BowoSanAvatar border
TS
BowoSan
Duel Sniper Terhebat Dalam Sejarah


Duel para penembak jitu (sniper) menjadi sebuah legenda untuk dilirik dalam produksi film. Tetapi dari perspektif sejarah, seringkali sulit untuk membedakan antara fakta dan mitos. Ada lebih dari beberapa film yang menghibur— JFK dan The Untouchablesmenyenangkan untuk ditonton tetapi hanya memiliki sedikit kemiripan dengan realitas sejarah yang sebenarnya.

Lantas, bagaimana dengan dua film yang bisa dibilang sebagai film sniper terhebat yang pernah dibuat: Enemy at the Gates dan American Sniper ? Apakah hanya sebutir kebenaran yang ada di dalamnya? Atau apakah Hollywood mengikuti tradisi panjang untuk tidak membiarkan fakta menghalangi cerita yang bagus?

Berikut adalah lima duel terhebat dalam sejarah. Semuanya faktual tetapi dengan taburan fiksi untuk menambah cerita agar lebih menarik. Pertama terjadi pada Pertempuran Stalingrad, salah satu konfrontasi paling brutal dalam Perang Dunia II.

Vassili Zaytsevvs. Major Erwin König (Enemy at the Gates)


Penembak jitu Soviet  Vassili Zaytsev diperankan oleh aktor Jude Law dalam film Enemy At The Gates.
 

Pertempuran Stalingradmengadu militer tentara Jerman yang melawan tentara Soviet demi mempertahankan tanah air mereka. Sniper milik Soviet Vassili Zaytsev, telah dikonfirmasi membunuh lebih dari 200 tentara lawan, mendatangkan malapetaka dan menghancurkan moral di kalangan tentara Nazi. Jerman juga memiliki penembak jitu super mereka sendiri, Mayor Erwin König, yang mereka kirim ke Stalingrad untuk membunuh Zaitsev.

Selama seminggu kedua sniper memainkan permainan kucing-dan-tikus yang mematikan sampai Zaytsev melihat cahaya di bawah sepotong logam. Ketika tentara Soviet lainnya memancing König dengan mengangkat helm pada tongkat, penembak jitu Jerman menembak dan mengekspos posisinya. Ketika König mengintip dari bawah logam untuk melihat apakah dia telah membunuh targetnya, Zaytsev menembak kepalanya.

Zaytsev menyebut König dalam memoarnya,  Notes of a Sniper, seperti halnya William Craig dalam buku non-fiksinya tahun 1973  Enemy at the Gates: The Battle for Stalingrad. Namun, tidak ada catatan dalam arsip yang menunjukkan bahwa Mayor Erwin König pernah berperang untuk Jerman dalam Perang Dunia II.

Beberapa percaya bahwa nama asli sniper itu adalah Heinz Thorvald. Sementara yang lain menduga bahwa militer Jerman mungkin telah menghancurkan catatan König. Menutupi kematiannya di tangan orang Rusia.

Setelah perang usai untuk menghormati König, ia berkunjung ke Jerman. Selama kunjungan ke Berlin setelah perang, Zaytsev diduga dihadapkan oleh seorang wanita yang mengaku dia adalah putri König. Pihak berwenang dengan cepat mengamankan Zaytsev untuk menghindari konfrontasi.

Carlos Hathcockvs. NVA Sniper Hunters


Baca tentang pencapaian penembak jitu Carlos Hathcock dalam biografi resminya yang berjudul White Feather.


Sersan Marinir Gunnery Carlos Hathcocktidak pernah menyangka kisah hidupnya dibuat film berjudul White Feather, tetapi dia bertarung dalam beberapa pertempuran penembak runduk selama dua perang di Vietnam. Sebagai catatan, Hathcock memiliki 93 pembunuhan yang dikonfirmasi selama dinasnya di Vietnam. Masing-masing dikonfirmasi oleh seorang perwira, tetapi ada banyak lainnya di mana tidak ada petugas yang hadir, sehingga penghitungan tidak resmi lebih seperti antara 300 dan 400 musuh yang terbunuh, menurut perkiraan Hathcock.

