mx667
TS
mx667
Seberapa Penting Ngetik Cepat untuk Programmer?
Sebenarnya kemampuan ngetik cepat menurut saya perlu dimiliki untuk semua orang yang kerja di depan komputer yang berhubungan dengan ketik - mengetik. Selain membuat kinerja lebih efektif, tentu bos atau atasan akan lebih senang. Atau mungkin jika sedang bertemu dengan client dan dilihat oleh client, tentu itu akan membuat kesan yang lebih positif. Beda halnya kalau kita kerjanya disuruh ngetik tapi ngetik kita lambat, tentu itu akan membuat kesan yang agak jelek di depan client ataupun atasan.


unsplash.com


Lantas bagaimana dengan kemampuan mengetik dengan cepat bagi profesi programmer sendiri? Saya akan coba jawab menurut pandangan saya sendiri. Programmer itu kan identik dengan komputer, programmer pasti dianggap orang yang ngerti komputer dan udah terbiasa pegang komputer. Teman - teman pernah ngebayangin gak kalau ada seorang programmer yang ngetiknya lambat? Tentu itu akan jadi penilaian yang jelek bagi seorang programmer kalau ngetiknya lambat.

Dulu awalnya saya pikir semua programmer itu sudah pastinya ngetiknya cepat, tapi ternyata tidak. Saya pernah bertemu dengan seorang teman yang ngetiknya masih lambat padahal dia pengen jadi programmer. Hal ini bisa terjadi karena tidak semua orang punya backgroundatau latar belakang masa kecil yang sudah terbiasa pegang komputer. Biasanya orang yang ngetiknya cepat ya orang yang terbiasa atau sudah lama pegang komputer. Beda kasus kalau ada orang yang memang dari kecil gak pernah atau hampir gak pernah pegang komputer.

Lalu bagaimana mengatasinya? Tentu harus belajar mengetik dengan cepat. Belajarnya darimana? Nah mungkin sebagian teman - teman mikirnya, nanti kalau seseorang sudah jadi programmer dengan waktu yang cukup lama akan terbiasa dan kecepatan ngetiknya jadi cepat. Sayangnya saya kurang setuju dengan hal ini.

Perlu digaris bawahi ya teman - teman, bahwa ngoding itu bukan melulu soal ngetik code. Pengalaman saya yang sudah jadi programmer selama kurang lebih 8 bulan, ditambah dengan masa - masa belajar bikin project pribadi untuk melamar pekerjaan, kurang lebih sudah 1 tahun saya ngoding. Selama bikin - bikin aplikasi dan website, kebanyakan waktu saya sebenarnya dipakai untuk mikir. Mikirin apasih? Mikirin gimana sebuah fitur itu bisa berjalan, mikir gimana struktur database yang baik, mikir gimana cara menyelesaikan bug, kenapa bisa muncul error, apa yang salah.

Jadi kalau hanya mengandalkan pengalaman ngoding saja, menurut saya itu tidak bisa diandalkan untuk kita bisa memiliki kemampuan mengetik yang cepat. Harusnya kita belajar dulu untuk bisa mengetik dengan cepat, baru kita memutuskan untuk belajar ngoding, dan bekerja sebagai programmer.

Nah kalau saya sendiri kebetulan tidak pernah belajar yang namanya mengetik cepat, ataupun mengetik 10 jari. Tapi semasa sekolah SMK saya kerja sambil sekolah dengan menjadi tukang ketik. Pekerjaan tukang ketik ini tetap saya lanjutkan setelah saya lulus SMK sebagai pekerjaan sampingan. Sehingga bisa dibilang kurang lebih sudah 5 tahun saya jadi tukang ketik. Makanya gak heran sekarang saya punya kemampuan mengetik yang cukup cepat.


dewailmu.id


Bukan berarti saya menyuruh teman - teman untuk jadi tukang ketik dulu selama 5 tahun, tapi teman - teman bisa coba belajar mengetik 10 jari untuk bisa mengetik lebih cepat. Ada satu orang teman yang terkesima ketika melihat kemampuan mengetik saya yang sangat cepat, wkwk. Sehingga teman saya ini memutuskan untuk belajar mengetik dengan menggunakan 10 jari. Saya gak tau dia belajar darimana, mungkin browsing - browsing di Google tentang cara mengetik 10 jari. Tapi yang jelas saya sangat sering melihat dia belajar mengetik, dan saya sering mentertawakannya.

Setelah saya tanya dia itu awalnya mencoba membiasakan mengetik huruf - huruf dan karakter yang dapat dengan mudah dijangkau oleh jari - jari kita. Ada websitenya untuk belajar sejenis ini: https://www.typingstudy.com/id-indon...ian-3/lesson/1.


www.typingstudy.com


Setelah terbiasa atau menyelesaikan semua tantangan yang ada di website tersebut, teman saya ini sering mengetes dirinya sendiri dengan mengetik kata berbentuk bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia di website ini: https://10fastfingers.com/typing-test/english.


10fastfingers.com


Sekarang teman saya malah lebih jago ngetik daripada saya karena dia bisa mengetik dengan 10 jari, sedangkan saya meskipun bisa mengetik dengan cepat, tapi tidak menggunakan 10 jari.

Nah jadi itu dia seberapa penting kemampuan mengetik cepat untuk seorang programmer. Menurut saya sangat penting dan wajib. Selain membantu kita bekerja, tentunya juga akan meningkatkan nilai kita di depan atasan dan client.

Buat yang mau connect dengan saya bisa follow IG saya di:
https://www.instagram.com/anggakswr

Baca juga:
Cara Jadi Web Developer OtodidakHT
Cara Lihat History di Terminal Lebih Mudah
Perbedaan Install Aplikasi di Linux Ubuntu dan Windows
Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi
Cara Import dan Export File .sql Lewat CMD / Terminal
Cara Install Node JS Terbaru di Ubuntu
Wajib Lakukan Ini Setelah Install Windows dan Ubuntu
Diubah oleh mx667 18-07-2021 10:27
makiinunalfidangerdelfatesting260
delfatesting260 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.4K
72
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer Forum
icon
20.2KThread4.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.