c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Jangan Membuang Ikan Peliharaan Ke Alam Liar




Siapa yang suka pelihara ikan? Pastinya buat kamu yang hobi dengan hewan air ini sangat banyak bukan, bahkan sudah tercipta komunitas-komunitas ekslusif terutama buat ikan-ikan tertentu.

Namun terkadang hewan ikan jenis-jenis tertentu dimana beratnya bisa mencapai beberapa kilo terutama hewan ikan predator akan menjadi masalah penghobi kedepannya. Ikan yang besar tentu membutuhkan pakan dan biaya yang banyak pula, terlebih ikan itu tidak dikonsumsi oleh pemiliknya.



Maka satu-satunya solusi kalau tidak dikasih ke orang lain, ya harus dimusnahkah alias dimatikan. Jangan sembarangan dilepaskan ke alam liar, apalagi bukan habitat tempat ikan itu berasal.

Walau ikan itu bukan jenis predator, sama saja karena akan merusak habitat yang sudah ada di alamnya. Terutama akan menjadikan ikan endemik di wilayah itupun punah, bisa saja menjadi konsumsi ikan yang dilepaskan, atau kalah bersaing dalam mencari makan oleh ikan yang dilepas liarkan oleh penghobi.



Seperti halnya yang terjadi di danau Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Para pemelihara ikan mas, merasa kewalahan mereka membuang ikan peliharaan mereka ke danau.

Hasilnya pertumbuhan ikan bisa lebih besar dari biasanya, dan ikan asli danau pun tersingkir dengan adanya ikan mas tersebut. Terlebih ikan mas ini beranak pinak di danau dan lebih mendominasi jumlahnya dibandingkan ikan endemik danau tersebut.

Apalagi ikan mas mampu hidup dengan oksigen yang tipis, bahkan dapat bertahan di cuaca yang cukup dingin. Efeknya air danau menjadi kotor karena banyak ikan mas di danau tersebut, karena sangat mudah berkembang biak dan survive di dalam banyak kondisi.



Maka melihat adanya ketidak seimbangan ekosistem otoritas margasatwa di Virginia memberikan larangan agar jangan melepas liarkan hewan peliharaan ke danau, di Indonesia sendiri pernah ada ikan predator Arapaima yang dibuang di sungai brantas.

Hasilnya ikan tersebut pun diburu karena meresahkan habitat alaminya, terutama untuk ikan yang asli dari sungai tersebut. Arapaima sendiri merupakan ikan predator di sungai amazone, bila di lepas liarkan disini akan menjadi masalah bagi hewan alami sungai itu sendiri.



Bagaimana kamu masih suka pelihara ikan untuk hobi, pastikan kalau tak sanggup lagi memberikan pakan silahkan di lepas liarkan ke alam aslinya jangan sembarangan lepas di alam liar ya gan.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh c4punk1950... 16-07-2021 02:31
jamilhebat
jacknife21
jiresh
jiresh dan 47 lainnya memberi reputasi
48
15.3K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.