adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Kiat-kiat Perempuan Sukses Dalam Dunia Kerja
Siapa di sini para cewek-cewek suka kerja? Haha.. gak suka juga sih maksutnya terjun ke dunia kerja? Sadar atau nggak, wanita kerap kali mendapatkan diskriminasi atau perbedaan perlakuan. Hal ini terjadi tak hanya pada satu bidang, tetapi nyaris di semua ranah terkecuali kalian punya ‘backup-an’ yang melindungi di belakang. Tak adil rasanya jika memperlakukan orang lain hanya melihat sebatas gender. Tak diakui, kurang didengarkan, dan kesulitan naik jabatan, mungkin menjadi beberapa hambatan wanita.


Photo By Karirpad.com


Pasalnya, stigma bahwa, ‘Wanita di rumah aja, ngurus anak dan suami’ masih kental adanya di Indonesia. Memang hal itu tak dapat disalahkan karena pada kenyataannya itu adalah kewajiban seorang perempuan. Tapi, bukan berarti kaum hawa tak bisa merangkap semuanya, kan? Sebagai pembuktian kepada diri sendiri, terkadang wanita juga punya cita-cita dan goals yang mau dituju.

Tak sedikit terjadi diskriminasi dan kurang diakui ketika mengeluarkan sebuah ide atau pemikiran. Padahal, jika hal tersebut dikemukakan oleh kaum adam akan diberikan pengakuan. Buat Sista yang sering ngerasa hal kayak gini, ane ada beberapa cara nih yang bisa diterapin dalam lingkungan pekerjaan! Semoga membantu, ya.

Selalu Mempersiapkan Diri
Apapun yang bakal dihadapi ketika meeting, dichat atasan, atau pekerjaan apapun pada hari itu, Sista harus mempersiapkan diri. Ini paling berlaku ketika ada meeting sih, kalau bisa 2 jam sebelumnnya cari tau dulu tentang hal yang mau didiskusiin. Kalau bisa, Sista malah udah punya ide sendiri dan masukan. Hal ini dilakuin biar kita keliatan menghormati partner kerja dan mengerti ranah pekerjaan. Tak hanya pada saat pertemuan, ketika dikasih perintah mengerjakan sesuatu, hindari bilang, ‘Aduh gak bisa, gak pernah belajar itu’, mending diganti dengan belajar sendiri dan nanya deh kalau gak ngerti


Photo By Kompasiana.com


Jangan Malu Buat Mengusulkan Sebuah Ide
Punya ide tapi malu buat nyampein? Susah berkembangnya nih, Sist… emang sih kadang malu dan punya ketakutan kalau apa yang diomongin gak nyambung dan susah diterima. Walaupun pasti ada resiko semacam itu, gak ada yang salah dari mengemukakan ide duluan, setidaknya kita udah nyoba. Sebagai cewek, jangan sampe orang mikir kita cuma suka diem aja dan kurang perform.



Photo By Glints.com


Public Speaking
Dalam mempresentasikan atau menyampaikan sesuatu, bakal lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan dengan cara berkomunikasi yang baik dan benar. Mungkin banyak dari Sista yang mikir, ‘Gue kan gak kuliah komunikasi, mana bisa public speaking. Lagian walaupun diem, gue kan juga kerja’. Bener sih tetep kerja, sayangnya kadang hal yang dibutuhin itu tak hanya sekedar angka tapi juga keaktifan. Melatih public speaking emang butuh waktu, maka dari itu harus dimulai bukan didiemin aja. Bisa mulai aktif ketika diskusi sama partner kerja, atasan, client, dan bisa latihan di cermin atau ngomong sendiri juga membantu loh, Sist!


Photo By Solopos.com


Terlihat Rapih
Rapih menurut ane sendiri adalah tanda siap dan menghargai pekerjaan kita. Maka dari itu, kalau ke kantor gak usah dandan yang repot-repot atau gimana sih, tapi kalau bisa terlihat rapih. Mungkin bisa dari baju, dandan sedikit, wangi, pokoknya seger aja gitu diliatnya. Ini juga berguna buat nambah semangat. 




Photo By Detik.com



Jangan Malu Untuk Mengakui Kesalahan
Namanya manusia pasti gak ada yang sempurna. Setinggi apapun jabatan, rasanya tak menghindari kita dari konsekuensi melakukan kesalahan. Ketika salah mengambil langkah atau apapun dalam pekerjaan, hendaknya dengan lapang hati mau mengakui dan meminta maaf serta memperbaiki diri. Dengan diri yang mau menerima kekurangan, orang lain akan lebih respect dan bekerja juga jadi lebih enjoy.



Photo By Suara.com



Itu dia menurut ane beberapa tips & tricks yang Sista bisa ikutin untuk menunjang performance serta lebih diakui dalam dunia kerja. Jangan karena cewek, jadi ngalah dan  cuma nurut aja, ya!




rahmat54
aryanti.story
aryanti.story dan rahmat54 memberi reputasi
2
1.5K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.