mataduniawi
TS
mataduniawi
Jutaan Orang Kepengen jadi PNS. Karena 5 Alasan ini?
PNS dalam kurung adalah Pegawai Negeri Sipil. Profesi dimana seseorang menjadi abdi negara dan melayani masyarakat. Sungguh profesi yang rancang tujuannya teramat mulia. Profesi yang diidamkan banyak orang dari tahun ke tahun. Seperti pada tahun ini, berdasarkan info dari kompas.com (28 Juli 2021) terdapat 4.542.798 orang yang melamar untuk jadi PNS termasuk PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Mengapa banyak orang yang mau jadi PNS?
Berikut adalah jawaban-jawaban yang TS sering dengar langsung maupun tidak langsung:

1. Ekonomi Terjamin.
Gaji PNS itu kecil kalau dilihat dari gaji pokok. Tetapi tunjangan-tunjangannya yang bikin hidup sejahtera berkecukupan. Plus adanya jaminan hari tua berupa uang pensiun bulanan. Keamanan finansial adalah alasan utama profesi ini jadi rebutan.

2. Bebas PHK.
Ini alasan kedua yang sering didengar. Selagi kerja normal-normal saja dan tidak melakukan tindakan pidana, niscaya nggak bakalan kena PHK. Beda kalau karyawan swasta, terlebih di bidang Pemasaran, jika kerja gak capai target ya sudah wasalam. Dan bila perusahaan bangkrut, siap-siap deh dirumahkan.

3. Level Sosial Melesat.
Di mata masyarakat jelas dipandang berbeda. Siapa coba yang tidak mau mendapatkan penilaian/pengakuan keren dari orang banyak. Contohnya di kampung TS, udah... dijamin jadi orang terpandang dipandang dengan dua belah mata belok.

4. Meningkatkan Pesona Diri. .
Punya wajah pas-pasan? tenang aja, saat jadi PNS konon katanya kegantengan/kecantikan seseorang bakal meningkat. Terlebih saat memakai seragam khas PNS yang coklat.

5. Kerjaannya Gak Sulit-Sulit Amat
Nah ini gak bisa digenaralisir ya, dan kebenarannya juga belum teruji. Tapi entah kenapa sampai ada kepanjangan PNS itu Pegawai Negeri Santai. Sebab kalau yang TS lihat ada loh PNS yang kerja keras dan pintar serta kayaknya ikhlas mengabdi pada negara, terlihat dari sabarnya dia menerima keluhan warga dan seriusnya bekerja. Hmmm tapi pernah juga sih lihat oknum PNS yang masuk pagi check lock terus langsung ke warung kopi, balik kantor jam 10 an, buka komputer bentar entah apa yang dikerjakan yang penting terlihat sibuk sama scroll2 hp, lalu tepat waktu banget soal jam Sholat-sebelum azan dah depan tempat ibadah, setelah ibadah wajib lanjut sunnah tidur siang, bangun jam setengah dua, lanjut makan siang, terlihat sibuk lagi depan komputer sampe menjelang Ashar, kemudian ibadah, terus nongkrong di WC sambil scroll2 hp sampai jam pulang. Eitz sekali lagi ya ini oknum, gak semua kayak gitu.

Itulah alasan-alasan kenapa banyak yang mau jadi PNS berdasarkan yang TS dengar secara langsung maupun tidak langsung.

Pada kesempatan thread ini juga TS berpesan kepada yang mau jadi PNS dan jika nanti lolos. Tolong ya kerja dengan benar, ingat gaji kalian itu dari rakyat. Jadi tolong jangan asal anggaran terserap, tolong jangan asal pimpinan senang, tolong jangan cuma asal terlihat bagus di atas kertas, dan tolong jangan yang penting terlihat keren di depan kamera wartawan. Dah itu aja.

Kemudian TS mau menyampaikan, buat yang sudah berulang kali tes PNS tapi gak lolos bisa jadi itu pertanda baik. Bisa jadi jalanmu memang bukan di sana. Dan tidak tertutup kemungkinan pintu suksesmu ada di jalan lain. Siapa yang tahu tentang masa depan. Kepastian yang kita tahu adalah memberikan usaha terbaik di hari ini.

Gimana menurut gan-sis, ada benarnya gak yang TS sampaikan ini? Monggo kita cuap-cuap di lapak bawah emoticon-Smilie

Sumber Tulisan: Opini Pribadi
Sumber Gambar
jamilhebateyefirst2RyuDan2255
RyuDan2255 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
11K
345
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.