terlalurizky
TS
terlalurizky
Setujukah Agan Jika Harapan Hidup Manusia Jauh Lebih Panjang?
emoticon-UltahHalo Gansis emoticon-Ultah




Ane baru aja nonton video dimana ada seorang pengamat teknologi bernama Jamie Metzl, doi mengatakan bahwa masa depan harapan hidup manusia bakal jauh lebih panjang dari sekarang.

 




Sebagaimana kita ketahui bahwa harapan hidup manusia semakin panjang seiring dengan perkembangan teknologi. Pada tahun 1910 rata-rata harapan hidup manusia di dunia hanya selama 40-50 tahun. Sekarang, hanya dalam satu abad manusia hampir menggandakannya, dengan rata-rata harapan hidup yakni 80 tahun. Jika hal tersebut bisa terjadi, apa yang bakal terjadi dengan bumi? Apakah dinamika keluarga akan berubah?


Melawan Penuaan
 


 Sepanjang sejarah manusia telah membuktikan bahwa mereka bisa memperpanjang hidupnya dengan memperbaiki sanitasi, peningkatan keselamatan kerja, dan yang paling penting berkembang pesatnya healthcare. Namun, jika kita ingin memperpanjang harapan hidup jauh lebih panjang lagi kita harus menyingkirkan musuh utama manusia, yakni penuaan.




Manusia sekarang sedang berusaha keras mencari cara agar dapat menyingkirkan penuaan, dan sekarang manusia telah menemukan titik terang. Clustered Regulary Interspaced Short Palindromic Repeats atau disingkat CRISPR merupakan kemampuan untuk memperbaiki sel atau “mengedit” kode genetik sel. Dengan begitu manusia dapat merubah kode genetik sel yang mengalami penuaan, sehingga perkiraan harapan hidup rata-rata manusia bisa mencapai 150 tahun !.


Nah sekarang, setujukah agan dengan adanya teknologi ini?





 Pro




Keuntungannya jika manusia memiliki harapan hidup yang panjang, tentunya kita gabakalan sedih karena orang yang kita cintai tetap hidup menemani kita. Bahkan kita bisa hidup bareng mbah nya mbah kita. Tentunya dengan banyaknya manusia yang tetap hidup, orang-orang produktif masih tetap produktif bahkan melebihi masa pensiun, sehingga dapat membantu perkembangan negara.

 


Kontra




Tentunya jika banyak yang tetap hidup, populasi manusia akan berlebihan sehingga sumber pangan dan tempat tinggal semakin sedikit, Kota akan penuh dan angka kriminalitas akan semakin tinggi belum lagi rumah sakit akan dibanjiri oleh pasien.

 


Bagaimana Menurut Agan? Setujukah agan jika umat manusia memiliki umur yang sangat panjang? Tulis pendapat agan di komentar dan mari kita diskusi sama-sama







Thread diskusi teknologi lainnya:



Setujukah Agan Jika Peran Guru Digantikan Oleh Robot?


Sumber dan referensi
 

Spoiler for spoiler:




Diubah oleh terlalurizky 01-08-2021 18:00
alfidangerdymasramaazhuramasda
azhuramasda dan 24 lainnya memberi reputasi
21
3.8K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.