News
Batal
KATEGORI
link has been copied
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610142ba59abc12f7552524d/terungkap-uang-rp-2-triliun-ternyata-tabungan-akidi-tio-semasa-hidup
Keluarga almarhum Akidi Tio menyumbangkan uang sebesar Rp 2 triliun untuk pengananan Covid-19 di Sumatera Selatan. Tindakan murah hati itu mendapat perhatian cukup luas dari masyarakat. Apalagi jumlah uang yang disumbangkan sangat besar. Rudi Sutadi, menantu Akidi Tio yang tinggal di Kecamatan Ilir Timur 1, Palembang, Sumatera Selatan, mengatakan bahwa uang itu merupakan tabungan dari Ayah mertuan
Lapor Hansip
28-07-2021 18:42

Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup

Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup

Keluarga almarhum Akidi Tio menyumbangkan uang sebesar Rp 2 triliun untuk pengananan Covid-19 di Sumatera Selatan. Tindakan murah hati itu mendapat perhatian cukup luas dari masyarakat.

Apalagi jumlah uang yang disumbangkan sangat besar. Rudi Sutadi, menantu Akidi Tio yang tinggal di Kecamatan Ilir Timur 1, Palembang, Sumatera Selatan, mengatakan bahwa uang itu merupakan tabungan dari Ayah mertuanya semasa hidup.

Sebelum meninggal pada 2009 lalu, Akidi sempat berpesan kepada anak dan menantunya agar menyalurkan dana yang ia kumpulkan tersebut ketika dalam keadaan sulit, sehingga bisa membantu warga yang membutuhkan.


"Jadi uang itu sebetulnya bukan kami yang kumpulkan. Uang itu Bapak kumpulkan sendiri dan minta kami salurkan saat kondisi sulit, agar membantu warga, sehingga wasiat tersebut kami jalankan," kata Rudi saat berada di kediamannya, Rabu (28/7/2021).

Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup

Penyaluran dana Rp 2 triliun untuk Palembang sendiri, menurut Rudi, adalah permintaan dari Akidi. Meskipun berasal dari Aceh, pengusaha sukses yang bergerak di bidang kontraktor dan perkebunan sawit itu telah lama menetap di Kota Palembang, sehingga memiliki keterikatan emosional yang kuat.


"Wasiat itu memang lama belum kami berikan, karena menunggu momen yang dikehendaki oleh Bapak. Bapak berpesan agar uang ini dikeluarkan ketika kondisi benar-benar sulit untuk membantu warga. Kebetulan sekarang dalam masa pandemi, sehingga kami keluarkan," ujar Rudi.

Menurut Rudi, keluarga besar almarhum Akidi Tio tak ingin terlalu terekspose oleh media, karena memberikan bantuan itu secara ikhlas tanpa pamrih.


Mereka berharap bantuan yang menjadi wasiat Akidi dapat tersalurkan dengan baik. "Biarlah ini menjadi kebaikan Pak Akidi, kami tidak minta syarat apapun. Seluruhnya diserahkan ke pihak terkait untuk mengelola dana itu," kata dia.

Fauzi, ketua RT setempat juga terkejut saat tahu bahwa penyumbang bantuan penanganan Covid-19 itu adalah warganya.

Selama ini, mereka hanya mengenal sosok Rudi yang merupakan menantu dari Akidi. "Kalau Pak Akidi kami kurang tahu, tetapi kalau menantunya memang benar warga sini. Rudi ini orangnya terbuka dan memang baik. Saya juga kaget rupanya warga sini," kata Fauzi.

Dengan adanya bantuan tersebut, Fauzi berharap agar penanganan Covid-19 dapat berjalan dengan baik, sehingga masa pandemi bisa berakhir.

