altun.
TS
altun.
Baru Mau Pelihara Ikan? Ini 3 Rekomendasi Ikan Hias Untuk Pemula
Semangat PPKM yuk! Daripada jenuh di rumah bawaannya jadi pengen ngedumel terus, beberapa orang memilih untuk memelihara hewan peliharaan sebagai teman. Salah satunya memelihara ikan hias, kelebihan memelihara ikan hias adalah ga bikin rumah bau layaknya pelihara kucing atau anjing atau hewan darat lainnya kalau kita ga konsisten membersihkan kandang setiap hari. Pemeliharaan ikan hias rata rata hanya butuh ganti air seminggu sekali sehingga ga terlalu merepotkan bagi pemelihara pemula.

Terlihat mudah ya untuk memelihara ikan? eitss tapi ga semudah itu juga, ada beberapa jenis ikan yang membutuhkan perawatan khusus dan extra. Daripada kamu salah pilih, mending mimin kasih 5 rekomendasi ikan hias untuk pemula:

1. Ikan Guppy


image source: Pixabay


Ini ikan cere yang suka ada di got ya? ikan guppy memang masih satu keluarga dengan ikan cere yang suka ada di saluran air dekat rumah. Namun ikan guppy saat ini sudah berkembang dan memiliki varian warna yang super banyak. Warna dan ekornya yang cantik menimbulkan ketertarikan tersendiri bagi penghobinya. Perawatannya pun cukup mudah, jika kamu tidak punya ruang yang besar kamu bisa menggunakan akuarium ukuran 30 cm.

Perlu oksigen ga sih? ikan guppy termasuk ikan ang cukup tahan banting, jadi kamu bisa memilih untuk menggunakan aerator atau tidak. Kalo mimin sih lebih suka pake aerator supaya gaperlu terlalu sering ganti air. Pergantian air di akuarium ikan Guppy juga sebenarnya tidak repot. Setiap minggunya cukup ganti 30-50% air dari volume akuarium kamu. Soal pakan? bisa pake pelet yang dijual di toko online harganya mulai 5 rb - 20 rban.



2. Ikan Mas


image source: Pixabay

Pelihara ikan mas, komet, ikan mas koki bisa dibilang cukup mudah. Gaperlu akuarium besar, sistem filtrasi sederhana, pakan murah. Sedikit berbeda dari ikan sebelumnya, pelihara ikan ini perlu menggunakan filter untuk sirkulasi air di akuariumnya. Ikan yang biasa dipelihara secara berkelompok ini rasanya cocok jika berada di akuarium yang dilengkapi dengan hiasan aquascape. Karakter ikan yang senang berenang kesana kemari akan jadi relaksasi tersendiri saat kita duduk dan memperhatikan cantiknya akuarium dan ikan yang seperti berada di alamnya.

3. Ikan Cupang






image source: Pixabay

Bukan rahasia lagi kalau ikan cupang adalah ikan yang sangat mudah diperlihara. Terbukti pada jaman dahulu, ikan ini dipelihara hanya berwadahkan toples permen atau bahkan gelas air mineral. Ikan ini memang tangguh dan tidak butuh perawatan khusus, pakannya pun mirip dengan ikan guppy. Banyak dijual di toko online dengan harga 5rb-20rban, tapi kalau boleh mimin saranin sebaiknya ikan cupang dipelihara di toples khusus ikan cupang yang sekarang udah banyak dijual. Ditambah hiasan mini aquascape juga bisa untuk mempercantik tampilannya jadi kamu ga bosen melihat ikannya.


gargantuar89red.wangyiaryanti.story
aryanti.story dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.9K
28
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Freshwater Fish
Freshwater Fish
icon
1.7KThread1.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.