lebihbebas
TS
lebihbebas
Fakta Cleopatra, Ternyata Bukan Orang Mesir
Spoiler for Selamat Datang:


Fakta Cleopatra – Banyak orang mengetahui kalau selama ini bahwa Kleopatra atau Cleopatra VII Philopator adalah penguasa dari mesir, yang menjadi tokoh sangat berpengaruh di Kerajaan Mesir Kuno bahkan tokoh Cleopatra ini juga terkenal sampai sekarang.


Cleopatra ini selain seorang penguasa, juga seorang diplomat, laksamana, administrator, poliglot, dan pujangga ilmu pengobatan.

Namun mungkin ada beberapa fakta yang mungkin tidak banyak para pembaca tahu ternyata Cleopatra bukan asli orang mesir, seperti apa faktanya?

10 Fakta Cleopatra


1. Cleopatra bukan orang mesir

Meskipun Cleopatra lahir di Mesir, ia menelusuri asal-usul keluarganya ke Makedonia Yunani dan Ptolemy I Soter, salah satu jenderal Alexander Agung. Ptolemy mengambil alih pemerintahan Mesir setelah kematian Alexander pada 323 SM, dan ia mendirikan dinasti penguasa berbahasa Yunani yang berlangsung selama hampir tiga abad. Meskipun bukan etnis Mesir, Cleopatra menganut banyak kebiasaan kuno negaranya dan merupakan anggota pertama dari garis Ptolemeus yang mempelajari bahasa Mesir.


Bahasa-bahasa yang dikuasai Kleopatra selain bahasa Yunani, bahasa Mesir, dan bahasa Latin, mencerminkan hasratnya untuk menguasai kembali daerah-daerah di Afrika Utara dan Asia Barat yang pernah menjadi bagian dari wilayah Kerajaan Wangsa Ptolemaios.

2. Dia adalah hasil hubungan sedarah

Seperti banyak kerajaan lainya, anggota dinasti Ptolemeus sering menikah dalam keluarga untuk menjaga kemurnian garis keturunan mereka. Lebih dari selusin nenek moyang Cleopatra mengikat simpul dengan sepupu atau saudara kandung, dan kemungkinan orang tuanya sendiri adalah saudara laki-laki dan perempuan. Sesuai dengan kebiasaan ini, Cleopatra akhirnya menikahi kedua saudara laki-laki remajanya, yang masing-masing menjabat sebagai pasangan upacara dan wakil bupati pada waktu yang berbeda selama masa pemerintahannya.

3. Kecantikan Cleopatra bukanlah aset terbesarnya.

Propaganda Romawi melukis Cleopatra sebagai seorang penggoda yang menggunakan daya tarik seksnya sebagai senjata politik, tetapi dia mungkin lebih terkenal karena kecerdasannya daripada penampilannya. Dia berbicara sebanyak selusin bahasa dan dididik dalam matematika, filsafat, pidato dan astronomi, dan sumber-sumber Mesir kemudian menggambarkan dia sebagai penguasa “yang mengangkat pangkat sarjana dan menikmati kebersamaan mereka.” Ada juga bukti bahwa Cleopatra tidak mencolok secara fisik seperti yang diyakini sebelumnya. 

Spoiler for Patung Cleopatra:


Koin dengan potretnya menunjukkan dia dengan fitur jantan dan hidung bengkok besar, meskipun beberapa sejarawan berpendapat bahwa dia sengaja menggambarkan dirinya sebagai maskulin sebagai tampilan kekuatan. Untuk bagiannya, penulis kuno Plutarch mengklaim bahwa kecantikan Cleopatra “tidak sama sekali tidak ada bandingannya,” dan justru suaranya yang merdu dan “pesona yang tak tertahankan” yang membuatnya begitu diinginkan.

