• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Adiputro Perkenalkan Bodi Jetbus 3+ Single Glass, Punya 3 Wiper dan Kaca Super Lebar

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Adiputro Perkenalkan Bodi Jetbus 3+ Single Glass, Punya 3 Wiper dan Kaca Super Lebar
Rasanya sudah bosan melihat bodi bus di Indonesia yang saat ini di dominasi oleh bus dengan sekat kaca, atau biasa disebut sebagai topi atau bando. Sejak karoseri Adiputro mengenalkan bodi Jetbus dengan sekat kaca pada tahun 2015, hampir 6 tahun berlalu, tren bodi bus di Indonesia kemudian menjadi banyak yang memakai sekat kaca juga.

Bodi dengan sekat kaca memang terlihat keren dari luar, terlihat seperti bus tingkat, walaupun bus ini hanya punya satu lantai. Dikutip dari kompas.com (17/07/2021), Adiputro akhirnya merilis bodi bus baru tanpa bando alias sekat kaca. Dari beberapa foto yang beredar di media sosial, bodi bus ini berwarna merah. Tapi belum ada nama perusahaan otobus yang terpampang di lambung busnya.

Yang menarik pada bodi bus terbaru buatan Adiputro ini, dibangun di atas chassis Mercedes Benz, bisa dilihat dari logo Mercedes yang terdapat pada bodi bus. Belum diketahui seri bus mana yang dibangun pada bodi terbaru ini, bisa jadi bus ini adalah seri OH 1626/OH1526/1836. Berikut ini sekilas fotonya.




Foto: Subhanedi/Instagram



Jika dilihat dari tampilan luar, bodi bus ini tidak jauh beda dengan bodi Jetbus 3 Voyager yang memiliki sekat kaca. Dari lampu utama sampai fog lamp masih mengadopsi seri lampu bodi Jetbus sebelumnya. Sementara pada bagian pilar di samping bodi, atau yang biasa disebut sebagai selendang, juga masih menggunakan selendang milik Jetbus 3 Voyager.

Selendang ini biasa disebut sebagai selendang geprek di kalangan Bismania. Tapi menurut pengalaman ane, selendang ini membuat penumpang yang duduk di depan tidak bisa melihat dengan leluasa dari kaca bus, karena selendang geprek ini agak menutupi pandangan penumpang dari bagian samping kaca bus.

Tapi poin plusnya gan sist, meski pandangan ke samping terhalang selendang geprek tersebut, tapi pandangan ke depan cukup luas. Karena tidak ada lagi sekat kaca yang menghalangi, entah mengapa desain single glass Adiputro ini terlihat lebih lebar dari bodi single glass yang lebih dulu dibuat oleh karoseri yang lain.




Bagian kaca depan super lebar emoticon-Big Grin

Foto: Subhanedi/Instagram




Bodi single glass terbaru dari Adiputro dibangun berdasarkan bodi Jetbus 3 Voyager yang memiliki sekat kaca. Mulai dari lampu, spion dan selendangnya sama.

Foto: hisyam_2542/Instagram



Yang menarik dari desain bodi ini adalah adopsi 3 wiper, di mana ada satu wiper tambahan di bagian atas. Konfigurasi 3 wiper ini tentu untuk mengakomodir ukuran kaca yang super lebar. Bisa dibilang bodi terbaru ini hanya menghilangkan sekat kaca pada varian bodi Jetbus sebelumnya.

Yang menarik perhatian ane selain konfigurasi 3 wiper, yaitu posisi spion bus yang terlalu ke bawah. Sepertinya posisi spion ini disesuaikan dengan varian bodi Jetbus yang memiliki sekat kaca. Entah mengapa ane kurang sreg dengan posisi spion ini gan sist emoticon-Hammer (S)

Jika memakai bodi double glass, penempatan spion yang berada agak ke bawah tentu tidak masalah, karena posisinya sejajar dengan sekat kaca. Namun, jika sekat kaca tersebut dihilangkan, alangkah baiknya jika posisi spion ini ditempatkan sedikit lebih ke atas. Seharusnya jika bus tidak lagi memakai sekat kaca, posisi spion bisa di pindah ke atas seperti bodi SR2 buatan Laksana dibawah ini.




Bodi SR2 single glass buatan Laksana, posisi spion berada di atas. Seharusnya posisi spion single glass seperti ini. CMIIW

Foto: laksanabus/Instagram



Meski beberapa karoseri ternama sudah mulai mengenalkan bodi bus single glass, akan tetapi para pengusaha bus nampaknya susah berpaling dari bodi bus double glass. Tentu ane berharap banyak pada bodi bus single glass terbaru buatan Adiputro ini. Pasalnya banyak PO yang memakai bodi Jetbus, dengan hadirnya bodi single glass ini, harapannya kedepan banyak PO besar yang memakai kembali bodi single glass.

Adiputro yang mengawali tren bodi bus double glass, dan menurut ane pribadi, Adiputro juga yang akan bisa mengakhiri tren bus double glass ini. Nah, demikian sedikit update berita dari dunia perbusan gan sist, semoga sedikit pembahasan singkat ini bisa bermanfaat untuk agan dan sista. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: 1dan 2
Ilustrasi Foto: Instagram
indrag057yudis.3gefirmanmuslim
firmanmuslim dan 4 lainnya memberi reputasi
5
5.2K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.