.r4hma.
TS
.r4hma.
Yamaha Byson Kenapa Tidak Laku?




Saingan Honda di kancah kendaraan roda dua di Indonesia hanya Yamaha yang masih tersisa selebihnya bisa kita anggap gugur masuk kotak, karena seperti Kawasaki mereka lebih segmentasinya ke motor balap.

Suzuki pun tak fokus ke pengembangan roda dua di tanah air, mereka tetap memberikan ayago sebagai perlawanan terhadap pasar Indonesia dimana matic semakin berjaya.



Lantas bagaimana dengan merk yang lain? Bajaj, Vespa bisa dibilang tak bisa betkutik dengan keperkasaan pabrikan Jepang.

Namun ketika kita melihat produk roda dua Jepang sangat perkasa dibandingkan produk lain, tapi sebenarnya ada beberapa produk mereka yang kurang disukai oleh pasar.

Seperti kita tahu Yamaha Byson di tahun 2010 motor itu sempat digemari anak muda yang ingin bergaya naked bike, apalagi melihat Vixion yang sangat disuka dimasanya.



Yamaha Byson yang mengusung mesin 150cc bisa dibilang modelnya diadopsi dari Yamaha India, tapi ketika mesin karbu berubah menjadi injection penjualan Byson semakin terpuruk.

Sepertinya injeksi memaksa kecepatan Byson seperti kena sunat, walau sebenarnya bisa saja diakali oleh para modifikator.

Namun kenapa Byson kurang diminati ini sebenarnya ke masalah selera dan harga jual kembali Byson yang murah. Kalau kita beli baru Byson memang variant termurah dari motor sejenis di pabrikan Yamaha baik itu Xabre, Vixion, MT-15.



Nah harganya yang murah tadi ketika dijual kembali setelah beberapa tahun pakai bisa bikin sesak nafas, contoh harga baru Byson tahun 2014 pada awalnya tembus di angka Rp 21 jutaan, namun 7 tahun berselang di tahun 2021 hanya dibandrol diangka Rp 7- 8 jutaan. Bandingkan dengan motor Vario 125 tahun 2014 barunya Rp 16,6 jutaan sekarang pasaran bekasnya masih Rp 8-9 jutaan.

Memang brand Garputala di pasar motor bekas tidak sejaya sayap terbang kalau untuk masalah harga bekas, tidak hanya Byson saudaranya sendiri Vixion juga mengalami koreksi harga yang tajam dari harga baru. Contohnya Vixion di tahun 2021 harga baru Rp 27,7 juta (OTR Jakarta). Kemudian bandingkan dengan harga bekasnya di tahun produksi 2017 yang tidak ada perubahan dari mesin dan body dengan yang sekarang, harga bekasnya dikisaran Rp 17 jutaan. Bisa lihat selisihnya bisa mencapai Rp 10 jutaan itu hanya dalam waktu dua tahun, disinilah sebagai buyer yang smart tidak memilih motor jenis ini kecuali memang untuk koleksi.



Kompetitornya Honda New Mega Pro juga mengalami nasib yang sama, kalau Vixion yang superior saja harganya tergerus tajam apalagi Byson? Maka tak heran buyer tak melirik Byson kecuali memang suka dengan motor laki harga murah.

Kejayaan motor Byson memang telah berakhir, padahal dahulu sempat dilirik para pecinta motor naked bike yang ingin FZ6 namun terkendala biaya.



Kalau menurutmu sendiri apa yang menyebabkan Byson tidak laku?

Narasi Pribadi
Sumber 1, 2, 3



Diubah oleh .r4hma. 15-07-2021 01:49
hammyhamzzkoi7davecchio
davecchio dan 19 lainnya memberi reputasi
20
18.2K
166
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.