• Beranda
  • ...
  • Movies
  • Rekomendasi 10 Film Hitam Putih Terbaik yang Seru Untuk ditonton di Era Sekaramg

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Rekomendasi 10 Film Hitam Putih Terbaik yang Seru Untuk ditonton di Era Sekaramg
Selamat datang Kembali di Thread ane gan.

Seperti yang diketahui perfilman memiliki sejarah yang cukup panjang dan dimulai sejak era film bisu. Kemudian berkembang menjadi film dengan suara. Namun di masa lampau visual dalam film adalah hitam putih alias tidak berwarna. Ini dikarenakan teknologi yang masih serba terbatas. Kemudian pewarnaan pada film di masa lalu termasuk teknologi yang rumit dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Metode pewarnaan film pada masa film hitam putih disebut technicolor dan beberapa film dengan budget mahal menggunakan teknologi tersebut terutama film animasi.



Di era film hitam putih pula juga sudah bermunculan film yang berpengaruh dan hingga kini dikenang sebagai film hitam putih terbaik. Daftar di bawah ini adalah film hitam putih yang sudah memiliki suara, jadi bukan film bisu. Langsung aja ini pembahasan tentang beberapa film hitam putih yang seru untuk ditonton. Dua di antaranya berasal dari Jepang.

1. Frankenstein (1931)


Film klasik ini mendapatkan rating ulasan 100% di Rotten Tomattoes. Merupakan film Frankenstein pertama di era film dengan suara. Diangkat dari novel berjudul sama yang terbit pada 1818 dan artinya film ini dirilis setelah lebih dari seratus tahun sejak novelnya terbit. Mengisahkan seorang ilmuwan bernama Dr. Frankenstein yang bereksperimen untuk membangkitkan orang mati. Namun terjadi insiden saat asistennya malah mencuri otak seorang penjahat untuk dimasukan ke mayat percobaan. Terjadilah sesuatu yang mengerikan di mana sang mayat hidup menjadi monster pembunuh.

2. Citizen Kane (1941)


Sudah jelas kalau Citizen Kane memang dianggap salah satu karya terhebat yang pernah dibuat oleh sineas Hollywood. Disutradarai sekaligus diperankan oleh Orson Welles, film sering menempati jajaran film terbaik sepanjang masa. Mengisahkan perjalanan hidup seorang pengusaha super sukses bernama Charles Foster Kane melalui flashback setelah ia meninggal dan seorang jurnalis menelusuri apa makna kata misteri yang Kane ucapkan sebelum meninggal.

3. King Kong (1933)

Film ini adalah film hitam putih yang menurut sejarahnya cukup menggemparkan pada masanya. Ini dikarenakan untuk pertama kalinya film menggunakan teknik stop-motion dan menampilkan monster yang besar dengan memukau untuk zaman itu. King Kong disutradrai dan ditulis oleh Merian C Cooper ini mengisahkan sekelompok pembuat film yang pergi ke Skull Island dan mendapatkan malapetaka ketika harus bertemu dengan King Kong dan monster-monster aneh. Film ini sudah diremake tiga kali yaitu pada 1976, 2005, dan 2017.

4. 12 Angry Men (1957)


Bagaimana bisa sebuah film yang dari awal durasi sampai akhir hanya menggunakan satu tempat, tidak ada adegan aksi sama sekali tapi mampu memberikan ketegangan pada penonton? Bisa, dan film ini telah membuktikannya. Film ini dipuji oleh para pecinta film karena keunikannya. Mengisahkan 12 juri persidangan yang mengadakan rapat keputusan akhir apakah terdakwa bersalah atau tidak. Terdakwa sendiri dituntut hukuman mati atas tuduhan pembunuhan. Penonton diajak untuk menjadi juri ketiga belas dan membayangkan apa yang terjadi saat pembunuhan melalui narasi dan argumen debat tiap juri.

5. Path of Glory (1957)

Path of Glory merupakan film hitam putih bertemakan anti-perang dan merupakan karya dari sutradara legendaris Stanley Kubrick. Berlatar di perang dunia pertama, film ini menuai banyak apresiasi karena keindahan visualnya dan juga cerita dan pesan yang disampaikan. Kubrick memberikan pesan betapa gilanya perang dan mengkritisi jika yang kekuatan pangkat bisa mempengaruhi semuanya. Cerita berpusat pada Kolonel Dax dan pasukannya yang menjadi garda terdepan dalam pertempuran parit.

