Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
110
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f281742b235a60907e489f/ada-penampakan-cahaya-kelap-kelip-di-bulan-apakah-itu
Gansis pasti selalu bertanya mengenai bulan. Apasih pertanyaan paling populer tentang bulan?  kenapa bulan bukan planet?  apakah bulan memiliki atmosfer?  apakah bulan memiliki inti?  Tahukah gansis bahwa terdapat cahaya misterius muncul di permukaan bulan? Apakah sebenarnya itu?
Lapor Hansip
17-07-2021 14:06

Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
emoticon-Salam KenalHallo Gansisemoticon-Salam Kenal

Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?     
Gansis pasti selalu bertanya mengenai bulan. Apasih pertanyaan paling populer tentang bulan?  kenapa bulan bukan planet?  apakah bulan memiliki atmosfer?  apakah bulan memiliki inti?  Tahukahgansis bahwa terdapat cahaya misterius muncul di permukaan bulan? Apakah sebenarnya itu?

Ratusan dan ribuan astronom amatir sedang mengamati bulan malam itu lalu tiba-tiba ada cahaya terang di atasnya seolah-olah seseorang telah menyalakan lampu sorot yang kuat di permukaan.  para ilmuwan segera mulai mencari penjelasan atas fenomena ini. mereka pertama kali mengira itu hanya cahaya pesawat terbang yang terbang di antara pengamatan dan bulan, namun hal itu tidak mungkin karena banyak orang dari berbagai belahan dunia dapat menyaksikan fenomena tersebut pada saat yang sama.


Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?   
Jika satelit adalah penyebab kekacauan ini, suar tidak akan statis tetapi bergerak. Suar adalah salah satu bentuk piroteknik yang menghasilkan cahaya yang sangat terang atau panas tinggi tanpa menghasilkan ledakan. Suar digunakan untuk memberi tanda, penerangan dan alat pertahanan militer. Secara umum, Suar menghasilkan cahaya yang dihasilkan dari pembakaran logam magnesium. Sementara beberapa ilmuwan terus mencari jawaban atas misteri ini.  yang lain memutuskan untuk menyelidiki fenomena tersebut secara lebih rinci.

Untuk tujuan ini mereka telah membangun teleskop baru di utara seville spanyol kondisi di sana cukup cocok untuk mengamati bulan.  teleskop memiliki dua kamera yang dikendalikan dari jarak jauh, jika kedua kamera menangkap fenomena yang tidak biasa di permukaan bulan, maka pengamat akan dengan cepat memperbesar teleskop di sana untuk melihat apa yang terjadi. Ini juga memerlukan kecerdasan buatan tingkat lanjut untuk mengajari kamera  membedakan antara fenomena yang tidak dapat dijelaskan di bulan seperti cahaya pesawat terbang, satelit atau meteorit kecil yang baru saja memasuki atmosfer bumi.  Sementara teleskop sedang melakukan penyelidikannya,Beberapa ilmuwan sudah memiliki teori yang dapat menjelaskan penampakan kilatan bulat yang begitu terang di permukaan bulan.

Cekidot!!
 Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?  

Jadi bulan mempengaruhi pasang surut air laut dan samudra di bumi dengan gaya gravitasinya,tetapi bumi dapat mempengaruhi bulan dengan cara yang sama hanya gayanya akan menjadi 32 setengah kali lebih kuat.  ketika bulan mengorbit bumi pada satu titik sedekat mungkin dengan planet kita, maka gaya pasang surut dapat memaksa retakan antar permukaan di bulan untuk membuka dan melepaskan gas dari bagian dalamnya. Semburan gas yang kuat akan mengangkat debu bulan bersamanya. Lalu apa yang kita lihat sebagai kilatan terang melalui teleskop sebenarnya hanyalah kabut debu yang memantulkan sinar matahari dengan baik.

Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu? 
Jika Agan melihatnya dari kejauhan itu benar-benar terlihat seperti kilat namun kilatan itu berangsur-angsur memudar saat debu mengendap. Awalnya astronom berpikir telah terjadi ledakan kecil namun nyatanya bukan ledakan.


Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?

Selain kilatan bulan, banyak hal mistis dan aneh telah terjadi.  kembali pada tahun 1178 lima biksu mengaku telah melihat bulan berbentuk tanduk mulai terbelah dua dari titik atas, kemudian menimbulkanpercikan api dan api mulai berkobar dari tempat pemisahan seolah-olah seekor naga sedang memuntahkan api. Lalu saat berikutnya bulan mulai berdenyut dan kemudian kembali ke keadaan tenang, fenomena ini berulang lebih dari 10 kali dan nyala api mengambil bentuk yang berbeda setiap kali.  ketika mimpi buruk ini berakhir bulan berubah menjadi hitam.

