• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • 16 Tahun Perkembangan Toyota Fortuner, SUV Kebanggaan Orang Indonesia

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
16 Tahun Perkembangan Toyota Fortuner, SUV Kebanggaan Orang Indonesia
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar 16 tahun perkembangan Toyota Fortuner, SUV kebanggaan orang Indonesia.




Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan Toyota Fortuner. Memang, SUV kelas medium ini sudah sangat laris di Indonesia dan dapat ditemukan dimana saja.

SUV yang telah dijual selama 16 tahun di Indonesia dengan nama Fortuner ini pasti punya cerita atau sejarahnya tersendiri. Ceritanya tentu panjang mengingat sejarahnya sudah berjalan 16 tahun. Ane akan membahas seputar cerita atau sejarah Toyota Fortuner selama 16 tahun dijual di Indonesia nih Gansis.




Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan di ajang Jakarta International Motor Show atau JIMS tahun 2005. Fortuner mengisi kelas SUV dibawah Land Cruiser sebagai medium SUV.

Fortuner hadir dengan basis yang hampir sama dengan Toyota Kijang Innova yang juga baru diperkenalkan beberapa bulan sebelumnya, dengan sasis ladderframe. Berbeda dengan Toyota Kijang Innova, Fortuner diimpor langsung dari Thailand alias CBU, dengan mesin 2TR-FE berkapasitas 2700cc yang juga digunakan oleh Kijang Innova "Arab". 




Sesuai dengan selera orang Indonesia yang suka mobil 7 seater dengan 3 baris kursi, Fortuner dirancang untuk dapat mengangkut 7 orang penumpang tanpa dipaksakan dengan konfigurasi 2-3-2, dengan dimensi panjang 4,695 meter dan lebar 1,84 meter, serta wheelbase 2,75 meter.

SUV baru ini diluncurkan dengan ciri khas kaca bagian samping kiri dan kanan di row ketiga yang memanjang sampai kaca belakang dan pilar C yang sangat besar. Serta, bentuk body yang cenderung agak lebih mengotak dan "macho" ketimbang Innova tapi masih cukup membulat.




Dengan menyediakan 2 opsi pilihan varian, yaitu G dan V dengan varian bertransmisi otomatis dan manual serta 2 opsi penggerak yakni 4x4 dan 4x2, Fortuner langsung mendapat sambutan baik. Antrian SPK Fortuner pun cukup panjang.

Fortuner diimpor langsung dari Thailand hingga pada awal tahun 2007, Fortuner mulai diproduksi di dalam negeri langsung di pabrik Toyota bersama Hilux dan Kijang Innova. Pada tahun yang sama juga, TAM menambahkan varian bermesin diesel dengan transmisi manual.




Barulah, di ajang IIMS 2008 Fortuner mendapatkan facelift. Facelift ini merubah total grill depan dan lampu depan yang kini bentuknya lebih modern. Lampu depan kini mendapat fitur projector. Stoplamp, velg dan detil lain juga berubah.

Sementara, pada bagian interior, hampir tidak ada perubahan. Pun juga dengan varian yang hampir tidak berubah, tipe G dan V dengan opsi penggerak 4x4 dan 4x2, tak lupa varian mesin bensin 2700cc atau Diesel 2500cc dengan opsi transmisi manual dan automatic (A/T hanya khusus bensin). Tetapi. varian Fortuner ditambah dengan paket TRD yang menambah bodykit dan stiker TRD Sportivo.




.Di tahun 2009. Fortuner mendapat improvement, yakni varian mesin Diesel yang kini mendapat opsi transmisi otomatis selain manual. Hal ini ditujukan karena kepopuleran Fortuner bermesin Diesel yang lebih irit, sehingga ditambahkan opsi transmisi automatic.

Setelah berjalan 3 tahun, Fortuner kembali mendapat facelift pada tahun 2011. Facelift ini cukup drastis jika dibandingkan dengan facelift sebelumnya. Facelift Fortuner pada 2011 mengubah headlamp dan stoplamp, bemper depan-belakang, velg, dan beberapa detil lainnya. Juga, ditambahkan spion kecil pada kap mesin sebelah kiri untuk meminimalisir blindspot dan memudahkan pengemudi.




Pada bagian interiornya sendiri, Toyota Astra Motor selaku ATPM Toyota di indonesia mengubah bentuk setir, menambah beberapa fitur, menambah dan mengubah beberapa detil, serta mengubah head unit (CMIIW). Setirnya diubah menjadi persis seperti setir Kijang Innova facelift kedua, dengan 4 palang.

Setahun kemudian, Fortuner bermesin 2KD-FTV Diesel ditambahkan teknologi VNT atau variable nozzle turbocharger, yang sebelumnya hanya turbocharger biasa. Teknologi VNT ini berguna untuk mengurangi turbolag dan juga menambah torsi sehingga Fortuner baru semakin kencang.




Dan, pada tahun 2013, terjadi facelift pada Fortuner yang difokuskan untuk tipe TRD Sportivo. Sebenarnya facelift ini hanyalah facelift ringan, dengan perubahan di grill, bemper, dan velg yang kini menjadi lebih sporty. 