6. Ed Wood (1994)


Sebuah film biopik komedi arahan sutradara Tim Burton dan dibintangi oleh Johnny Depp. Film ini mengisahkan karir Ed Wood, seorang sutradara Hollywood di era 50an dan 60an yang karirnya harus terus gagal karena cara kerjanya yang buruk termasuk menggarap film Plan 9 From Outer Space (1959). Sekalipun menceritakan sebuah kegagalan dan ironi, film ini bernuansa komedi yang sangat kental. Kita bisa melihat betapa nyentriknya Ed Wood dalam menggarap filmnya yang terkesan asal-asalan namun tetap percaya diri pada itu semua.

7. Schindler's List (1993)


Sama seperti Ed Wood, Schindler's List juga adalah film hitam putih yang dibuat di era film modern. Bedanya film ini bukanlah film komedi namun merupakan film tragedi yang menceritakan pembantaian Yahudi oleh Nazi pada masa perang dunia 2. Film karya Steven Spielberg ini mengisahkan kisah nyata seorang pengusaha bernana Oskar Schindler yang bersimpati pada kaum Yahudi yang dibantai. Ia lalu memperkerjakan orang-orang Yahudi di pabrik miliknya dengan niat terselubung untuk melindungi mereka. Film ini menampilkan visual yang indah sekaligus pemdangan mengerikan saat Yahudi mengalami genosida dan digambarkan seperti sangat nyata. Film ini menjadi film terbaik di ajang Oscar tahun 1994.

8. Seven Samurai (1957)


Sebuah mahakarya dari maestro perfilman Jepang, Akira Kurosawa, yang mendapatkan pengakuan dan penghormatan dari dunia barat. Film ini juga diakui memberikan pengaruh yang besar bagi industri Hollywood hingga saat ini. Film epik ini menceritakan ketujuh samurai yang dikumpulkan oleh para petani miskin yang meminta mereka mengusir para bandit jahat yang selalu memalak ketika musim panen. Para samurai tersebut harus mau melakukan itu tanpa dibayar karena para petani hidup sangat miskin. Menonton film ini merupakan pengalaman sinematik yang menghibur walaupun masih hitam putih dan durasinya mencapai tiga jam.

9. Psycho (1960)


Merupakan film garapan sutradara Alfred Hitchcock yang dikenal sebagai the master of suspense. Film hitam putih ini dirilis di awal era film berwarna dan juga terdapat versi berwarnanya. Film ini mengisahkan seorang wanita kantoran yang membawa kabur uang perusahannya dan dalam perjalanan dia menginap di sebuah motel terpencil. Tak disangka, motel tersebut dijaga oleh seorang psikopat super gila yang suka membunuh. Film ini menyajikan sebuah ketegangan lewat adegan demi adegan yang intens.


10. Harakiri (1962)


Film Jepang ini disutradarai oleh Masaki Kobayashi dan merupakan film samurai yang kualitasnya bersanding dengan film-film Akira Kurosawa. Di Jepang masa lampau, tindakan harakiri (seppuku) atau bunuh diri ala samurai dengan cara menusuk perut dan mengeluarkan usus adalah metode untuk membersihkan nama baik karena kegagalan dalam bertugas. Melakukan harakiri haruslah ada saksi dan dilakukan di depan anggota klan yang menjadi saksi. Namun saat itu banyak klan yang menolak samurai yang ingin melakukan harakiri dan memberikannya koin uang.

Kemudian datanglah seorang samurai yang berniat mendapatkan koin karena hidupnya yang miskin dan pura-pura ingin harakiri di sebuah rumah suatu klan. Tidak disangka permintaan harakiri diterima dan dia harus melakukannya. Satu kaya setelah ane nonton film ini. "Gila!!!"

Oh iya, sebagian film di atas ada yang bisa ditonton secara legal dan juga ada yang tidak karena akses legalnya yang sulit didapat karena sudah terlalu jadul. emoticon-Big Grin

Gimana gan udah pada nonton belum film-film di atas? emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 12-07-2021 00:11
indrag057
An99
Aramina
Aramina dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.