Tidak mengherankan bahwa Tentara Vietnam Utara (NVA) memiliki hadiah $30,000 untuk kepalanya, dan mengapa satu demi satu penembak jitu NVA dikirim untuk membunuhnya. Salah satunya, seorang sniper bernama "Cobra,". Hathcock mencari jejak sniper musuh dan mulai memburunya. Saat mengikuti sniper lawan, Hathcock tersandung pohon dan memberikan posisinya. Penembak jitu NVA menembak tetapi meleset dari Hathcock dan mengenai rekannya.

Saat orang-orang itu saling bermanuver, terlihat kilatan di semak-semak dan menembak. Seperti dugaan Hathcock, kilatan itu memantulkan cahaya dari teropong musuh. Tembakan Hathcock telah mengenai musuh dan peluru masuk ke matanya!

Simo Häyhä vs Soviet Sniper Squad


Penembak jitu Finlandia  Simo Häyhä dijuluki "Kematian Putih" oleh Tentara Merah.
 

Simo Häyhä adalah sniper terhebat sepanjang masa. Saat Uni Soviet menginvasi Finlandia mulai November 1939, Häyhä mulai menyerang tentara Rusia. Dia memiliki total lebih dari 542 pembunuhan pada saat invasi berakhir hanya empat bulan kemudian – semua ini ia lakukan dengan senapan bolt-action M/28 tanpa teropong!

Selain 542 pembunuhan yang dikonfirmasi, dia juga dikaitkan dengan dua ratus atau lebih pembunuhan menggunakan senapan mesin tipe Suomi 9mm, totalnya lebih dari 700 tentara Soviet terbunuh. 

Setelah Häyhä menjatuhkan dua puluh lima tentara musuh dalam satu hari, Soviet sangat marah. Mereka mengirim sniper terbaik mereka untuk mencoba menyingkirkan Häyhä. Pada 6 Maret 1940, Häyhä berhasil ditaklukan dengan peluru ledak yang mengenai sebagian besar rahang kirinya. Ia tertembak saat berperang di Hutan Ulismaa, di wilayah Kollaa. Rekan-rekan prajuritnya membawanya keluar dari medan perang, salah satu dari mereka mengklaim "setengah kepalanya hilang."

Peluru telah menghilangkan bagian rahang atas dan bawahnya, bersama dengan pipi kirinya. Dia mengalami koma dan tidak bangun sampai setelah perdamaian diumumkan.

Hebatnya, Simo Häyhä selamat dari luka-lukanya. Butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan diri, dan dia hidup sampai tahun 2002 dan meninggal pada usia 96 tahun!

Lyudmila Pavlichenkovs. Nazi Snipers


Penembak jitu Soviet  Lyudmila Pavlichenko melakukan tur Amerika dengan  Eleanor Roosevelt  setelah Perang Dunia II berakhir. 


Lyudmila Pavlichenko memiliki perbedaan sebagai sniper wanita paling mematikan dalam sejarah. Ia sebenarnya adalah seorang mahasiswi jurusan sejarah di kota Kiev sebelum Jerman menginvansi Soviet pada Juni 1941. Demi menjadi sniper bertempur di medan peperangan Perang Dunia II di Front Timur ia tak ragu meninggalkan kuliahnya. Pavlichenko sebenarnya direkomendasikan untuk menjadi perawat tetapi ia menolak.

Senapan yang dia gunakan adalah jenis Tokarev SVT-40 dengan teleskop. Pada Mei 1942 jumlah korbannya telah mencapai hampir 287 orang.

Seorang yang feminis jauh sebelum istilah itu menjadi mode, Pavlichenko disebut-sebut membunuh setidaknya 309 Nazi, 36 di antaranya adalah sniper musuh (Jerman). Sementara desas-desus lain mengatakan bahwa cerita Pavlichenko sebagian besar hanyalah mitos untuk propaganda, dia telah terluka empat kali pada tahun 1942 dan telah menjadi ancaman bagi tentara Jerman di front Timur. Orang-orang Jerman bahkan terpaksa memanggilnya melalui pengeras suara. Menawarkan jabatan untuk berpindah sisi mereka dan bergabung dengan barisan Nazi.

