• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • YouTube Shorts Akan Hadir di 100 Negara, Mampukah Bersaing Dengan TikTok?

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
YouTube Shorts Akan Hadir di 100 Negara, Mampukah Bersaing Dengan TikTok?
Foto: engadget.com


YouTube dikabarkan sudah mengumumkan tentang niat misi mereka menghadirkan layanan video youtube pendek ke seratus negara. Misi untuk meluncurkan "YouTube Shorts" di lebih dari seratus negara adalah bentuk persaingan terhadap video shorts populer lainnya salah satunya Tiktok.

Fitur Youtube Shorts ini sebenarnya sudah diumumkan tahun lalu, dan sudah diluncurkan dalam versi beta beberapa bulan yang lalu. Jadi Agan dan Sista bisa cek fitur ini di aplikasi Youtube atau versi browser masing-masing.

Youtube ingin pengguna platform di seluruh dunia dapat menonton video pendek yang disediakan YouTube untuk para konten kreator, para kreator diberikan durasi hingga 60 detik oleh pihak YouTube.

Foto: metricool.com


Kreator juga difasilitasi fitur untuk membuat dan menerbitkan teks atau audio atau efek visual. Namun, sayangnya fitur ini belum tersedia di semua negara dan inilah misi dari pengembag YT shorts untuk memanjakan penggunanya di seluruh dunia kecuali di negara Wakanda.

Menurut keterangan YouTube, negara yang sudah dapat menikmati layanan dan fitur ini diantaranya India dirilis tahun lalu, dan kemudian Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Amerika Latin. Dan rencananya YT Shorts akan dihadirkan di semua negara di Eropa, nrgara di Afrika, Asia dan Timur Tengah. Akan tetapi, versi yang diluncurkan masih dalam uji coba terlebih dahulu sebelum meluncurkan versi finalnya.

Foto: romania-insider.com


Platform video pendek populer TikTok sebenarnya sudah mendominasi seluruh bagian dunia, dan juga sudah menambah fitur canggih dan jeren lainnya, tidak hanya disitu saja TikTok juga sudah menambah durasi video hingga tiga menit. Sedangkan YT Shorts (YTS) masih berdurasi satu menit dan fitur yang ditawarkan juga sederhana, menurut saya sih sebaiknya YTS lebih fokus di platform YT saja dan memudahkan kreator mendapatkan hak monetisasi saja, pasti YT akan ramai kembali seperti tahun 2016-2019.

Para kreator memilih TikTok karena kemudahan yang ditawarkan, baik dari segi fitur tools, effect dan animasi, lagu bebas digunakan kreator tanpa melanggar hak cipta. Ini opini saja sih, tidak tau pandangan para Kaskuser lainnya.

Tetapi dengan adanya YTS dengan fitur yang ditawarkan, para kreator dapat meningkatkan penentonnya untuk video pendek hingga jutaan penonton setiap hari, jika YTS sudah hadir di seratus lebih negara, menurut YouTube.



Referensi: engadget.com - YouTube Shorts are now available in 100 countries globally
Diubah oleh Sambelterasi052 13-07-2021 03:42
Uprutz
paijopartono
jlamp
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.