si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Tampil Dalam Demo Statis, Rusia Perkenalkan Drone Orion-E dan Rudal Anti Tank Vikhr
Dalam event kedirgantaraan MAKS 2021, Rusia banyak mengenalkan alutsista baru, yang paling banyak membetot perhatian adalah jet tempur stealth Su-75 Checkmate. Selain itu ada nama rudal Kh-95MKM yang termasuk barang baru juga.

Selain rudal dan jet tempur baru, di segmen drone ternyata Rusia juga mulai memperkenalkan produk baru. Drone yang dimaksud adalah "Orion-E".Dikutip dari southfront.org (20/07/2021), Orion-E dilengkapi dengan senjata baru, yang memungkinkannya untuk menghancurkan target darat yang diam dan bergerak, kendaraan lapis baja, serta pasukan darat.

Bicara soal senjata pada drone Orion-E, pada ajang MAKS 2021, Rusia mengenalkan rudal anti tank bernama "Vikhr" sebagai senjata bagi drone ini. Vikhr sendiri bukan rudal baru, rudal anti tank rancangan KBP Instrument Design Bureau ini sudah digunakan sejak era Uni Soviet pada tahun 1985. Vikhr punya bobot 45 kg, panjang 2,8 meter dan diameter 130 mm. Rudal ini menggunakan tenaga dari solid fuel rocket dengan pemandu laser beam riding, serta detonasi proximity dan impact. Rudal dan drone ini tampak tampil dalam demo statis pada ajang MAKS 2021.


Quote:



Dalam proses pengembangan rudal anti tank ini juga melibatkan salah satu manufaktur senjata terkemuka Rusia, yakni Kalashnikov Concern. Mereka melakukan peningkatkan terhadap rudal tersebut, agar bisa dipasangkan pada Orion-E. Peningkatan tersebut meliputi akurasi rudal pada peluncuran jarak pendek serta stabilitas penerbangannya. Seluruh upgrade yang dilakukan Kalashnikov tersebut tidak merubah karakteristik teknis dari rudal. Selain diintegrasikan pada drone, rudal anti tank Vikhr juga bisa dipasang pada helikopter serang Mi-28NE dan Mi-35P.

Bicara sola Vikhr, rudal dapat mencapai kecepatan 610 meter per detik pada ketinggian antara 10-4.000 meter. Untuk jangkauan tembaknya berada di rentang 800-10.000 meter. Jika dibandingkan dengan produk rudal anti tank milik rivalnya, yakni Amerika Serikat, maka lawan tanding Vikhr adalah AGM-114 Hellfire. Rudal anti tank tersebut dapat diluncurkan dari helikopter serang AH-64 Apache dan drone tempur MQ-9 Reaper.


Quote:



Orion-E dirancang sebagai drone tempur dengan spesifikasi MALE (Medium Altitude Long Endurance), pasalnya Orion-E sanggup terbang terus menerus selama 24 jam pada ketinggian maksimum 8.000 meter dengan jarak jelajah 250 km dalam mode Line of Sight (LoS).

Pada bagian bawah fuselage drone dilengkapi kubah yang berisi sensor electro-optical/infrared (EO/IR) dengan dua kamera thermal, wide angle TV camera, dan laser range finder/target designator. Kronshtadt sebagai perancang drone, menyebutkan bahwa tipe sensor bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Berikut ini sekilas spesifikasi dari Orion-3:


Quote:



Nah, demikian sedikit update berita dari ajang MAKS 2021 yang dilangsungkan di Rusia gan. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah referensi baru untuk agan-agan sekalian. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: 1.2.3.4
Ilustrasi Foto: indomiliter.com, Kromshtadt Technologies, Google Image, Twitter
Diubah oleh si.matamalaikat 30-07-2021 03:01
alfidangeremineminnamohri17
mohri17 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
5.5K
50
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.