• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Yang Diburu Anak Mahasiswa 2000-an Di Mall Mangga Dua (Bisa Kredit Segala)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Yang Diburu Anak Mahasiswa 2000-an Di Mall Mangga Dua (Bisa Kredit Segala)


[ HT# 763 ]

Dahulu era komputer masih jaya, internet masih lemot, dan Android belum meracuni gammer pc yang speknya selangit para mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya sering berburu komputer dan perangkatnya di Mall Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Mall Mangga Dua memang menjadi tempat bersemayamnya penjual dan berkumpulnya pembeli mulai dari anak sekolah, mahasiswa sampai orang tua berburu komputer.

Penjualan komputer dulu benar-benar laris manis. Setiap harinya spanduk dan brosur ada dimana-mana seperti sebuah ajang pameran, terlebih di hari Sabtu dan tanggal muda setiap gang penuh sesak oleh pengunjung. Namun itu hanya terjadi di lantai 3 dan 4?

Penjual yang biasanya menerima jasa rakit pc sampai kewalahan menerima pesanan rakit pc, dan beberapa juga menjual barang second dengan mudah. Saat itu Mall Mangga Dua terkenal menjadi pusatnya komputer di Jakarta.

Tapi jika kita memperhatikan di beberapa sudut toko ada pemandangan yang sedikit berbeda, ada toko yang menjual beberapa produk 'ilegal' secara terang-terangan, dan jika ada razia toko mereka harus tutup.

Beberapa toko yang masih saya ingat adalah;


KESATU



Berburu software atau cd bajakan. Yup, mall mangga dua dulu selain terkenal dengan jualan komputer ternyata software bajakan tumbuh subur dan pesat disana.

Koleksi mereka sangat lengkap hampir semua kategori ada dan kita bisa berkeliling sepuasnya untuk mencari yang kita butuhkan. Jika cocok, lakukan test software di meja yang disediakan, baru bayar.


KEDUA



Berburu buku bajakan. Ini tidak beda dengan software bajakan, tapi buku bajakan setahu saya pemainnya hanya ada 1 toko di lantai 3, kalau gak salah, sayang saya lupa nama tokonya.

Uniknya yang namanya buku bajakan disini bukan buku bajakan yang dicetak warna mendekati aslinya, tapi hanya lembaran halaman buku fotokopian yang di kliping! Ya, peluang ini ternyata berjalan cukup mulus karena buku yang mereka jual biasanya buku import jenis tutorial, kedokteran, dan manajemen, yang harganya mahal tapi disini bisa dibeli hampir separuh harga saja.


KETIGA



Beli paket, rakit, dan upgrade komputer inilah yang menjadi daya tarik terbesar mahasiswa dan perkantoran membeli komputer. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di Mall Mangga Dua ini selain membeli komputer baru kita bisa dengan mudah memesan komputer rakitan dengan berbagai spesifikasi, mereka umumnya ada dan menyesuaikan budget pembeli.

Bahkan saya pernah tahu, ada 1 toko yang menerima tender sebuah kantor untuk minta di rakitkan Pc sebanyak 15 lengkap untuk dikirim ke Kalimantan. Belum lagi pesanan rakit pc untuk kelas warnet, dan mahasiswa biasanya jadi akrab dengan boss dan karyawannya jika sering ke tokonya.


KEEMPAT



Beli poster original dan kw. Yup, dulu kalau tidak salah banyak di jual poster jenis superhero keluaran Dc Comics, Marvel, poster musik, poster film yang sedang trend dan hangat-hangatnya di kalangan remaja kala itu.

Disana ternyata juga ada beberapa toko yang khusus menjual poster berbagai ukuran, seinget saya ada 3 toko disana dan di pajang kaca toko dan di dinding toko sehingga menarik perhatian. Kala itu poster berkualitas bagus kalau tidak salah dihargai Rp35.000. Saya sempat mengoleksi 5 poster favorit saya dan termasuk langka pada saat itu.


KELIMA



Beli Cd atau Dvd Blank. Dulu kita belum mengenal apa itu flashdisk, external hardisk saat itu harganya masih selangit. Cd atau Dvd blank/kosong dijual mulai di toko sampai emperan lapak toko.

Kala itu bisnis cd blank, dvd blank, dan versi Re-writer sangat menjanjikan, modelnya pun kadang beragam dan casingnya warna-warni. Saking dibutuhkannya bahkan sering ada pembelian partai besar biasanya untuk di jual lagi ke warnet-warnet, tempat fotokopi, dan toko buku. Harga 1 cd keping cd termurah seingat saya adalah Rp 2.500, utk dvd Rp 3.500.



KEENAM



Beli perlengkapan jaringan dan data saving. Penjual komputer di Mall Mangga Dua biasanya mereka tidak melengkapi alat penunjang jaringan atau interkoneksi, dan disini ada toko khusus yang menjualnya.

Ya, perlengkapan jaringan internet, server, modem, antena penguat sinyal, hardisk eksternal, printer dan tinta, casing premium, speaker game, dan lain sebagainya juga ada. Mall mangga dua tuh dulu selalu ramai, serba lengkap untuk kebutuhan komputer kelas rumahan hingga perkantoran.


KETUJUH



Pusatnya instal OS bajakan, service komputer, dan tinta refill printer. Setelah merakit pc rata-rata penjual belum menyertakan sistemnya 'windows' nya. Untuk instal windows biasanya ada tempat tertentu yang berani melakukannya secara sembunyi-sembunyi atau harga rakit sudah termasuk instal windowsnya, tapi akan lebih murah kalau kita menemui orangnya langsung. Seingat saya dulu dengan Rp 50.000 kita sudah dapat OS lengkap dengan beberapa aplikasi umum dan siap digunakan.

Selain jasa instal OS bajakan disana juga ada toko khusus service komputer berbagai model sampai urusan refill tinta disana lengkap. Bahkan urusan refill tinta ini ada toko yang fokus berbisnis di usaha ini hingga memiliki cabang yang cukup banyak tersebar di hampir mall-mall Jakarta atau perkantoran. Entah apakah saat ini masih ada, mungkin disini ada yang bisa menginformasikannya?




Referensi. sebuah opini
Img.google img





Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 02-08-2021 05:29
emineminna
alfidanger
provocator3301
provocator3301 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
7.6K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.