si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Baru Mengabdi Selama 10 Tahun, USS Independence Dipensiunkan, Apa Penyebabnya ?
Biasanya usia pengabdian sebuah kapal perang yang beroperasi di Angkatan Laut bisa mencapai lebih dari 10 tahun, namun ada kabar mengejutkan datang dari US Navy (Angkatan Laut Amerika). Pasalnya mereka resmi memensiunkan kapal perang yang baru mengabdi selama 10 tahun, kapal yang dimaksud adalah USS Independence (LCS-2), merupakan jenis kapal perang litoral trimaran dengan desain stealth.

Dikutip dari navalnews.com(30/07/2021), acara penonaktifan USS Independence dilakukan di Pangkalan Angkatan Laut San Diego, pada tanggal 29 Juli 2021. Karena masih dalam masa pandemi, acara ini dibuat tertutup, hanya pejabat yang berkepentingan dan mantan awak kapal yang hadir dalam acara ini.

USS Independence (LCS-2) adalah kapal pertama dari Independence Class, di mana saat ini Angkatan Laut Amerika Serikat mengoperasikan 12 unit LCS Independence Class. Yang menarik, dua unit kapal lain sedang dalam proses penyerahan, serta masih ada empat unit yang masih dalam proses konstruksi pembuatan. Bicara soal Independence Class, salah satu kapal dari kelas ini sempat sandar di Dermaga 203 Kaluku Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 14 September 2017. Kapal yang dimaksud yakni USS Coronado (LCS-4). Waktu itu USS Coronado sandar selama 2 hari dalam misi mempererat hubungan AS-RI.


Quote:



USS Independence di lingkungan US Navy disebut sebagai "Littoral Combat Ship" (LCS), kapal ini dibuat oleh galangan Austal USA, diluncurkan pada tanggal 26 April 2008. Kapal kemudian ini resmi masuk kedinasan US Navy pada tanggal 16 Januari 2010, kapal ini punya home base di San Diego.

Jika agan melihat desain kapal ini, mungkin ada yang berpikir jika sosoknya mirip sosok kapal alien. Kapal yang mengusung desain trimaran ini memang punya desain yang futuristik dibandingkan kapal perang yang lainnya. Desain kapal ini mengingatkan kita pada KRI Klewang yang punya desain serupa.

Bicara soal dimensi kapal, kapal LCS ini punya panjang dan dimensi yang lebih besar dari LPD (Landing Platform Dock) milik TNI AL. Dengan ukuran yang besar, kapal ini juga dilengkapi dek helikopter yang lumayan luas. Dek helikopter tersebut sanggup didarati helikopter angkut berat sekelas CH-53 Super Stallion.

Namun, dalam kunjungan ke Indonesia pada tahun 2017, terlihat saat itu USS Coronado membawa satu unit MH-60R/S Seahawk. Selain itu kapal perang ini masih bisa membawa dua unit helikopter drone MQ-8B Fire Scouts atau MQ-8C Fire. Berikut ini sekilas spesifikasi kapalnya:


Quote:



Dikutip dari USNI News(17/05/2021), penonaktifan kapal jenis LCS ini karena biaya operasional yang mahal. Hal itu diperparah dengan desain lambung kapal yang terbuat dari allumunium alloy, membuatnya lebih rentan terhadap api, desain lambung kapal ini dulu juga mendapat banyak kritikan pedas. Desain lambung tersebut membuat US Navy harus mengeluarkan dana ekstra untuk perawatannya.

Meski sempat mendapat kritikan, bentuk lambung kapal yang dibuat berpanel menyudut (angle planes), membuat kapal menjadi "stealth" alias lebih sulit ditangkap radar. Dengan sifatnya yang stealth, di lingkungan US Navy, Independence Class digunakan sebagai kapal pendukung operasi pasukan khusus dalam moda pendaratan amfibi.

Selain USS Independence, akan ada 3 kapal lain yang masuk daftar pensiun dini, mulai dari USS Freedom (LCS-1), USS Fort Worth (LCS-3) dan USS Coronado (LCS-4). Dalam keterangannnya kepada USNI News, Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Mike Gilday berpendapat bahwa keempat kapal tersebut akan membutuhkan dana sekitar US$ 2,5 miliar untuk perawatan dan perbaikan. Ia berpendapatm bahwa dana tersebut lebih baik digunakan untuk membeli frigate baru. Selain itu desain LCS ini dianggap kurang sesuai dengan tuntutan era modern untuk menghadapi ancaman Rusia dan China.

Dengan pensiunnya beberapa kapal lebih awal, US Navy bisa menghemat anggaran mencapai US$ 2.1 miliar. Di mana anggaran tersebut seharusnya digunakan untuk pemeliharaan kapal dan upaya modernisasi, serta uang tambahan untuk membentuk Tim Pelaksana pemeliharaan LCS.
Jadwal selanjutnya adalah bulan September 2021, di mana USS Freedom (LCS-1) akan dipensiunkan. Sementara USS Fort Worth (LCS-3) dan USS Coronado (LCS-4) akan menyusul secara bertahap pada tahun 2022.


Quote:



Demikian sedikit cerita dari Amerika, di mana mereka mulai menonaktifkan beberapa kapal perangnya, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan baru untuk agan dan sista. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: 1.2.3.4
Ilustrasi Foto: US Navy, vistapointe.net
Diubah oleh si.matamalaikat 01-08-2021 11:57
gabener.edanindrag057alfidanger
alfidanger dan 26 lainnya memberi reputasi
27
8.9K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.