Al Akidah


Terpaksa ana bersama para Kaskuser sobat missqueen illiterate sedino mangan sedino ora membahas uang triliunan yg melihat duit segitu seurip2 saja kagak pernah

Dulu orang Tionghoa yg kuno jadul kalau ada rezeki selalu beli emas, pernah ana dengar 1 encek tua sesumbar kalao kuat ngangkat emas miliknya boleh bawa pulang tapi harus tangan kosong, itu artinya kalau hrg emas naik ya cuan ora umum

Sekarang mungkin ada yg sdng menduga2 apakah uang itu hasil bisnis kagak halal dan menyumbang untuk money laundring, For God Sake.. memangnya donasi bisa kembali modal kok pake cuci uang segala

Nah sekarang mari kitak semuwa kembali ke hidup nyata yg penuh penderitaan ini sambil masak indomie untuk dinner ya akhi

Subhanallah

emoticon-Christmasemoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Imlekemoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4l3x4ndr4 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 18:50
Bagai menabur garam ke laut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kkunyuk dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 18:57
menunggu aksi dari pengusaha palestina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madL99 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 18:59
cool emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kkunyuk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:19
ini kenapa sih ada lagi trhead positif dr tapir chinak ??? emoticon-Mad

bentar lagi juga palestina bakalan nyumbang 100rb trilliunnnnnnnn......ente TS gak usah lagi ya bikin thread begininan emoticon-Marah

karena kalo sudah turun bantuan dari palestina...disitulah kadrooon akan coliihhh massalllll emoticon-Mad


pahammm ente emoticon-Metal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lingga489 dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:21
percuma duit banyak tapi kafir

kerak nerakaa emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lingga489 dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:21
Berbagi tanda mampu dan peduli
Nyinyir tanda tak mampu dan egois
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
profile-picture
Kkunyuk memberi reputasi
1 0
1
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:22

Terlepas itu duit kurang yakin gimana ngelola nya setelah disumbangin, salut banget buat pak akidi tio. Semoga uangny benar2 cair

Rata2 orang yg mau meninggal wasiatnya gitu sih, minta banyak sedekah dari tabungannya

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
Kkunyuk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:29
Nyati duit capek2 sampe triliunan, duitnya disumbangin
Ada kepala daerah, rakyatnya mayoritas miskin, malah bangun stadion 8 triliun buat klub sampah

Dunia memang sudah gila
profile-picture
profile-picture
antiketek dan Kkunyuk memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:30
*BANTUAN 2T*
28 July 2021
Oleh : Dahlan Iskan

BUKAN main. Hanya itu yang bisa saya tulis. Kok ada orang menyumbang uang Rp 2 triliun. Orangnya tidak pernah dikenal. Sudah lama pula meninggal dunia.

Saya harus menghubungi Prof Dr dr Hardi Darmawan. Saya tidak punya nomor telepon beliau. Tapi saya kenal dengan kakak beliau. Yang sejak sebelum pandemi tinggal di Singapura.

Saya hubungi sang kakak. Saya pun mendapat nomor telepon Prof Hardi. Saya kirim WA ke beliau. Lalu Prof Hardi yang menelepon saya kemarin sore. Awalnya beliau saya ajak bicara dalam bahasa Mandarin. Tapi Prof Hardi mengatakan tidak bisa berbahasa ibunya itu. Maka kami pun menggunakan bahasa Indonesia.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri dan Prof Dr dr Hardi Darmawan.

"Sumbangan itu betul ya, Prof? Kok fantastis sekali," kata saya.
"Betul. Saya kenal baik keluarga itu," jawab beliau.

Prof Hardi lantas bercerita. Tiga hari lalu beliau dihubungi putri pengusaha itu. "Saya diminta ikut menyaksikan," ujar Prof Hardi.

Prof Dr dr Hardi Darmawan adalah guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang. Juga aktivis di gereja Katolik Palembang. Termasuk menjadi pendiri lembaga pendidikan Katolik Caritas. Bahkan pernah mendapat penghargaan dari Sri Paus.

"Resminya bantuan itu nanti untuk kapolda, gubernur, atau Pemprov Sumsel?" tanya saya.

"Ke Kapolda Sumsel Pak Eko Indra Heri," ujar Prof Hardi.

"Siapa yang menentukan bahwa bantuan itu untuk kapolda Sumsel? Apakah atas arahan Prof Hardi?" tanya saya lagi.

