peteradis
TS
peteradis
5 Kota dengan Klub Sepak Bola Terbanyak di Dunia

Sepak bola menjadi olahraga paling populer sejagat

Sepak bola telah menjadi olahraga paling populer sejagat saat ini. Menurut perkiraan FIFA, sejak pergantian abad 21 lalu, terdapat sekitar 250 juta pemain sepak bola dan lebih dari 1,3 milyar orang tertarik pada sepak bola. Sepak bola digemari oleh berbagai kalangan karena tergolong mudah dimainkan dimana saja dengan peralatan yang sederhana.

Sepak bola bahkan disebutkan sudah dimainkan sejak sebelum masehi. Pada 800 sebelum masehi, Yunani telah menjadikan sepak bola sebagai latihan fisik prajurit kerajaan. China juga sudah memainkan sepak bola sejak 255-206 sebelum masehi dengan bola yang terbuat dari kulit. Namun, sepak bola modern seperti yang kita kenal saat ini mulai dipopulerkan di Inggris pada abad ke-19.

Sepak bola adalah olahraga tim, oleh karena itu biasanya dibentuklah tim atau klub sebagai sarana untuk memainkan olahraga tersebut. Saat ini ada ribuan klub sepak bola yang ada di seluruh dunia, baik yang profesional maupun amatir. Di thread ini, ane akan bahas lima kota yang memiliki klub sepak bola terbanyak di dunia. Semoga thread ini menambah wawasan kita semua, khususnya penggemar sepak bola.

1. London
London merupakan ibukota Inggris dan Britania Raya. Selain itu, London juga bisa dianggap sebagai ibukota sepak bola dunia, sebab sepak bola sangat populer disana. Popularitas sepak bola di London ditunjukkan dengan banyaknya jumlah peserta atau pihak yang terlibat secara langsung dalam olahraga ini maupun jumlah penonton atau penikmat sepak bola yang ada disana.


London, kota dengan klub sepak bola terbanyak di dunia

London menjadi rumah bagi 13 klub profesional yang bermain di berbagai level kompetisi mulai dari English Premier League, English Football League (EFL) Championship, EFL League 1, EFL League 2, hingga National League (kasta kelima sepak bola Inggris). Di bawah ini adalah daftar nama klub profesional berbasis di London berdasarkan kompetisi mereka per musim 2021-2022.

English Premier League: Arsenal, Brentford, Chelsea, Crystal Palace, Tottenham Hotspur, West Ham United.

EFL Championship: Fulham, Millwall, Queens Park Rangers.

EFL League One: AFC Wimbledon, Charlton Athletic.

EFL League Two: Leyton Orient, Sutton United.

National League: Dagenham & Redbridge.


Peta sejumlah klub sepak bola di London

Selain 13 klub profesional di atas, London juga memiliki puluhan klub semi-profesional dan ratusan klub amatir. Seluruh klub yang berada di London diregulasi oleh London Football Association, Middlesex County Football Association, Surrey County Football Association, dan Amateur Football Alliance. Sebagian besar klub di London diberi nama berdasarkan distrik dimana bermain atau harus bermain dan memiliki rivalitas sengit satu sama lain.

Total seluruh klub yang berbasis di London telah mengumpulkan 131 gelar di berbagai kompetisi diantaranya 21 Premier League, 41 FA Cup, 12 League Cup, 28 Community Shield, 15 EFL Championship, 2 Liga Champions, 5 Piala Winners, 4 Piala UEFA/Liga Europa, 1 Piala Super UEFA, dan 2 Piala Intertoto.

2. Buenos Aires
Buenos Aires merupakan ibukota Argentina yang dikenal sebagai “Parisnya Amerika Selatan” karena keanggunannya. Selain London, Buenos Aires juga pantas disebut sebagai ibukota sepak bola dunia.

Buenos Aires tercatat memiliki 73 klub di berbagai level kompetisi mulai dari Primera Division (kasta tertinggi), Primera B Nacional (kasta kedua), Primera B Metropolitana (kasta ketiga), hingga Primera C Metropolitana (kasta keempat). Beberapa klub terkenal dari kota ini diantaranya Argentinos Juniors, Boca Juniors, Estudiantes de la Plata, Huracan, Independiente, Lanus, Racing Club de Avellaneda, River Plate, San Lorenzo de Almagro, dan Velez Sarsfield.


Buenos Aires, kota dengan klub sepak bola terbanyak kedua di dunia

Total 129 gelar juara Liga Argentina berhasil dikumpulkan oleh beberapa klub yang disebutkan di atas dengan rincian River Plate (36 gelar), Boca Juniors (34 gelar), Racing (18 gelar), Independiente (16 gelar), San Lorenzo (15 gelar), dan Velez (10 gelar). River Plate menjadi klub tersukses dalam urusan gelar domestik dengan total 48 gelar, 12 gelar lain berasal dari piala. Boca Juniors menjadi klub tersukses berdasarkan jumlah total gelar resmi yang dimiliki dengan 70 gelar, selain gelar liga, mereka meraih 14 gelar piala domestik, dan 22 gelar internasional.

River Plate dan Boca Juniors memiliki rivalitas paling sengit yang menyedot animo publik Argentina. Pertemuan keduanya di berbagai kompetisi diberi tajuk “Superclasico” dan selalu mempengaruhi sikap maupun fanatisme suporter kedua tim.

3. Madrid
Real Madrid dan Atletico Madrid memang sudah identik dengan ibukota dan sekaligus kota terpadat di Spanyol tersebut. Hal itu wajar, mengingat Real Madrid merupakan klub dengan total 19 gelar Eropa yang meliputi 13 gelar Liga Champions, 2 gelar Piala UEFA/Liga Europa, dan 4 gelar Piala Super Eropa. Sementara itu, Atletico Madrid juga semakin diperhitungkan kiprahnya sebagai klub kuda hitam dalam perburuan gelar, baik gelar domestik maupun Eropa.