Pada Juni 1942 dia terluka akibat terkena ledakan mortir. Setelah dirawat intensif dia dilarang untuk bertempur lagi karena popularitasnya yang sangat tinggi sehingga Soviet tidak mau kehilangan pahlawannya.

Menderita gangguan stres pasca-trauma yang parah, Pavlichenko menjadi juru bicara upaya perang di Eropa. Dia melakukan tur ke Amerika Serikat dengan ibu negara Eleanor Roosevelt.

Beberapa penghargaan yang diraihnya diantaranya adalah medali Hero of The Soviet Uniondan 2 medali Order of Lenin serta beberapa medali penghargaan lainnya.

Luka Lyudmila Pavlichenko tidak pernah sembuh sepenuhnya, dan dia meninggal dalam pelukan putranya pada usia 58 tahun. Karena Uni Soviet tidak memiliki program perawatan paliatif yang memadai untuk para veteran perang. Menurut menantu perempuan Pavlichenko kematiannya sangatlah menyakitkan, mantan sniper tentara merah itu bersumpah seperti seorang pelaut, mengucapkan selamat tinggal kepada putranya, dan meninggal dunia.

Chris Kylevs. Iraqi Sniper Mustafa (American Sniper)


Clint Eastwood menyutradarai film American Sniper berdasarkan kisah hidup Chris Kyle.


Antagonis dalam blockbuster Hollywood American Sniper (2014)  adalah penembak jitu dari Arab yang dikenal sebagai "Mustafa." Dia membunuh teman penembak jitu AS SEAL Chris Kyle (diperankan oleh Bradley Cooper), dan dia menembaki pasukan AS satu demi satu. Kyle merasa dia tidak bisa meninggalkan rekan-rekannya sampai dia membunuh Mustafa. Ini adalah film yang luar biasa dengan plot yang memukau.

Tapi berapa banyak dari film ini yang akurat secara historis? Yah, Chris Kyle adalah yang sebenarnya, dengan 160 pembunuhan yang dikonfirmasi , satu Bintang Perak, dan empat Bintang Perunggu dalam empat tur tugas selama Perang Irak. Mustafa, di sisi lain, adalah sosok bayangan terbaik.

Kyle menulis sedikit tentang Mustafa dalam memoarnya. Dia mengatakan bahwa “Dari laporan yang kami dengar, Mustafa adalah penembak jitu Olimpiade yang menggunakan keahliannya melawan polisi dan tentara Amerika dan Irak. Beberapa video diposting, membanggakan kemampuannya. Saya tidak pernah melihatnya, tetapi penembak jitu lain kemudian membunuh seorang penembak jitu Irak yang kami pikir adalah dia.”

Kyle selamat dari misi perang di Irak, setelah selesai masa tugas dari tahun 2012, Kyle ditembak dan dibunuh oleh Eddie Ray Routh (25) seorang veteran Korps Marinir AS yang menderita skizofrenia dan gangguan stres pascatrauma.



Sumber
"Lyudmila Pavlichenko - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas" https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lyud...la_Pavlichenko
"Battle of Stalingrad - Wikipedia" https://en.m.wikipedia.org/wiki/Batt..._of_Stalingrad
"Vasily Zaitsev (sniper) - Wikipedia" https://en.m.wikipedia.org/wiki/Vasi...itsev_(sniper)
"Erwin König - Wikipedia" https://en.m.wikipedia.org/wiki/Erwin_K%C3%B6nig
"Carlos Hathcock - Wikipedia" https://en.m.wikipedia.org/wiki/Carlos_Hathcock
"American Sniper - Wikipedia" https://en.m.wikipedia.org/wiki/American_Sniper
"Chris Kyle - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas" https://id.m.wikipedia.org/wiki/Chris_Kyle
"Simo Häyhä - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas" https://id.m.wikipedia.org/wiki/Simo...%C3%A4yh%C3%A4
alfidanger
pakisal212
adityaprasngr
adityaprasngr dan 29 lainnya memberi reputasi
30
8.4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.