• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Bangga Punya Barang Brand Dari Luar Kalau TKDN Lebih Dominan!!

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Jangan Bangga Punya Barang Brand Dari Luar Kalau TKDN Lebih Dominan!!




Di Indonesia itu terkadang gengsi masih nomor satu, maka tak heran produk luar sering dipuja-puja dibandingkan produk lokal. Tak ada yang salah juga, selama punya uang silahkan membeli produk impor.

Apalagi saat ini harga impor dari Tiongkok bisa lebih murah dibandingkan produk dalam negeri, tak heran untuk mendapatkan keuntungan tinggi pengusaha lebih banyak membeli produk impor jadi lalu dijual ke konsumen.





Disini pemerintah mulai berfikir untuk memberlakukan TKDN untuk brand luar yang ingin resmi menjual produknya di Indonesia. Masih bingung dengan TKDN (tingkat komponen dalam negeri) jadi maksudnya ialah persentase komponen produksi yang dibuat di Indonesia pada suatu produk barang dan jasa atau gabungan antara barang dan jasa.

Pemerintah tidak ingin loss control barang impor, yang akibatnya akan mematikan produksi dari bahan lokal. Walau ada beberapa komponen yang dibuat di luar dan memang harus impor, namun pemerintah tidak ingin semua komponen produksi dari bahan impor maka disitulah peran TKDN bermain.





Bahkan pemerintah mewajibkan dimana semua kegiatan produksi di Indonesia, terutama untuk perusahaan berskala nasional dan internasional harus mengikuti aturan dari tkdn tersebut.

Pemerintah menunjuk lembaga surveyor yang nantinya akan menilai serta memverifikasi, dimana perusahaan itu lolos sertifikat TKDN salah satunya adalah PT Sucofindo.





Bahkan untuk melanggengkan TKDN maka dibuatlah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri, Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Quote:






Nah, jadi sederhananya gini Indonesia menjadi pasar potensial untuk brand asing menjual produknya, kalau tidak ada TKDN maka uang dari Indonesia akan langsung mengalir ke luar negeri.

Bila ada TKDN maka otomatis produsen akan investasi di Indonesia, contoh harrdware suatu produk elektronik. Vendor harus membangun fasilitas produksi hardware tersebut di Indonesia, atau bekerjasama dengan industri (manufaktur) yang sudah ada di Indonesia. Lalu softwarenya dipersilahkan untuk complete build unit (CBU) dari luar negeri.



Semakin banyak barang yang diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal, maka dapat dipastikan barang tersebut bisa disebut made in Indonesia. Seperti produsen sepatu Nike di Indonesia adalah PT Adis Dimension Footwear, tentu kualitas sudah ditentukan oleh pemegang merek dengan Manufacturing Index Score.

Jadi walau Nike punya banyak pabrik diberbagai negara lewat Manufacturing Index Score tadi akan menentukan kualitas suatu barang, saingan terberat Nike Indonesia adalah Vietnam dan China. Tak heran Nike Indonesia dominan untuk Ekspor ke luar negeri.



Menarik kalau ternyata kamu beli barang di luar negeri, tentunya bangga bukan beli produk dari luar tapi ternyata banyak produk di luar itu buatan asal Indonesia. Bahkan merek-merek ternama yang dijual di Indonesia juga dijegal oleh TKDN.

Seperti AHM, yang menelurkan Honda Beat dengan kandungan lokal 98,8% dimana basis produksi mereka pabriknya berada di AHM Cikarang. Tentunya mereka bekerja sama dengan 1.180 supplier produsen komponen lokal bahkan melibatkan 76 ribu karyawan. Menariknya AHM mengkespor produknya mulai dari disc brake, rear cushion, fuel pump, light assy head, body assy, piston, dan komponen lainnya ke ASEAN, Asia, Eropa, hingga Amerika.



Jadi barang yang kita punya saat ini walau bermerek asing tetap saja ada kandungan lokal di dalamnya. Maka jangan heran harga barang yang dibeli terkadang bisa lebih murah dari barang serupa di negara luar, karena memang di ekspor dari Indonesia.

Tapi kenapa ya barang produk Cina walau impor sekalipun bisa lebih murah dari produk Indonesia?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








Diubah oleh c4punk1950... 28-07-2021 08:22
EriksaRizkiMhammyhamzzmohri17
mohri17 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7K
120
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.