akidi.tio.setanAvatar border
TS
akidi.tio.setan
Brand HP Terlaris di Indonesia: Xiaomi Juara, Oppo Turun Tahta


JAKARTA - Peta persaingan brand handphone (HP) di Indonesia kembali mengalami perubahan di kuartal kedua 2021. Dalam laporan terbaru Canalys, secara mengejutkan ada tiga brand HP yang sebelumnya menduduki daftar teratas harus terpaksa turun tahta.

Canalys mencatat kini penguasa pasar smartphone di Indonesia adalah Xiaomi yang mencatat pertumbuhan cukup tinggi dan mampu mengalahkan raja sebelumnya, Oppo. Di laporan Q1 2021, Xiaomi masih menduduki peringkat empat.

Xiaomi menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia sebesar 28 persen dengan annual growth mencapai 112 persen. Di posisi kedua diduduki Oppo dengan penguasaan pasar 20 persen.

Selanjutnya di posisi tiga, ada Samsung yang juga turun peringkat dibanding kuartal sebelumnya di tempat ke-2. Meski turun, tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (annual growth) Samsung tercatat positif sebesar 23 persen.

Realme naik peringkat, sekarang berada di posisi empat dengan penguasaan pasar 12 persen. Sementara, Vivo yang sebelumnya cukup nyaman di posisi pertama dalam beberapa kuartal kini, harus turun di peringkat lima. Vivo dengan market share 12 persen, mereka mengalami annual growth minus 28 persen.

Pengamat gadget, Herry SW, sebelumnya pernah memprediksi Xiaomi bakal naik peringkat pada kuartal kedua 2021. Hal tersebut diindikasikan dari pemantauan beberapa tipe HP yang laris manis di pasaran.

"Xiaomi dianggap mampu menyelesaikan masalah distribusi dan ketersediaan produk sehingga tidak gaib," kata Herry kepada kumparan, Jumat (6/8).

Sementara itu, Herry menduga prestasi Vivo yang mengalami penurunan dikarenakan tidak terlalu agresif dalam merilis smartphone baru ke pasar. Berbeda dengan kompetitor lainnya, seperti Oppo, Samsung, dan Xiaomi yang banyak menawarkan perangkat baru dengan harga yang kompetitif.

Xiaomi, misalnya, dalam rentang waktu tiga bulan (April-Juni 2021) sudah banyak merilis perangkat baru, seperti jajaran Redmi Note 10 series, Mi 11 Series, Poco X3 Pro, Poco F3, dan Poco M3.

"Saya datang ke negara ini (Indonesia) 2 tahun yang lalu dan berkesempatan untuk melayani dan mengobrol dengan kalian. Dukungan kamu telah membantu kami mengatasi banyak tantangan & kecintaan kamu pada produk kami yang luar biasa dengan harga yang jujur, memungkinkan kami memberikan inovasi untuk semua orang!" tulis Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia dalam tweet di akun Twitter-nya.

https://m.kumparan.com/kumparantech/...HHlPGHDpz/full

saya heran mengapa masih banyak sekali orang beli samsung. Padahal samsung kan terkenal suka lag. emoticon-Bingung
MrJeffBezos
over.power
delfatesting260
delfatesting260 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
11.1K
265
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.