dodydrogba
TS
dodydrogba
Mengenal 8 Jajanan Asli Indonesia yang Bernama Unik, dari Tolpit hingga Kue Tete
Selain tempat wisata, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang mempunyai kuliner beragam. Tidak hanya itu, kuliner dalam bentuk jajanan seperti kue atau minuman itu juga mempunyai nama yang unik yang membuat pikiran kita bisa ke mana - mana. Namun walau namanya aneh dan unik, citarasanya tentu sangatlah enak, lezat dan berkualitas sehingga membuat banyak orang terus mencicipinya. Nah, berikut beberapa nama jajanan tersebut.

1. Tolpit



Dari Bantul, Yogyakarta, ada tolpit yang bikin netizen geger. Namanya seperti akronim dari anu kejepit dengan tampilan serupa anu yang membuat netizen tercengang. Tolpit sendiri juga dikenal sebagai Adren.

Tolpit dibuat dari tepung beras dan gula Jawa sebagai bahan utamanya. Bentuk tolpit tercipta karena penjual akan menggunakan teknik japit atau jepit saat menggoreng jajanan tradisional ini. Tolpit banyak ditemui di Pasar Kotagede, Pasar Bantul, dan banyak lainnya.

2. Plr Bedebu



Masih dengan nama unik, ada jajanan tradisional dari Kepulauan Seribu, Jakarta bernama plr bedebu. Kue ini sempat viral setelah diunggah di Twitter. Tampilan plr bedebu sekilas mirip klepon.

Plr bedebu berbahan utama ubi yang ditumbuk lalu dicampur tepung sagu. Di tengahnya lalu diisi gula merah dan dimasak dengan cara dikukus. Terakhir plr bedebu ditaburi parutan kelapa. Konon nama plr bedebu berawal dari candaan masyarakat karena kue ini lembek lalu ditaburi ampas kelapa.

3. Me2k



Jajanan tradisional yang bernama unik ini berasal dari Kabupaten Simeuleu, Aceh. Meski begitu, Cumi jadi incaran, bahkan sudah jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2019.

Me2k dibuat dari campuran beras ketan dan pisang. Bentuknya mirip bubur dengan aroma gurih sangit dari beras ketan yang sebelumnya disangrai. Arti Cumi sendiri adalah mengunyah-ngunyah atau menggigit. Dulu, nenek moyang masyarakat setempat sering mengunyah-ngunyah beras ketan yang dicampur pisang sehingga muncul istilah mame2k. Lambat laun, makanan tersebut disebut dengan me2k.

4. Es Dawet baik Kecabut



Meski namanya bikin dahi mengkerut, Purworejo punya es dawet yang jadi incaran. Namanya Es Dawet baik Kecabut yang merujuk pada singkatan lokasi tempat es dawet ini dijual. Tepatnya di Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh yang disingkat baik Kecabut.

Es dawet ini merupakan dawet hitam yang dijajakan Mbah Ahmad Dansri mulai tahun 1950-an. Warna hitam berasal dari jerami padi yang dibakar. Es dawet lalu diracik bersama santan, gula kelapa, dan es. Bisa juga ditambah tape ketan.

5. Kntl Sapi



Dari Cilegon ada jajanan baik sapi yang merupakan jajanan tradisional khas setempat. Tak ada unsur sapi dalam jajanan ini karena rasanya manis legit.

Kntl sapi dibuat dari bahan utama ketan, gula pasir, dan kelapa. Adonan ini lalu digoreng dan dilumuri cairan gula pasir sampai kental dan kering. Sayang keberadaan kntl sapi kini sudah terbilang langka.

6. Kue Tete



Punya nama asli kue ape atau serabi Jakarta, kue dengan bentuk bulat dengan bagian tengah yang 'munjung' ke atas ini biasa disebut dengan kue tete. Apakah tete yang dimaksutkan adalah payudara? Sebutan ini dimaksudkan karena mungkin bentuknya yang memang agak mirip dengan payudara.

Kue ape ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula dan santan dan dipadu dengan topping keju hingga meisjes. Rasanya manis dengan paduan rasa pandan yang nikmat. Penjual kue ape ini biasanya ada di pinggir-pinggir jalan ibu kota ata di jajakan dengan gerobak di depan sekolah dengan harga per satuannya Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

7. Mi Pentil



Berasal dari Bantul, Yogyakarta Anda bisa menikmati mi pentil. Mi yang terbuat dari tepung tapioka ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Minya berwarna putih dan kuning dan diolah dengan cara digoreng dengan campuran suwiran ayam, bakso, hingga telur. Meskipun begitu, nama pentil tidak ada kaitannya dengan payudara.

8. Nasi Kentut



Kata 'Kentut' berasal dari nama tanaman daun kentut yang punya nama lain sembukan. Disebut daun kentut karena daun ini memiliki aroma seperti kentut. Daun ini digunakan sebagai campuran nasi kemudian dibungkus dengan daun pisang saat dibakar, aromanya sangat khas.

Nasi kentut biasanya disajikan dengan beragam lauk enak seperti ayam goreng, ikan teri, sambal dan lalapan. Kuliner ini mempunyai harga biasanya sekitar Rp 15.000.

Sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/...nya-nama-jorok

https://food.detik.com/info-kuliner/...i-rasanya-enak
Diubah oleh dodydrogba 19-07-2021 22:01
red.wangyiRyuDan2255cheria021
cheria021 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
10K
65
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.