4. Dia memiliki andil dalam kematian tiga saudara kandungnya.

Perebutan kekuasaan dan plot pembunuhan adalah tradisi Ptolemeus seperti pernikahan keluarga, dan Cleopatra serta saudara-saudaranya tidak berbeda. Saudara dan sekaligus suami pertamanya, Ptolemy XIII, mengusirnya dari Mesir setelah dia mencoba untuk mengambil alih takhta, dan pasangan itu kemudian berhadapan dalam perang saudara. Cleopatra kembali di atas angin dengan bekerja sama dengan Julius Caesar, dan Ptolemy tenggelam di Sungai Nil setelah dikalahkan dalam pertempuran. Setelah perang, Cleopatra menikah lagi dengan adik laki-lakinya Ptolemy XIV, tetapi dia diyakini telah membunuhnya dalam upaya untuk menjadikan putranya sebagai penguasa bersamanya. 

Pada tahun 41 SM, dia juga merekayasa eksekusi saudara perempuannya, Arsinoe, yang dia anggap sebagai saingan takhta.

5. Cleopatra adalah sosok yang cerdik.

Cleopatra percaya dirinya sebagai dewi yang hidup, dan dia sering menggunakan seni panggung yang cerdik untuk merayu sekutu potensial dan memperkuat status ketuhanannya. Sebuah contoh terkenal bakatnya yang dramatis datang pada 48 SM, ketika Julius Caesar tiba di Alexandria selama perseteruannya dengan saudaranya Ptolemy XIII. Mengetahui pasukan Ptolemy akan menggagalkan upayanya untuk bertemu dengan jenderal Romawi, Cleopatra sendiri membungkus dirinya dengan karpet—beberapa sumber mengatakan itu adalah karung linen—dan diselundupkan ke kamar pribadinya. Caesar terpesona oleh pemandangan ratu muda dalam pakaian kerajaannya, dan keduanya segera menjadi sekutu dan kekasih.


Cleopatra kemudian menggunakan sedikit teater serupa di tahun 41 SM. bertemu dengan Mark Antony. Ketika dipanggil untuk menemui Triumvir Romawi di Tarsus, dia dikatakan telah tiba di sebuah tongkang emas yang dihiasi dengan layar ungu dan didayung dengan dayung yang terbuat dari perak. Cleopatra telah didandani agar terlihat seperti dewi Aphrodite, dan dia duduk di bawah kanopi berlapis emas sementara para pelayan berpakaian seperti dewa asmara mengipasinya dan membakar dupa yang harum. Antony—yang menganggap dirinya perwujudan dewa Yunani Dionysus—langsung terpesona.


6. Dia tinggal di Roma pada saat pembunuhan Caesar.

Cleopatra bergabung dengan Julius Caesar di Roma mulai tahun 46 SM, dan kehadirannya tampaknya telah menimbulkan kegemparan. Caesar tidak menyembunyikan bahwa dia adalah gundiknya — dia bahkan datang ke kota dengan anak hasil hubungan mereka, Caesarion, di belakangnya — dan banyak orang Romawi yang tersinggung ketika dia mendirikan patung emasnya di kuil Venus Genetrix. Cleopatra terpaksa melarikan diri dari Roma setelah Caesar ditikam sampai mati di senat Romawi pada tahun 44 SM, tetapi saat itu dia telah membuat tanda di kota. Gaya rambut dan perhiasan mutiaranya yang eksotis menjadi tren mode, dan menurut sejarawan Joann Fletcher, “begitu banyak wanita Romawi mengadopsi ‘tampilan Cleopatra’ sehingga patung mereka sering disalahartikan sebagai Cleopatra sendiri"

