau, dan juga terlihat lebih elegan dengan topi yang dipasang di pemisah kaca bus.


Desain seperti ini pun memiliki keunggulan di biaya penggantian kaca apabila terkena lemparan atau pecah. Karena kacanya ada dua, jika salah satunya pecah biayanya akan lebih murah sebab ukurannya lebih kecil dari kaca single glass biasa.

Selain itu, struktur body bagian depan akan lebih kuat karena adanya pilar yang melintang dari pilar A bagian kiri ke bagian kanan. Sehingga, bus akan lebih aman karena rangkanya lebih kuat.


Tetapi, ada satu kekurangan besar dari bus dengan kaca doubleglass, terutama yang memiliki topi dengan ukuran yang tebal. Pandangan penumpang akan terhalang kaca depan.

Yup, sepanjang perjalanan, pandangan penumpang terhalang. Hal ini karena pilar yang memisahkan kaca bagian atas dan bawah. Bagi sebagian orang, tentu hal ini sangat mengganggu karena pilar tersebut mengurangi "keindahan" dari dalam kabin.


Oleh karena itu, beberapa karoseri pun mulai menghadirkan kembali model single glassnya. Bahkan, karoseri Adiputro pun kabarnya tengah mempersiapkan model singleglass untuk melengkapi seri Jetbus 3+ terbarunya.

Ane berharap semoga saja karoseri terus berinovasi dengan menghadirkan desain-desain baru. Desain baru yang lebih keren, futuristik dan aman tentunya. Serta, mengharumkan nama Indonesia di dunia.


Nah, itulah isi thread ane yang membahas seputar bus dengan kaca double glass. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 1
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
aryanti.story
MasterSims
alfidanger
alfidanger dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.