si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Anti Flash Gear - Mari Mengenal Perlengkapan yang Dipakai Oleh Kru Kapal Perang
Dalam video serta foto kegiatan latihan menembakkan rudal oleh awak kapal permukaan TNI AL maupun Angkatan Laut negara lain, terlihat para awak tersebut memakai penutup wajah dan sarung tangan. Mungkin ada agan dan sista yang pernah melihat apa yang ane maksud tersebut ? Bagi yang belum pernah melihat silakan cek foto dan video di bawah ini.




Awak kapal perang TNI AL memakai penutup wajah saat uji coba penembakan rudal C-705 dari KRI Clurit dan KRI Kujang.


Foto: Tangkapan Layar Cahnnel Youtube TNI Angkatan Laut



Spoiler for Coba Tonton Dulu Videonya, Gak Lama Kok:



Setelah agan dan sista melihat foto dan video di atas, mungkin kalian akan bertanya-tanya. Untuk apa para awak kapal tersebut memakai penutup wajah dan sarung tangan ?FYI mereka sudah memakai perlengkapan tersebut sebelum wabah pandemi gan sist, mereka memakai penutup wajah dan sarung tangan bukan karena menerapkan protokol kesehatan Covid-19 emoticon-Big Grin

Nama perlengkapan yang dipakai oleh awak kapal tersebut bernama Anti Flash Gear. Atau bisa disebut sebagai "Flash Gear". Fungsi utamanya adalah untuk melindungi pemakainya dari panas atau kobaran api jika terjadi ledakan. Flash Gear awak kapal perang terdiri dari "penutup kepala" yang disebut sebagai "Hood" serta "sarung tangan" yang disebut sebagai "Gloves".



Penutup wajah yang dipakai awak kapal perang disebut sebagai "hood".

Ilustrasi: silvermans.co.uk




Sementara sarung tangan yang dipakai awak kapal perang disebut sebgai "gloves".

Ilustrasi: southcombe.com



Perlengkapan ini dipakai dalam kondisi "siaga tempur", di mana serangan dari kapal perang musuh bisa menimbulkan ledakan atau kebakaran pada kapal.Contoh pemakaian "flash gear" baru-baru ini adalah saat kapal perang Inggris, yakni HMS Defender terlibat kontak dengan Sukhoi Su-24 Rusia di sekitar Laut Hitam. Waktu itu para awak kapal sudah bersiap memakai flash gear, ketika jet tempur Sukhoi Su-24 melintas dan menjatuhkan bom di sekitar kapal.

Selain dalam kondisi "siaga tempur", anti flash gear juga digunakan dalam uji coba penembakan rudal. Karena dalam uji ciba tersebut bisa saja terjadi malfungsi dan berakibat kebakaran pada kapal perang, sehingga awak kapal perang bersiap dengan memakai flash gear. Sehingga ketika terjadi kebakaran, luka bakar bisa diminimalkan.




Awak kapal perang memakai anti flash gear.

Foto: militermeter.com




Bahan Dasar Flash Gear Adalah Katun


Flash Gear terbuat dari bahan khusus anti api, yang banyak digunakan adalah "Nomex" produk buatan DuPont. Kain ini bahan dasarnya adalah katun, namun seperti yang kita tahu, katun mudah terbakar. Untuk merubah katun menjadi kain tahan api, maka ditambahkan molekul khusus bernama tetrakis phosphonium chloride.

Molekul tersebut kemudian dimasukkan ke dalam setiap serat katun, ketika terkena panas yang tinggi atau menyentuh api, molekul ini akan bereaksi. Kemudian serat-serat kain akan menebal dan mengalami reaksi karbonisasi. Penebalan ini memberikan insulasi panas yang lebih dan proses karbonisasi menyerap banyak panas dari api. Sehingga panas dari api yang mencapai kulit pemakainya, berkurang sangat banyak. Reaksi ini juga membuat kain tidak akan terbakar atau meleleh.




Uji coba pembakaran kain katun biasa dan Nomex. Katun masih terbakar, sementara Nomex sudah tidak terbakar.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Fire House Clothing Co./Youtube



Selain digunakan oleh kru kapal perang, kain tahan api seperti Nomex juga digunakan pada pakaian pilot pesawat tempur. Sekitar 90% bahan pakaian pilot pesawat tempur menggunakan Nomex. Selain itu Nomex juga digunakan pada pakaian pebalap, misalnya F1 dan Moto GP, serta juga digunakan oleh regu pemadam kebakaran. Pada pakaian regu pemadam kebakaran, Nomex digunakan sebagai lapisan paling dalam.




Kain tahan api digunakan pada pakaian pilot jet tempur.

Foto: aircraftgirls.tumblr.com




Kain anti api juga digunakan pada pakaian pebalap.

Foto: fim-women.com




Kain anti api ini juga digunakan pada pakaian regu pemadam.

Foto: i.stuff.co.nz




Anti flash gear yang digunakan personel kapal perang US Navy.

Foto: wikipedia.org



Nah, bagaimana gan sist ? Sudah paham kan mengenai fungsi flash gear ? Perlengkapan ini biasanya dipakai oleh personel awak kapal perang di permukaan, dengan ciri khas berupa penutup wajah dan sarung tangannya. Apakah agan dan sista pernah melihat perlengkapan ini sebelumnya ?

Demikian sedikit ulasan mengenai anti flash gear, semoga apa yang ane bagikan ini bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan baru untuk agan dan sista. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer


Spoiler for Uji Coba Pada Nomex dan Kain Katun Biasa:





Referensi Tulisan: 1.2.3
Ikustrasi Foto: Tangkapan Layar Youtube dan Google Image
Diubah oleh si.matamalaikat 26-07-2021 12:13
MasterSims
emineminna
asamboigan
asamboigan dan 22 lainnya memberi reputasi
23
5.1K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.