serbaserbi.com
TS
serbaserbi.com
[Pertanyaan Random] Kenapa Emoji Berwarna Kuning?
HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Bagaimana kabarnya teman-teman semua? Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dilindungi dari wabah Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Aamiin.


Sumber: instagram (chef.gonzo)

Emoji sudah menjadi bagian penting dalam dunia internet. Selain lucu, emoji memudahkan kita untuk mengungkapkan perasaan virtual khususnya dalam arena pesan teks. Namun, pernah gak sih kalian bertanya-tanya kayak gini, "Kok emoji warnanya kuning? Kenapa gak hijau? Biru? Pink? Atau warna lain?"Pernah nggak? Kalau enggak, ya, wajar sih. Soalnya gak penting juga 'kan? Namun, kalau dipikir-pikir lagi, kayaknya menarik kalau kita bahas. Ya, sekadar memuaskan rasa ingin tahu. Ya nggak?

So, mari kita cari tahu, "Kenapa Emoji Berwarna Kuning?"


Sumber: dokpri

Sewaktu iOS mengeluarkan model emoji terbaru mereka, muncul beberapa kontroversi di kalangan Apple Haters--di mana emoji kuning yang iOS luncurkan dianggap rasis dan tidak netral digunakan oleh pengguna iOS yang heterogen dan multikultural. Memang ada apa sih? Jadi katanya, warna kuning pada emoji hanya merepresentasikan warna kulit orang Asia yang kuning cerah, sehingga tidak adil bagi orang Eropa yang berkulit putih dan orang Afrika dengan kulit gelap.

Ingat, itu katanya ya! Namun, apa betul iOS rasis?


Harvey Ball and his smiley || Sumber: di sini

Sebelum iOS, rupanya enam puluh satu tahun silam, Harvey Ball sudah mulai membuat emoji--lebih tepatnya The Iconic Smiley--dengan background kuning cerah. Ball adalah seorang desainer komersial, yang membuat smiley tersebut untuk perusahaan asuransi Massachusette. Boom! Smiley dan karyanya menjadi terkenal dan muncul di mana-mana. Di prangko, kaos, tas, dan stiker bemper. Orang-orang menggunakan smiley kuning tersebut dengan senang hati tanpa berpikir "Kuning itu rasis, Dude!"

Karena warna kuning dan smiley sudah melekat satu sama lain--sudah menjadi ikonik emotikon--maka pada tahun 90-an aplikasi instant massenger AOL--juga menjadikan kuning sebagai background 12 emoji pada aplikasi tersebut.

Lantas apa yang salah dengan yellow emoji pada iOS?

Tidak ada! Itu hanya sebuah konspirasi tanpa dasar yang diduga untuk menjatuhkan perusahaan perangkat lunak mevvah tersebut. Sekarang, tak hanya iOS; Android, Google, Microsoft, dan aplikasi sejenis lainnya juga menggunakan kuning untuk emoji-emoji mereka. Kuning hanya warna default yang tidak merepresentasikan ras mana pun! Emoji kuning netral! Orang mana pun bisa menggunakannya.

Lagi pula, sekarang jika kita ingin menggunakan emoji untuk mewakili ras atau warna kulit tertentu, keinginan itu sudah disediakan oleh perangkat emoji. Tinggal klik lama pada emoji tertentu, maka muncullah emoji serupa dengan berbagai warna kulit. Well, kita tinggal pilih sesuai dengan keinginan. Perlu diingat, pemilihan warna emoji tersebut juga tidak asal-asalan. Skin tone pada emoji dibuat berdasarkan skala pigmentasi atau respon kulit terhadap sinar matahari. Skala Fitzpatrick namanya, dikembangkan oleh Thomas B. Fitzpatrick, seorang profesor di Harvard Medical School pada tahun 70-an.

Berikut tipe emoji berdasarkan Skala Fitzpatrick.


(Berurutan) tipe emoji menurut Skala Fitzpatrick. Tipe I dan II digabung dalam satu emoji. || Sumber: emojipedia

TIPE I

Adalah emoji dengan skin tone putih pucat--berambut pirang atau merah; mata biru; bintik-bintik di wajah; terbakar di bawah sinar matahari; dan tidak pernah berubah cokelat.

TIPE II

Adalah emoji dengan skin tone kulit putih; rambut pirang/merah; mata biru/hijau/cokelat; biasanya terbakar di bawah sinar matahari; berubah menjadi cokelat minimal.

TIPE III

Adalah emoji dengan skin tone kuning langsat; rambut dan warna matanya beragam dan tidak terbatas; terbakar ringan bila di bawah sinar matahari; bisa menjadi cokelat merata.

TIPE IV

Adalah emoji dengan skin tone cokelat sedang, warna kulit Mediterania, mengalami tanning (penggelapan) bila di bawah sinar matahari, dan jarang terbakar.

TIPE V

Adalah emoji dengan skin tone cokelat tua; jenis kulit Paskah Tengah, jarang mengalami tanning dan jarang terbakar.

TIPE VI

Adalah emoji dengan skin tone cokelat tua sampai hitam; sangat berpigmen, mudah mengalami tanning dan tidak pernah terbakar oleh sinar matahari.

***

Jadi bagaimana? Apakah menurut kalian emoji kuning adalah rasism? Lagi pula alasan logis lainnya untuk memilih kuning sebagai default emoji adalah, karena kuning itu cerah, terang, sehingga bisa menunjukkan ekspresi emoji dengan jelas dan nyata.

Coba kalian bandingkan emoji dengan berbagai warna background di bawah ini! Mana yang paling jelas ekspresinya?


Sumber: dokpri

Tulis komentar kalian!

SEKIAN

A threat by : serbaserbi.com
Sumber: 1, 2, 3, 4

THANKS FOR READING

emoticon-Cendol Gan


Diubah oleh serbaserbi.com 28-07-2021 14:56
a.w.a.w.a.wAriia.13eno.niken
eno.niken dan 33 lainnya memberi reputasi
34
7.1K
79
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.