 
Barulah pada abad ke-20 para ilmuwan mencoba menjelaskan fenomena tersebut, Mereka berteori bahwa asteroid besar bertabrakan dengan bulan pada saat itu dan asteroid inilah yang harus disalahkan karena telah menciptakan kawah selebar 15 jembatan brooklyn. Tetapi dalam kasus itu jutaan ton fragmen dari asteroid akan menghantam bumi juga dan kemudian orang-orang akan melihat hujan meteor yang luar biasa itu akan sangat cerah dan kenangannya pasti akan terjadi  di arsip tetapi itu tidak terjadi sekarang karena fenomena yang diamati para biksu tampaknya dipertanyakan, mungkin mereka memang melihat asteroid jatuh tapi jatuhnya di bumi itu sendiri dan mereka menganggap cahaya dari meteorit yang terbakar sebagai sesuatu yang mengerikan terjadi di bulan. Atau kemungkin  para biksu hanya membayangkan sesuatu karena tidak ada saksi untuk peristiwa ini selain mereka.


Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
Fenomena lain yang tidak biasa yaitu terjadi pada tanggal 13 mei 1972 terjadi tumbukan meteorit sebesar seribu ton TNT di dekat tempat apollo 14 mendarat. Kalau Agan udah lahir,  mungkin telah menyaksikan kilatan terang di permukaan bulan. Semua kawah di sana terbentuk oleh hantaman meteor dan banyak dari meteorit itu membawa air yang mengakibatkan terdapatnya air di bulan. Jatuhnya meteor di bulan itu sama aja kayak agan ngebayangin ada yang main kembang api di bulan, seru ya gan hehe..
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?      
Berbicara tentang air yang ada di bulan nih gan, ternyata NASA mengkonfirmasi fakta ini setelah studi menggunakan teleskop sofia yang dipasang di pesawat terbang, pengamatan dilakukan dari atmosfer atas bumi. Pada ketinggian tersebut udara kering memungkinkan teleskop dapat melihat detail benda terkecil sekalipun.  air mungkin ada di kawah terdapat di  kutub bulan, tempat-tempat ini belum pernah sekalipun terlihat cahaya dan airnya mungkin terbungkus es tetapi teleskop sofia menemukan air di permukaan bulan yang diterangi matahari.  Tentu saja hanya molekul H2O yang ada di sana tapi gan kalaupun agan ngumpulin itu air semua, kita hanya akan mendapatkan sangat sedikit air dibandingkan gurun sahara yang  memiliki sekitar 100 kali lebih banyak air daripada yang kita temukan di bulan.

Sebenarnya masih banyak fenomena-fenomena yang terjadi di bulan tapi segini dulu ya gansis pemaparannya.




     

TS Mohon maaf kalau ada salah kata. THX udah mampiremoticon-Shakehand2


Diubah oleh terlalurizky
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 14:12
kembali pada tahun 1178 lima biksu mengaku telah melihat bulan berbentuk tanduk mulai terbelah dua dari titik atas,
====

Jadi bulan pernah terbelah???
0 0
0
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 31 balasan
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 14:37
keduax
emoticon-Ngacir
profile-picture
terlalurizky memberi reputasi
1 0
1
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 14:45
ah elah
ini mah fenomena datang bulan
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 14:47
ah elah
ini mah fenomena datang bulan
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 14:57
Kirain nemu air di bulan airny bnyk, tauny buat mandi ane aja kurangemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
myoky memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 15:12
oh, itu bekas nyang dulu pernah terbelah bre..


Naruto bahkan mengakuinya...


emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
nurbagusl memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 16:04
Autoboots atau Decepticons.
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 16:09
Kita liat aja apa yg terjdi. Soalnya ntar cocokmologi pada seliweran
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 16:19
Semoga bukan Decepticon yg terdampar, emoticon-Ngacir
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 16:32
gak semua masuk akal tapi akal sering masuk
emoticon-Malu
Diubah oleh edysenpai
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 17:01
Alien lagi mengamati bumi
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 18:14
Ane tanya ama Emak-emak indociar itu katanya Alien
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 18:22
Ane sepertinya lihat tuh
profile-picture
terlalurizky memberi reputasi
1 0
1
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 18:29
Keren penjelasannya
Jdi ga sdkit sdikit tahayul emoticon-2 Jempol
profile-picture
terlalurizky memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 19:38
mungkin pesawat dari Cybertron crash landing di situ gan
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 19:43
"Cahaya bulan menemani aku" -- NETRAL
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 20:11
Itu mungkin anu.....pangkalan Decepticon.
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 21:17
Pasti alien

emoticon-Cool
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 21:20
Padahal saitama pas digebuk lord boros udah bisa mendarat di bulan
Udah gitu koro sensei pake kekuatan nya bisa bikin bulan ancur
0 0
0
Ada Penampakan cahaya Kelap-kelip di bulan!!! Apakah itu?
17-07-2021 23:01
pesawat antum bukan bre? emoticon-Bingung


@lupis.manis
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia