mbia
TS
mbia
109 Ormas dan LSM Kritik Langkah Moeldoko Somasi ICW Terkait Rente Ivermectin
Merdeka.com - Erasmus Napitupulu dari organisasi masyarakat sipil ICJR, membenarkan bahwa ada 109 ormas sipil yang mengkritik langkah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat mensomasi ICW. Diketahui, Moeldoko melakukan somasi ICW usai dinilai terlibat dalam dugaan pemburu rente pengadaan obat terapi Covid Ivermectin.

"Praktik pembungkaman atas kritik masyarakat kembali terjadi. Tentu langkah ini amat disayangkan, sebab, semakin memperlihatkan resistensi seorang pejabat publik dalam menerima kritik," kata Erasmus dalam keterangan tertulis diterima, Jumat (30/7).

Erasmus menilai, ICW sebagai bagian dari masyarakat sipil sedang menjalankan tugasnya dalam fungsi pengawasan terhadap jalannya proses pemerintahan. Dia meyakini, hal itu lazim dilakukan oleh organisasi masyarakat sipil lainnya sebagai bentuk partisipasi untuk memastikan adanya tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Terlebih lagi, ICW menuangkan pendapatnya dalam sebuah penelitian yang didasarkan atas kajian ilmiah dengan didukung data dan fakta," yakin dia.

Erasmus menilai, langkah Moeldoko, baik somasi maupun niat untuk memproses hukum terhadap ICW, merupakan tindakan yang kurang tepat dan berlebihan.

"Jadi tanpa mesti menempuh jalur hukum, Moeldoko dapat menyampaikan bantahan atas temuan ICW dengan menggunakan hak jawab sebagaimana diatur lebih lanjut dalam Pasal 1 angka 11 Undang-Undang Pers. Sebab, hasil penelitian ICW tersebut diketahui khalayak ramai oleh karena dimuat dalam berbagai pemberitaan media," pungkasnya.

https://www.merdeka.com/peristiwa/10...vermectin.html

Rakyat berhak bertanya kepada org yg digaji pakai uang rakyat kan
muhamad.hanif.2warboundARShecca
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.7K
45
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.