evywahyuni
TS
evywahyuni 
Kurang Digemarinya Lagu Anak-anak Jaman Now, Butuh Metode Privasi Automatis
Memperkenalkan Lagu Anak-Anak Tanpa Membuat Jenuh

Hai ... haiemoticon-Hai

Salam sejahtera untuk kita semua, kembali bertemu kita dalam bahasan threadyang mengulas kurang trend-nya lagu anak-anak di masa kini. Bagaimana alur dan kondisinya, lagu anak-anak bukan lagi komoditi utama anak-anak dalam memilih jenis lagu yang digemari di play list teratas memori mereka.

Ada apa sebenarnya? Kenapa fenomena ini menjadi salah satu tema yang patut kita jabarkan? Akankah kelak lagu anak-anak kembali memenuhi takdirnya naik di posisi rank teratas? Bisa saja itu mudah dilakukan, tetapi bisa saja lagu anak-anak kesukaan kita tempo dulu malah akan semakin tergerus jaman dan malah menghilang, mungkin?

Agan dan Sista hapal lagu anak-anak ada berapa? Mungkin hapal semua lagu anak di jaman kita masih sekolah, di mana kondisi offline dan online belum berlaku pasang surut.


Mungkin saja semua masih terngiang-ngiang di kala kita sedang melihat seekor cicak di dinding? Apakah Agan dan Sista auto menyanyikan lagu "Cicak-cicak Di Dinding"?

Apakah ketika sedang berada di stasiun kereta api, tentu Agan dan Sista melihat kereta api melaju atau sedang antri di peron menunggu jadwal keberangkatan, apakah Agan dan Sista auto teringat dan tetiba bersenandung lagu "Naik Kereta Api"?


Ini hanya penjabaran kecil tentang maksud saya mengulas tema COC kali ini. Dikarenakan sudah tidak beredarnya lagi lagu anak-anak yang padahal mudah dihapal dan diingat, maka kita sebaiknya berperan penting untuk kembali mengenalkan lagu anak-anak kepada mereka, apakah mereka ini anak kita sendiri, ponakan, anak tetangga, atau mungkin anak didik kita sendiri.

Semua kebiasaan ini akan mudah jika sering diterapkan dan dilakukan berulang dalam kehidupan sehari-hari ketika kita sedang bersama mereka, memperkenalkan lagu anak-anak yang iramanya menarik dan mudah diadaptasikan bisa menbuat mereka kembali menggemari lagu anak-anak yang kita pilihkan sesuai kondisi.


Misal ketika hujan turun, kita yang berada di dekat anak, bisa auto menyanyikan lagu "Tik Tik Bunyi Hujan" maka mereka pasti akan mengikuti atau kita bisa meminta mereka mengikuti lagu yang sedang kita dendangkan. Bahkan bisa saja mereka menyanyikan lagu ini sambil main hujan-hujan2an.

Apalagi ketika sedang melakukan rekreasi outdoorbersama keluarga, ke puncak, ke taman, atau ke tempat-tempat wisata alam, atau ke kebun raya, tentu lagu "Lihat Kebunku", Naik-naik Ke Puncak Gunung" tentu bisa auto dinyanyikan bersama-sama.

Atau ketika anak-anak sedang berada di tempat yang ada air, apakah sedang bermain air, berenang, atau sedang melihat ikan di akuarium. Lagu "Diobok-obok" milik Joshua Suherman, bisa auto dinyanyikan sembari bermain bersama mereka.


Seperti contoh video di atas, itu juga sebuah metode pengenalan anak-anak terhadap lagu anak-anak dengan media yang ada di rumah, misal gitar. Mengiringi anak bernyanyi dengan dentingan petikan gitar pasti bisa menambah keakraban bersama buah hati juga bukan?

Sungguh sebuah metode sederhana untuk kembali menggiatkan anak-anak agar menggemari lagu anak-anak yang hampir terlupakan. Membaca threadini Agan dan Sista pasti punya gambaran lain mengenai metode pengenalan lagu anak-anak juga 'kan?

Mengapa lagu anak-anak pada generasi saat ini kurang digemari? Faktornya bisa saja berasal dari lingkup terkecil yaitu kehidupan rumah, di mana sang anak tumbuh dan berkembang tanpa mengetahui dan mengenali lagu anak-anak itu sendiri.

Apalagi sejak pemberlakuan sekolah secara daring mulai dari tahapan PAUD hingga sekolah dasar, selama 2 (tahun) belakangan ini, maka anak-anak secara mandiri telah lebih akrab dengan benda tekhnologi canggih berupa gadget di mana segala jenis permainan dan tayangan tersaji sehingga mereka lebih mengenal dan menghapal lagu-lagu yang bukan menjadi genre usia mereka.

Sungguh miris jika tidak ada solusi untuk kembali menggiatkan minat anak terhadap lagu anak-anak, apakah kita tetap membiarkan fenomena ini terjadi atau ada solusi yang lebih baik dari metode yang saya ulas dalam thread ini?

Sampai jumpa di pembahasan thread opini saya lainnya, wassalam.


Ayokitakemanaaaardianmanapa
ardianmanapa dan Ayokitakemanaaa memberi reputasi
2
866
8
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Allvariant Music on Kaskus (ASIK.IN)
Allvariant Music on Kaskus (ASIK.IN)
315Thread2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.