7. Cleopatra dan Mark Antony membentuk klub minum mereka sendiri.

Cleopatra pertama kali memulai hubungan cinta legendarisnya dengan jenderal Romawi Mark Antony pada tahun 41 SM. Hubungan mereka memiliki komponen politik — Cleopatra membutuhkan Antony untuk melindungi mahkotanya dan mempertahankan kemerdekaan Mesir, sementara Antony membutuhkan akses ke kekayaan dan sumber daya Mesir — tetapi mereka juga terkenal menyukai kebersamaan satu sama lain. Menurut sumber kuno, mereka menghabiskan musim dingin 41-40 SM. menjalani kehidupan yang santai dan berlebihan di Mesir, dan bahkan membentuk masyarakat minum mereka sendiri yang dikenal sebagai “Inimitable Livers.” Kelompok itu terlibat dalam pesta malam dan pesta anggur, dan anggotanya kadang-kadang mengambil bagian dalam permainan dan kontes yang rumit. Salah satu kegiatan favorit Antony dan Cleopatra konon seperti berkeliaran di jalan-jalan Alexandria dengan menyamar dan mengerjai penghuninya.

8. Dia memimpin armada dalam pertempuran laut.

Cleopatra akhirnya menikahi Mark Antony dan memiliki tiga anak dengannya, tetapi hubungan mereka juga melahirkan skandal besar di Roma. Saingan Antony, Oktavianus, menggunakan propaganda untuk menggambarkannya sebagai pengkhianat di bawah pengaruh penggoda licik, dan pada 32 SM, Senat Romawi menyatakan perang terhadap Cleopatra. Konflik mencapai klimaksnya pada tahun berikutnya dalam pertempuran laut yang terkenal di Actium. Cleopatra secara pribadi memimpin beberapa lusin kapal perang Mesir ke medan pertempuran bersama armada Antony, tetapi mereka bukan tandingan angkatan laut Oktavianus. Pertempuran segera berubah menjadi kekalahan, dan Cleopatra dan Antony terpaksa menerobos garis Romawi dan melarikan diri ke Mesir.

9. Cleopatra mungkin tidak mati karena gigitan “asp”.

Cleopatra dan Antony diketahui bunuh diri pada 30 SM, setelah pasukan Oktavianus mengejar mereka ke Alexandria. Sementara Antony dikatakan telah menikam dirinya sendiri secara brutal di perut, metode bunuh diri Cleopatra kurang pasti. Legenda mengatakan bahwa dia meninggal dengan dengan sengaja membiarkan “asp” menggigitnya—kemungkinan besar ular berbisa atau kobra Mesir—untuk menggigit lengannya, tetapi penulis sejarah kuno Plutarch mengakui bahwa “apa yang sebenarnya terjadi tidak diketahui siapa pun.” Dia mengatakan Cleopatra juga dikenal menyembunyikan racun mematikan di salah satu sisir rambutnya, dan sejarawan Strabo mencatat bahwa dia mungkin telah mengoleskan “salep” yang fatal. Dengan pemikiran ini, banyak cendekiawan sekarang mencurigai dia menggunakan peniti yang dicelupkan ke dalam beberapa bentuk racun yang kuat—bisa ular atau lainnya.

10. Sebuah film di tahun 1963 tentang dia adalah salah satu film paling mahal sepanjang masa.

Ratu Sungai Nil telah digambarkan di layar perak oleh orang-orang seperti Claudette Colbert dan Sophia Loren, tetapi yang paling terkenal dimainkan oleh Elizabeth Taylor dalam film dunia kuno tahun 1963 “Cleopatra.” Film ini diganggu oleh masalah produksi dan masalah naskah, dan anggarannya akhirnya melonjak dari $2 juta menjadi $44 juta—termasuk sekitar $200.000 hanya untuk menutupi biaya kostum Taylor. Itu adalah film termahal yang pernah dibuat pada saat dirilis, dan hampir membuat studionya bangkrut meskipun meraup banyak uang di box office. Jika inflasi diperhitungkan, “Cleopatra” tetap menjadi salah satu film termahal dalam sejarah bahkan hingga hari ini.
jireshRyuDan2255greatryder
greatryder dan 18 lainnya memberi reputasi
19
9.5K
151
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.