hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Benar atau Salah, PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 17 Agustus 2021?
podcast-episode


Pemerintah sudah memulai kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di area Pulau Jawa dan Bali. Kegiatan PPKM ini akan berlangsung mulai dari 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang. Tujuan dari pembatasan masyarakat tersebut untuk menekan laju penularan virus Covid-19 varian baru yang sangat cepat menyebar.

Namun, beberapa hari lalu beredar PPKM Darurat yang disebut akan diperpanjang hingga tanggal 17 Agustus 2021. Informasi tersebut beredar di media sosial Facebook, Twitter dan aplikasi berbagi pesan, WhatsApp.

Sejumlah akun Facebook seperti akun dengan nama Indra Salonn dan Nenk Rizky, mengunggah informasi tangkapan layar mengenai diperpanjangnya PPKM Darurat hingga 17 Agustus yang diklaim berasal dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tangkapan layar ini juga terpantau menyebar di aplikasi TikTok. Salah satunya diunggah oleh akun TikTok @ngash2408. Hingga kini postingan di akun tersebut telah dilihat lebih dari 1 juta kali dan disukai lebih dari 50 ribu pengguna.

Sumber Foto: Kompas.com

Lantas benarkah PPKM Darurat akan diperpanjang hingga 17 Agustus 2021?

PEMERIKSAAN FAKTA

Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait PPKM Darurat yang diperpanjang tersebut melalui situs Kompas.com.

Berdasarkan konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, informasi tersebut tidak benar. Juru Bicara Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Jodi Mahardi juga telah membantah informasi tersebut. Pihaknya menegaskan bahwa saat ini pemerintah masih sesuai dengan rencana awal di mana PPKM Darurat akan dilakukan dari tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Tujuan diberlakukannya PPKM ini agar dapat menurunkan kasus Covid sesuai harapan, untuk itu penting sekali menurunkan mobilitas masyarakat.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi juga menegaskan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar, saat dihubungi pada Minggu 11 Juli. Wiku juga mengingatkan agar masyarakat mengikuti informasi resmi yang disampaikan secara rutin oleh pemerintah terkait kebijakan PPKM Darurat.

Update : Informasi mengenai perpanjangan PPKM Darurat akan diumumkan pada hari ini, Senin (19/07) atau Selasa (20/07), karena sedang ditahap evaluasi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Minggu (18/07) yang dilansir dari Kompas.com

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya Gan, berdasarkan pemeriksaan fakta yang dilakukan Hansip Hoax menyatakan informasi PPKM yang diperpanjang hingga 17 Agustus 2021 tersebut merupakan informasi tidak benar alias Hoax.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.

podcast-episode


Diubah oleh hansiphoax 19-07-2021 04:47
anu.ku.l
MasterSims
ubingaskus
ubingaskus dan 21 lainnya memberi reputasi
22
8.1K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.