ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Laut kebakaran. Fenomena macam apa ini?


Sudah sepuluh hari lamanya sejak insiden kebocoran gas bawah laut di Meksiko. Kebocoran itu memicu kebakaran dari dasar laut yang menyerupai lelehan magma dan disebut sebagai 'mata api' karna bentuknya yang mirip dengan lingkaran. Butuh 5 jam penuh agar api tersebut benar-benar padam.

Tapi kejadian itu membuat saya bertanya-tanya, bagaimana caranya api bisa menyala dari dasar laut? Bukannya air akan memadamkan api? Atau apinya terlalu sakti sampai-sampai air bukan tandingannya?

Normalnya air memang memadamkan api namun api dengan suhu yang lebih tinggi sanggup menguapkan air dalam jumlah tertentu. Meski demikian ada lo fenomen air dan api yang berdampingan tanpa saling membunuh satu sama lain.

Fenomena api menyala di bawah laut sebenarnya sudah terjadi sejak lama sekali dan termasuk salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh gunung berapi di dasar laut. Karna jumlah gunung berapi di dasar laut lebih banyak dibanding di darat maka fenomena ini bisa ditemukan di seluruh lautan.



Lahar yang mengalir dari dasar bumi membuat lautan memanas namun tidak menguapkannya sedangkan jutaan kubik air laut tak mampu memadamkan lahar tersebut. Meski demikian pada akhirnya lahar tersebut akan padam kok. Fenomena ini adalah fenomena alami yang mencoba untuk membentuk lempeng lautan baru. Lahar tersebut memang tampak menyala abadi namun itu disebabkan oleh lahar baru yang terus keluar menggantikan yang lama.

Sedangkan untuk fenomena kebakaran di dalam laut terjadi hanya di permukaan laut saja, misalnya saat laut tercemar oleh minyak dan memicu api. Bisa juga terjadi saat ada kapal yang kebakaran dan fenomena seperti ini akan selesai saat seluruh bagian kapal jatuh ke laut atau saat tak ada lagi yang bisa dibakar.



Memang aneh sih rasanya saat melihat air yang seharusnya memadamkan api malah berdiri bersebelahan dengan api. Semua ini hanyalah fenomena alam yang belum sepenuhnya teruji dan nyaris bisa disebut keajaiban. Meski demikian segala hal bisa hidup berdampingan satu sama lain layaknya yin-yang. Berbeda tak selalu berarti bermusuhan. Seperti itulah hukum alam.

Nah, pertanyaan terakhir, bagaimana caranya api di spongebobs bisa menyala?

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.



sumursumur
Diubah oleh ih.sul 15-07-2021 01:53
kucing.bingung
RonBrot
jiresh
jiresh dan 34 lainnya memberi reputasi
35
8.4K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.