Varian TRD kini dilengkapi rear seat entertainment yang berguna untuk memanjakan penumpang. Lampu DRL pun sudah menjadi standar pada semua Fortuner. Pada tahun berikutnya pun, Fortuner Diesel ditambahkan varian 4x4, yang sebelumnya hanya ada di varian bermesin bensin tipe V.




Akhirnya, setelah lebih dari 10 tahun tanpa perubahan besar, Fortuner, mengikuti Innova, berganti generasi. Generasi terbaru Fortuner kini berubah total, eksterior dan interior pun berubah.

Melihat eksteriornya, terlihat bahwa Fortuner baru memiliki eksterior yang lebih modern dan lebih futuristik dibanding Fortuner lama. Masih ada ciri khas Fortuner seperti pilar C yang sangat besar, tetapi kini pilar C tersebut ditutupi oleh kaca yang membuat kaca samping terlihat sekilas menyambung dengan kaca depan. Di sektor lain seperti velg dan spion, tentu berbeda pula dengan yang lama.




Sementara, untuk facia depan, Fortuner punya facia yang baru, lebih macho daripada Fortuner lama dengan grill 3 palang berukuran besar dan headlamp yang berbentuk lebih modern. Tak lupa, stoplamp Fortuner dengan kode sasis AN160 ini juga berubah total menjadi lebih sipit, walau memang jika dilihat sekilas masih ada kemiripan dengan Fortuner lama. Dan tentunya, bemper depan serta belakang diperbarui pula.

Interiornya juga baru. Fortuner memiliki dashboard dengan lekukan yang futuristik, dengan lubang AC yang lebih modern, serta tombol AC digital yang mirip-mirip tombol AC digital Kijang Innova Reborn tipe V dan Q. Setirnya baru juga, dengan 3 palang yang sangat mirip dengan setir milik Toyota Sienta, serta speedometer yang khas juga. Tetapi, selain itu, jok row kedua dan ketiga masih memiliki banyak sekali kemiripan dengan Fortuner generasi pertama.




Pada sektor mesin, Fortuner kini menggunakan mesin 2GD-FTV 2400cc Turbodiesel yang sama dengan Kijang Innova Reborn Diesel, tetapi dengan perubahan di setingan torsi yang berbeda lumayan jauh. Mesin 2GD pada Fortuner memiliki tenaga 150hp dengan torsi 343nm pada varian transmisi manual dan 400nm pada varian transmisi automatic. Sementara, untuk varian mesin bensin tetap menggunakan mesin 2TR yang sama dengan Fortuner sebelumnya.

Varian Fortuner pun berubah. Tetap ada varian G, yang hanya tersedia dengan mesin diesel dengan opsi transmisi manual dan otomatis serta penggerak 4x2 serta 4x4. Tapi, varian V Diesel kini diganti dengan varian VRZ yang hanya bertransmisi otomatis dengan pilihan penggerak 4x2 serta 4x4. Varian V bensin pun diganti dengan varian SRZ yang hanya bertransmisi otomatis dan berpenggerak 4x2, CMIIW. Tetapi, varian TRD hilang dan baru muncul setahun kemudian.




Pada GIIAS 2017, barulah, TAM meluncurkan Fortuner varian baru yang dinamai Fortuner TRD. Varian ini mengembalikan varian TRD yang sempat hilang selama setahun. Seperti biasa, Fortuner TRD memiliki stiker-stiker bertuliskan TRD Sportivo, velg khusus, rem cakram belakang, dan penambahan elemen-elemen hitam, tak lupa juga bodykit di bagian depan dan belakang. Paket TRD ini tersedia baik dalam trim SRZ maupun VRZ

Varian TRD mengalami pembaharuan minor pada tahun 2019. Fortuner TRD facelift di tahun 2019 memiliki beberapa perbedaan, diantaranya velg yang dicat hitam, bodykit yang lebih macho dan design velg baru, serta penambahan detil-detil kecil.




Pada tahun 2020. Fortuner kembali mengalami facelift yang signifikan. Headlamp kini baru dengan desain yang sipit, grill yang sekilas agak mirip dengan grill Alphard Transformer, DRL yang bentuknya baru, desain rumah foglamp yang juga baru, dan detil detil lainnya banyak diperbarui. ,

Fortuner facelift terbaru juga memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang Fortuner terakhir. Hal ini dimaksudkan untuk semakin meningkatkan penjualan dan semakin bisa bersaing dengan lawan-lawannya di kelas yang sama.




Hingga thread ini diposting, belum ada pembaharuan terbaru untuk Toyota Fortuner. Semoga, TAM kedepannya membuat Fortuner yang lebih reasonabe dan lebih banyak fiturnya, serta lebih bisa bersaing di segmen MSUV.

Nah, itulah isi thread ane yang membahas tentang perkembangan Toyota Fortuner hingga sekarang. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bermaksud untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

feraldi.alwi
Feraldi.Noval
BlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 25 lainnya memberi reputasi
26
7.1K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.