"Bukan arahan saya. Itu langsung keinginan keluarga. Untuk diberikan ke kapolda," jawab Prof Hardi.

"Bantuan itu nanti bentuknya uang kontan, cek, atau transfer? Atau berbentuk bantuan bahan makanan?"

“Bentuknya uang. Akan ditransfer besok," jawab Prof Hardi kemarin sore. Berarti hari ini.

"Apakah boleh ditransfer ke rekening Polda? Juga apakah boleh dikirim ke rekening pribadi kapolda?" tanya saya sambil mengingatkan aturan yang ada.

“Masih diatur. Mungkin disiapkan rekening khusus."

Ya sudah.

Saya tidak ingin bertanya lebih lanjut tentang itu. Ada orang yang ingin menyumbangkan uang besar kok ditanya prosedur. Yang penting diterima dulu. Semoga yang menyumbang itu bisa menyaksikan dengan bahagia dari surga di atas sana.

Akidi Tio, pengusaha yang menyumbang Rp 2 triliun itu, meninggal tahun 2009 lalu. Saat itu Tio berusia 89 tahun. Berarti 101 tahun hari ini. Beliau meninggal akibat serangan jantung. Makamnya juga di Palembang.

Istri Tio sudah meninggal lebih dulu: tahun 2005. Juga di Palembang. Dalam usia 82 tahun. Mereka punya 7 orang anak. Hanya seorang, putri, yang masih tinggal di Palembang. Yang lain tinggal di Jakarta. "Semua jadi pengusaha sukses," ujar Prof Hardi.

Tio adalah pasien Prof Hardi. Istri Tio pasien istri Prof Hardi, yang juga seorang dokter. "Saya dan istri akrab dengan keluarga Pak Tio," ujar Prof Hardi.

Menurut Prof Hardi, keluarga Pak Tio sudah bersahabat dengan Kapolda Irjen Eko Indra Heri jauh ke masa belakang. Yakni ketika Eko masih perwira dan masih bertugas di Direskrim Polda Sumsel. Ketika Eko pindah tugas menjadi kapolres di Langsa, hubungan itu tetap akrab. Tio adalah orang Aceh. Ia lahir di Langsa, Aceh Timur. Salah satu adiknya punya pabrik di Langsa.

Saya pun menghubungi Bupati Aceh Timur Rocky Hasbalah Thaib. Siapa tahu kenal dengan keluarga Tio. "Beliau sudah lama meninggalkan Langsa. Kami tidak kenal di sini. Yang jelas di Langsa memang banyak penduduk Tionghoa sejak dulu," katanya.

Dilihat dari marganya (Tio), berarti Akidi dari suku Tiuchu. Di Palembang memang banyak juga suku Tiuchu. Laksamana Cheng Ho –dengan armadanya yang besar– cukup lama singgah di Palembang. Nama Palembang dalam bahasa Mandarin disebut Ju Gang (巨港) –pelabuhan besar. Sebagian armada Cheng Ho pilih menetap di Palembang –tidak meneruskan pelayaran ke Jawa dan kembali ke Tiongkok.

Prof Hardi sendiri lahir, besar, dan sekolah di Palembang. Pun gelar dokternya dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang. Setelah itu dr Hardi memperdalam ilmu penyakit tropik di Amerika Serikat. Yakni di New Orleans.

Prof Hardi ingat persis sosok Tio yang rendah hati. "Setiap datang ke tempat praktik saya selalu hanya mengenakan baju dan celana putih," ujarnya.

"Tapi mengapa semua teman saya yang Tionghoa di Palembang tidak mengenal Tio?" tanya saya.

Itu, katanya, karena Tio sangat rendah hati. Juga tidak mau menonjol. "Beliau banyak sekali menyumbang. Tapi selalu hanya atas nama hamba Tuhan," ujarnya.

Beliau, katanya, pernah punya pabrik kecap, pabrik mebel, kebun sawit, dan juga kontraktor bangunan.

Saya pun menghubungi teman lama. Nihil. "Saya tidak kenal nama itu sama sekali," jawab Alex Noerdin –dua kali menjadi Gubernur Sumsel yang sukses.

