Somad.MonyongAvatar border
TS
Somad.Monyong
Soal Sosok Akidi Tio yang Sumbang Rp 2 Triliun, Erwin Aksa: Nggak Kenal
Soal Sosok Akidi Tio yang Sumbang Rp 2 Triliun, Erwin Aksa: Nggak Kenal

Heboh terkait sumbangan Rp 2 trilun untuk penanganan Covid-19 dari keluarga pengusaha mendiang Akidi Tio masih mengemuka dan jadi soroton publik hingga kini. Fokus sorotan tertuju kepada sosok almarhum pengusaha Aceh tersebut.

Pasalnya, selain bukan nominal kecil dana hibah triliunan rupiah itu diberikan guna membantu penanganan virus corona di Tanah Air, khususnya di Sumatera Selatan (Sumsel).

Prof dr Hardi Darmawan, dokter keluarga Akidi Tio yang sudah mengabdi lama kepada keluarga mendiang, akhirnya membeberkan sosok ‘tuannya’. Menurutnya, ia adalah pengusaha di bidang perkebunan dan bangunan.

Pengusaha bangunan, traso. Ada usaha perkebunan juga, tapi itu urusan keluarga. Ini hanya kedekatan saya sama keluarga pasien,” terang Hardi saat dikonfirmasi wartawan soal sosok Akidi Tio, Selasa 27 Juli 2021.

Seperti dilansi dari detikcom, Rabu 28 Juli 2021, Hardi mengatakan sudah mengenal Akidi Tio sejak puluhan tahun lalu. Akidi wafat pada 2009 dan dimakamkan di Palembang.

Saya hubungan hanya antara dokter sama pasien saja. Tak ada hubungan lain, bisnis juga tidak ada, murni pasien dan dokternya yang sudah puluhan tahun kenal,” bebernya.

Hibah tersebut diterima Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri, disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Dandrem Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus.

Yang berhubungan dekat itu Pak Akidi saat masih hidup dengan Kapolda, anaknya juga kenal baik. Pak Akidi meninggal 2009 dan dimakamkan di Palembang, walau anaknya sukses di Jakarta, mereka tetap ingat Palembang,” imbuh Hardi.


Kendati begitu, sosok Akidi Tio tidak populer atau bahkan tak cukup dikenal pengusaha nasional. Saat wartawan menghubungi beberapa ketua asosiasi pengusaha nasional. Akan tetapi, mereka pun mengaku tidak mengenal sosok dermawan tersebut.

Mengingat bisnis Akidi terkait bangunan, maka wartawan menghubungi asosiasi pengusaha di sektor konstruksi, seperti mengonfirmasi Erwin Aksa guna ‘mengorek’ dan mencari tahu sosok Akidi Tio.

Kendati demikian, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa tidak mengenalnya.

Nggak kenal,” jawab Erwin Aksa melalui pesan singkat.

Sementara itu, Sekjen Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Andi Rukman N Karumpa, belum menjawab pertanyaan wartawan hingga berita diturunkan.

Selain itu, ada beberapa ketua asosiasi pengusaha lainnya mengaku juga tidak mengenal sosok Akidi Tio ini.

Bos Sido Muncul Irwan Hidayat juga mengaku tidak pernah mengenal Akidi. Kendati begitu, dia mengungkapkan kekaguman atas apa yang dilakukan oleh Akidi.

Hi!Pontianak kemudian juga melakukan penelusuran dan mendapatkan sedikit informasi tambahan. Salah satunya dari mantan Wali Kota Singkawang, Hasan Karman.

Hasan diketahui sempat bekerja di sejumlah perusahaan dan kerap berkunjung ke Sumatera. Dia mengaku kenal dan pernah bertemu langsung dengan Akidi Tio.

"Saya kenal dan pernah bertemu," ungkap Hasan kepada Hi!Pontianak. Menurutnya, Akidi punya sejumlah perusahaan di Sumatera, salah satunya bergerak di bidang perkebunan.


https://makassar.terkini.id/soal-sos...a-nggak-kenal/


Nah lo, pada ga kenal
Apakah to good to be true? Lagian sumbanganya berbentuk apa? Penyerahanya gimana?
Diubah oleh Somad.Monyong 28-07-2021 02:48
jiresh
emineminna
viniest
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
16
8.3K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.