• Beranda
  • ...
  • Toba Ethos
  • Toba Fakta | Benarkah Miras Tuak Bagian dari Adat Batak Toba? Ini Faktanya

Sambelterasi052Avatar border
TS
OWNER
Sambelterasi052
Toba Fakta | Benarkah Miras Tuak Bagian dari Adat Batak Toba? Ini Faktanya
Foto tuak dalam gelas |tagar.id

Salam sehat bagi seluruh sahabat Toba Ethos dimana saja berada, jangan lupa ikuti protokol kesehatan saat keluar rumah. Tulisan kali ini akan membahas tentang seputar fakta minuman keras (Miras) tradisional tuak yang selalu dikaitkan masyarakat awam sebagai bagian dari adat Batak Toba.

Toba Fakta - Tuak memang minuman beralkohol tradisional Batak Toba ,namun bukanlah bagian dari prosesi adat Batak Toba. Yang artinya, Tuak bukanlah salah satu unsur atau syarat dari segelah jenis kegiatan upacara adat baik pesta nikah, meninggal, lahiran dan lainnya.

Mungkin sahabat Toba Ethos bertanya-tanya kenapa tuak selalu muncul di acara pesta adat Batak Toba?

Foto: dokomen pribadi


Jawabannya benar, tuak memang kerap muncul dan sangat mudah ditemui disetiap acara adat pesta nikah Batak, karena tuak tersebut disediakan oleh para penjual yang berjualan di sekitar pesta. Mengingat para undangan bapak-bapak dominan menggemari tuak jadi ini merupakan kesempatan para pedagang mengais rejeki dengan menjual tuak.

Perlu dicatat, tuak tidak pernah disediakan oleh penyedia pesta dan juga tidak ada prosesinya di dalam acara pesta adat berlangsung. Ok, sudah jelaskan. Jikapun ada ditemukan miras berjenis Bir di acara pesta nikah Batak, itu juga bukan bagian dari adat Batak, bir tersebut adalah bentuk terimakasih dari keluarga yang berpesta. Tidak semua daerah yang melakukan hal tersebut dengan memberikan sebotol bir hanya dibeberapa daerah saja.

Foto tuak dituangkan kedalam gelas | metrokampung.com


Karena acara pesta pernikahan adat Batak itu tergolong lama, jadi para tamu undangan bapak-bapak lebih suka nongkrong sambil minum tuak dibandingkan minum kopi sambil menunggu uduran (giliran masuk acara pesta).

Jadi jika ada yang mengatakan tuak bagian dari acara adat Batak, sahabat Toba Ethos sudah bisa menepisnya dengan tulisan ini.

Dilansir dari kompas.com, tuak memang memiliki kadar alkohol, namun jika dikonsumsi sewajarnya mungkin akan memberikan efek yang positif bagi tubuh. Akan tetapi, jika dikonsumsi melebihi dari takaran sewajarnya maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi tuak jika Agan dan Sista ingin hidup sehat.

Demikianlah penjelasan seputar fakta minuman tuak, semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat mengedukasi pembaca, terimakasih sudah singgah.




Penulis: Sambelterasi052
Referensi: Pemikiran sendiri
Sumber Gambar: Dokumen pribadi
Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 13-08-2021 14:22
phyu.03
pard0
provocator3301
provocator3301 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.1K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Toba Ethos
Toba Ethos
45Thread67Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.