Madrid, kota indah yang menjadi markas 35 klub di Spanyol

Namun, Madrid bukan hanya Real Madrid dan Atletico Madrid saja, kota tersebut total memiliki 35 klub di berbagai level kompetisi mulai dari La Liga (Primera Division), La Liga 2 (Segunda Division), Primera Division RFEF, Segunda Division RFEF, dan Tercera Division RFEF. Di bawah ini adalah daftar klub berbasis di Madrid di tiga divisi teratas sistem sepak bola Spanyol per musim 2021-2022.

La Liga: Atletico Madrid, Getafe CF, Rayo Vallecona, Real Madrid CF.

La Liga 2: AD Alcorcon, CD Leganes, CF Fuenlabrada.

Primera Division RFEF: CF Rayo Majadahonda, Real Madrid Castilla CF, UD San Sebastian de los Reyes.


Beberapa logo klub sepak bola berbasis di Madrid

Total lebih dari 144 gelar di berbagai kompetisi berhasil diraih oleh seluruh klub berbasis di Madrid diantaranya 45 gelar La Liga, 29 gelar Copa del Rey, 13 gelar Supercopa de Espana, 2 gelar Copa Eva Duarte, 13 gelar Liga Champions, 5 gelar Piala UEFA/Liga Europa, 7 gelar Piala Super Eropa, 4 gelar Piala Interkontinental, 4 gelar Piala Dunia Antar Klub FIFA, 1 gelar Copa de la Liga, 1 gelar Copa de los Campeones de Espana, 1 gelar Copa Presidente FEF, 5 gelar Copa de Castilla, 2 gelar Piala Madrid, 2 gelar Copa Ramon Triana, 1 gelar Segunda Division B, serta berbagai gelar lainnya.

4. Istanbul
Istanbul yang dahulu juga dikenal sebagai Konstantinopel dan Bizantium, merupakan kota terpadat di Turki yang menjadi pusat ekonomi, budaya, dan sejarah negara tersebut. Istanbul terletak lintas benua, Asia dan Eropa, membentang melintasi Selat Bosporus diantara Laut Marmara dan Laut Hitam.


Kota Istanbul, kandang banyak klub top Turki

Istanbul berpenduduk sekitar 14 juta jiwa, menempati peringkat enam terbesar dunia menurut populasi dalam batas kota, serta merupakan kota terbesar di Eropa. Oleh karena itu, wajar jika kota ini juga memiliki banyak klub sepak bola.

Istanbul memiliki 13 klub sepak bola yang berkompetisi di berbagai level kompetisi di negara tersebut dengan rincian lima klub berkompetisi di Super Lig, tiga klub di divisi kedua, dan lima klub di divisi ketiga. Lima klub Istanbul yang berkompetisi di Super Liga (kasta tertinggi Liga Turki) adalah Basaksehir FK, Besiktas, Fenerbahce, Galatasaray, dan Kasimpasa.


The Intercontinental Derby antara Fenerbahce vs Galatasaray menjadi salah satu
derby terpanas di sepak bola

Dalam 64 musim kompetisi sepak bola di Turki, seluruh klub yang berada di Istanbul berhasil meraih 57 gelar.

5. Moskow
Moskow merupakan ibukota dan sekaligus kota terbesar di Rusia. Moskow terletak di bagian tengah Rusia serta dilintasi dan dibelah oleh Sungai Moskow. Kota ini memiliki penduduk sekitar 12,5 juta jiwa serta merupakan kota terpadat di Rusia. Berdasarkan luas wilayahnya, Moskow merupakan salah satu kota terbesar di dunia dan kota terbesar di Eropa.

Berdasarkan kondisi di atas, maka wajar pula bila Moskow menjadi salah satu kota dengan klub sepak bola terbanyak di dunia. Di Liga Premier Rusia, Moskow diwakili oleh empat klub yaitu CSKA Moskow, Dynamo Moskow, Lokomotiv Moskow, dan Spartak Moskow. Selain itu, Moskow juga memiliki delapan klub yang berkompetisi di divisi dua dan divisi tiga.


Pemandangan Istana Kremlin dan Sungai Moskow di sore hari. Moskow menjadi
markas 12 klub Liga Rusia.

Total lebih dari 121 gelar di berbagai kompetisi berhasil diraih oleh seluruh klub yang berbasis di Moskow diantaranya 49 gelar Liga Premier Rusia (termasuk gelar Soviet Top League), 43 gelar Piala Rusia (termasuk gelar Piala Soviet), 12 gelar Piala Super Rusia (termasuk gelar Piala Super Soviet), 7 gelar Soviet First League/Russian Football National League (divisi kedua), 1 gelar Piala UEFA/Liga Europa, 7 gelar Commonwealth of Independent States Cup, serta berbagai gelar lain.

Spartak Moskow menjadi klub Moskow tersukses berdasarkan raihan gelar domestik. CSKA Moskow menjadi klub Moskow tersukses di level Eropa.

Itulah lima kota dengan klub sepak bola terbanyak di dunia berdasarkan berbagai penelusuran yang ane lakukan. Semoga menambah khazanah wawasan kita sebagai pecinta sepak bola.


Spoiler for Referensi:


Spoiler for Media:

Diubah oleh peteradis 14-07-2021 20:55
asamboigantemfexxEriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.9K
34
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sundul Bola
Sundul Bola
icon
5.4KThread5.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.