dharma8888
TS
dharma8888
Pemerintah Mau Rekrut 2000 Dokter Utk Covid, FK UI: Basa-basi, Sudah Otomatis



Pemerintah menyebut akan merekrut 2.000 dokter baru lulus untuk bantu menangani pandemi Covid-19 yang menggawat saat ini.

Namun, rencana itu dianggap hanya basa-basi di media massa. Rekrutmen ribuan dokter bukan program khusus untuk mengatasi kedaruratan pandemi saat ini karena memang sudah otomatis demikian.

"Ya bukan (program khusus situasi darurat pandemi). Itu cuma basa-basi doang. Kita kan (fakultas kedokteran se-Indonesia) produksi terus setiap tahun," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam, ketika dihubungi Kompas.com pada Kamis (15/7/2021).

Ari justru menilai bahwa pemerintah selama ini lelet menyerap ribuan dokter baru lulus.

Ia memberi contoh, ada sekitar 5.000 dokter baru yang telah lulus Februari 2021 lalu dan diangkat sumpah pada April 2021, namun belum kunjung diserap.

"Tidak usah diomongin juga kami sudah kirim terus. Enggak usah diomongin juga sudah otomatis ada 10.000-an dokter (baru) setiap tahun. Dulu (penyerapannya) agak dilama-lamain, sekarang dipercepat, gitu saja bedanya," jelasnya.

Menurut dia, jumlah 2.000 dokter yang disebut-sebut akan direkrut pemerintah untuk bantu mengatasi kedaruratan pandemi sekarang, juga terbilang sedikit menilik ketersediaan dokter yang lulus setiap tahun.

Tanpa perlu diarahkan pemerintah, dokter-dokter ini secara otomatis akan bekerja menangani pasien-pasien Covid-19.


Sekarang kan rumah sakit semuanya mengurus Covid-19.
Jadi otomatis mereka kerja di tempat Covid-19, akan bertemu pasien Covid-19. Mereka pasti bekerja mengatasi pandemi. Itu kan otomatis, sudah tidak usah diomongin lagi," tegas Ari.

"Enggak usah diomongin. Sudah rutin fakultas kedokteran di Indonesia memproduksi dokter setiap tahun. Silakan saja pemerintah segera. Kalau mau cepat ya harus ada duitnya kan untuk itu," lanjutnya.

"Tergantung kesiapan pemerintah mau cepat atau enggak. Insentif dokter intership kemarin baru keluar duitnya, terlambat 9 bulan. Relawan juga ada yang masih belum dibayar oleh pemerintah," ujarnya.











kompass



Yang direkrut April sampai sekarang belum dikasih penugasan emoticon-Leh Uga

Lambatnya meresap sampai ke tulang sumsum
samsol...scorpiolamanomorelies
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
16
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.