Lalu saya menghubungi seorang mantan menteri asal Palembang. Jawabnya sama.

Saya juga menghubungi lima orang pengusaha Tionghoa di sana. Tidak ada yang mengenal nama itu.

Saya hubungi juga seorang Tionghoa bermarga Tio. "Saya tidak tahu siapa beliau. Tapi sebagai sesama marga Tio saya ikut bangga," katanya.

Berarti pengusaha ini memang luar biasa rendah hatinya. Low profil high profit. Dan yang seperti itu banyak sekali di lingkungan masyarakat Tionghoa.

Saya punya banyak teman Tionghoa seperti itu. Sehari-hari hanya pakai sandal. Bajunya pun lusuh dan dari kain yang biasa-biasa saja. Namanya tidak pernah disebut di mana-mana. Tapi uangnya luar biasa banyaknya.

Saya malu kalau pakai baju bagus di depan mereka. (Dahlan Iskan)

Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup

Bata only!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kily89 dan 14 lainnya memberi reputasi
2 13
-11
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:33
untung kagak jatuh ke tangan cebong

bahaya bansos aja diembat apalagi duit 2 triliunemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
hawk dan Kkunyuk memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:35
@ hawk

Lah itu Dahlan Iskan jurnalis gaek masih tajam naluri wartawannya, kagak kyk jurnalis jaman now asal comot berita asal menjual dan bnyk view



emoticon-Inggris
profile-picture
madL99 memberi reputasi
1 0
1
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:36
ujung2nya diKorupsi

emoticon-Hammer2
profile-picture
Kkunyuk memberi reputasi
1 0
1
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:40
mana nih aksi donasi para ustadz tajir yg selama ini muncul di tv dan mengkafir2kan orang ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madL99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:46
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup

Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup

Bedanya encek Akidi sama generasi Sisca Kohl, encek Akidi makan ngirit sego jangan asem gerih supaya punya tabungan, syukurlah bisa berguna untuk sesama

Sisca Kohl juga kagak salah, yg liat videonya terhibur sukur2 pny motivasi kerja spy jadi orang berduit

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
radeneca dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:53
Apalah artinya menyumbang 2 triliun kalau nanti di akhirat masuk neraka akibat tidak beriman kepada Allah swt?

Sejahat2nya manusia tetap akan masuk surga apabila ia mati dalam keadaan muslim.

Lah ini ada orang2 goblok yg rela buang2 duit buat membantu sesama manusia tanpa pandang agama maupun ras, tapi tidak mau menyembah Tuhan yg benar seumur hidupnya.

emoticon-Cape d... (S)

Memang benar apa kata Al-Quran

  • (QS. 19:83)
    Tidakkah kamu lihat, bahwasanya Kami telah mengirim syaitan-syaitan itu kepada orang-orang kafir untuk menghasut mereka berbuat maksiat dengan sungguh-sungguh
Diubah oleh khobiruljannah2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
p1p1 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:58
Saran ana setelah semua soal donasi ini bisa lancar dan sudah terealisasi

Saat ini keluarga pak Akidi Tio sdh kadung jadi sorotan publik termasuk OJK, misalnya.. cuma misal.. masih ada usaha beliau2 yg kurang manajemen pajaknya, ajukan tax amnesty 2021 spy kagak jadi masalah di kemudian hari, ana yakin pemerintah akan merespons baik

Itu secara gak langsung juga melaksanakan amanah almarhum pak Akidi Tio yg ingin membantu sesama

emoticon-Imlek emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
devi.jon dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 19:59
ini baru dana abadi untuk bangsaemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
radeneca dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 20:20
Asttajjim emoticon-Kagets
0 0
0
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 20:37
Wahh.. Baru tau ane gan.. Nice info... emoticon-Salam Kenal

ya tapi gak gitu juga sih langsung diabisin 2 T.. kan bisa pelan2 bantu kondisi sulitnya..
0 0
0
Terungkap, Uang Rp 2 Triliun Ternyata Tabungan Akidi Tio Semasa Hidup
28-07-2021 20:45
Tajir melipiremoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia