• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Drama Sekolah Online yang Dialami Anak dan Orang Tua Setiap Hari, Apakah Ini Baik?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Drama Sekolah Online yang Dialami Anak dan Orang Tua Setiap Hari, Apakah Ini Baik?
Adakah yang mengalami drama-drama kecil saat membimbing anak belajar di rumah atau sekolah online?
Tetap awasi dan bimbing meskipun oranf tua lelah!


Sekolah online, sejak awal pandemi kegiatan belajar mengajar memang difokuskan dengan sistem dalam jaringan atau melalui media online.

Meskipun ini bukan tipe pembelajaran baru namun dapat dikatakan di Indonesia untuk belajar sistem daring adalah sistem pembelajaran yang butuh banyak kajian dan juga pengawasan, sebab belum sepenuhnya masyarakat kita paham tekhnologi dan juga mampu untuk mengikuti syarat-syarat yang harus dipersiapkan saat diberlakukannya sistem belajar dalam jaringan.

Di awal-awal pemberlakuan sistem sekolah daring tentu kita melihat beberapa masalah dimana para siswa-siswi yang kurang mampu tidak memiliki perangkat pendukung dan juga tidak mampu membeli paket data, sampai akhirnya muncul inisiatif bantuan paket kuota internet dari pemerintah yang dikhususkan untuk belajar daring dan juga banyak orang-orang dermawan yang menggalang donasi untuk membantu siswa kurang mampu.

Namun ternyata setelah beberapa masalah tersebut dapat dikatakan terlewati kembali muncul masalah-masalah kecil namun tidak bisa diremehkan, yaitu beberapa drama dari anak-anak yang melakukan sekolah online dalam jaringan.


sumber gambar

Setiap hari melakukan rutinitas yang sama pastinya membuat anak-anak merasa bosan, dan saat rasa bosan dan capek itu muncul sering kali juga muncul drama-drama kecil yang bisa membuat para orang tua stres dan kewalahan dalam menanganinya.

Begitupun dengan rutinitas sekolah online ini GanSis, sering muncul drama-drama anak sekolah online yang dikeluhkan oleh oara orang tua dan ternyata hampir dirasakan oleh semua orang tua yang anaknya belajar daring.

Mungkin Agan dan Sista juga merasakan drama-drama tersebut, dan beberapa drama di antaranya adalah sebagai berikut:


1. Drama Tugas Setumpuk
sumber gambar

Drama yang pertama berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru untuk murid yang harus dikerjakan dan dikumpul sesuai deadline yang telah ditentukan GanSis.
Ane pribadi mengalami hal ini, dimana anak-anak diberi tugas setumpuk untuk dikerjakan dalam waktu seminggu dan kemudian di setor di awal minggu dan kembali mendapat tugas untuk minggu berikutnya.

Anak siapa yang enggak capek?
Nampaknya tidak hanya anak-anak didik saja yqng capek GanSis, tapi orang tua yang membantu mengerjakan juga bingung karena tugas-tugas tersebut harus diselesaikan dan orang tua harus membantu mengerjakan materi yang sama sekali tidak dipahami.


2. Drama Susah Jaringan
sumber gambar

Jaringan internet adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan saat melakukan sistem pembelajaran dalam jaringan. Saat jaringan internet susah maka pembelajaran pun juga ikut terganggu.

Nah masalah ini juga bisa menjadi drama sehari-hari GanSis, saat anak-anak harus pertemuan daring dengan Zoom atau virtual bareng gurunya dan ternyata susah sinyal disinilah para orang tua akan kebingungan. Anak-anak akan merengek dan orang tua sibuk menjadi tower yang harus sigap mencari tempat dengan sumber sinyal internet yang lancar.


3. Drama Selisih Paham Anak dan Orang Tua


Ini sih juga menjadi drama yang paling sering dialami oleh orang tua dan anak saat masa belajar sistem daring GanSis.
Anak-anak dan orang tua lebih sering mengalami selisih paham karena pembelajaran online.

Orang tua lelah bekerja dan harus membantu anak mengerjakan tugas sekolah daring adalah salah satu alasan yang paling sering diungkapkan oleh oara orang tua, dan karena masalah ini banyak anak-anak dan orang tua yang mengalami pertengkaran kecil.

Salah satu video sekolah online yang menunjukkan rasa lelah anak mengerjakan tugas adalah di bawah ini!

Spoiler for Capek Tugas Online:


Melihat kondisi ini tentu harus menjadi pertimbangan banyak pihak ya GanSis, jangan sampai karena pembelajaran sistem daring hubungan orang tua dan anak jadi renggang.

Memang untuk saat ini sistem belajar tatap muka belum mungkin dilakukan karena masih tingginya kasus positif Covid-19. Namun solusi lain harus dipikirkan agar sistem pembelajaran benar-benar dapat efisien dan bisa mencerdaskan anak-anak.

Jangan sampai sekolah hanya menjadi sebuah istilah, karena anak-anak tidak mendapatkan ilmu apapun karena terkendala drama-drama yang dijalani setiap hari.

Atau mungkin Agan dan Sista ada solusi untuk keluhan-keluhan para siswa sekolah dating dan orang tuanya ini?
Bisa silakan berikan pendapat di bawah!




Oke GanSis itulah tadi sedikit bahasan tentang drama-drama sekolah daring yang dialami oleh anak-anak dan orang tua, mudah-mudahan dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Ingat untuk para orang tua, tetap sabar dalam membimbing anak karena sekolah daring masih menjadi pilihan terbaik di tengah situasi dan kondisi pandemi seperti saat ini.

Terima kasih untuk GanSis yang sudah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
zeze6986
nomorelies
seojoon
seojoon dan 11 lainnya memberi reputasi
12
4.4K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.