Lyco
TS
Lyco
HATI-HATI BERBELANJA DI TOKOPEDIA. PUSAT RESOLUSINYA MENGECEWAKAN
Quote:


Hati-hati berbelanja di Tokopedia karena pusat Resolusi tidak selalu menjamin hak buyer yang tertipu seller disana. 

id Seller bermasalah : Baju Bayi SISA PABRIK

Kronologis :
>Tanggal 18/2 sy membeli Smoke Tube merk Butterfly isi 6 x 2pak dengan rincian
Smoke tube per pak Rp. 75.000 x2   = Rp. 150.000
Ongkos kirim 2kg                                 = Rp. 14.000
Asuransi                                                = Rp. 700
total                                                        = Rp.164.700

>Tanggal 22/2 Paket datang di buka ternyata isinya Smoke Tube merk TOP N1 isi 5x 2 pak. (barang lebih kecil, biasanya harga lebih murah dan isi cuma 5 sepaknya) 
sy buka komplain + bukti foto bahwa barang yang dikirim tidak sesuai dengan iklan. 
Bukti :
-foto-foto paket saat dibuka, alamat kirim & foto dari dekat tanpa buka bubble wrapnya
-Pesanan dihitung 1 KG oleh jasa kirim karena yang dikirim Smoke Tube merk TOP N1 x2 pak memang lebih ringan dari Smoke Tube merk Butterfly (biasa Butterfly 2 pak 2kg)
-Kronologisnya sudah jabarkan juga di sana termasuk menjelaskan bahwa Smoke Tube yang dikirim berbeda dari iklannya

Seller menyetujui komplain ongkos kirim yang tidak sesuai tapi menolak komplain barang tidak sesuai,

Sy menghubungi pesan bantuan dan pusat bantuan Tokopedia, cerita kronologis, kasih penjelasan dan bukti2 tapi disarankan menunggu keputusan Admin pusat resolusi

>Tanggal 23/2 Admin pusat resolusi minta bukti tambahan, bukti foto, penjelasan dan kronologis yang sudah ada disana tidak dianggap oleh admin pusat resolusi.

Sy upload bukti video.

>Tanggal 23/2 Di hari yang sama Admin pusat resolusi minta bukti tambahan video yang lain di link yang diberikan admin

Sy hubungi lagi pesan bantuan dan cerita masalahnya, disarankan tetap di pusat resolusi (dimana disana admin tidak mengepost apa-apa selain minta bukti)

 Sy upload bukti video lagi di link tersebut dan status komplain di sana dari "ADMIN MEMINTA BUKTI" menjadi "MENUNGGU KEPUTUSAN ADMIN"

>Tanggal 25/2 Ternyata DANA DITERUSKAN KE SELLER, Alasan admin "Dikarenakan sampai batas waktu yang diberikan Pembeli tidak lampirkan bukti tambahan, maka mohon maaf Ade tutup komplain ini dengan penerusan dana ke Saldo Penghasilan Penjual.  
Padahal post sy upload bukti video ada tepat di bawahnya dan tidak ditanggapi / tidak minta bukti lain.

Kesimpulan belanja dan pusat resolusi di Tokopedia kali ini:
1. Foto2 unboxing tidak dianggap bukti,
2. Kronologis dan penjelasan tidak diperdulikan.
3. Video pendek tidak diterima, disuruh upload video unboxing berulang kali (bayangin kalau kecelakaan terus video dianggap kurang jelas, suruh ulangin lagi kecelakaannya sambil direkam ulang? Logis gak tuh?)
4. Seller tidak perlu mengirimkan bukti apa2. 

Kenapa TS nggak videoin yang tenang, lama dan jelas mungkin 10 menit-15 menit per video kyk unboxing di youtube-youtube? Karena 3 hari itu banyak barang kiriman yang datang dari seller2 lain di Tokopedia termasuk kulkas dan siapa yang kira bukti foto dan bukti video pendek tidak dianggap? padahal selama ini tidak pernah ada masalah. Malah diminta video ulang unboxing (logis gak menurut kalian?)

Apa TS gak pernah komplain disana? Pernah, sy belanja di Kaskus dari 2013,  Tokopedia, Bukalapak, Shopee sejak 2017 sampai sekarang, kalau dapat barang tidak sesuai lampirkan bukti foto dan kronologisnya, video juga pernah dan selama ini selesai dengan baik oleh admin pusat resolusi dan sellernya juga gak ada model salah tapi ngeyel, baru satu sekarang ini dapat admin pusat resolusi yang ribetnya bukan main, upload bukti berkali-kali dan penjelasan sama sekali tidak digubris, sementara sellernya tinggal duduk santai.

Terus TS mau saranin gak belanja disana? Gak, belanja bebas tapi harus foto2 yang banyak dan rekam bukti sekualitas youtuber unboxing setiap kali barang datang, kalau kalian sial dapat seller yang mengirim barang gak sesuai dan dapat adminnya yg seperti ini ya 50/50 menang kalah. kenapa? bukti2 nggak dilihat dan kronologis juga nggak dibaca dan ingat seller tidak dimintai bukti apa2.

Ini jadi keuntungan buat seller yang mau menipu disana, kirim aja barang lain kalau di komplain disuruh kembalikan barang, tinggal retur dan tidak ada hukuman apa2 dari Tokopedia, tapi kalau buyernya tidak video unboxing layaknya youtuber unboxing ya keuntungan buat seller yang menipu pasti menang, gak perlu kasih bukti kirim apa2.

catatan : Tidak semua admin pusat resolusi Tokopedia seperti ini ya, ini baru sekali aja sy kebetulan dapatnya yg aneh, sebelum-sebelumnya adminnya menyimak dan selesai dengan baik semua.
Spoiler for gambar:


Diubah oleh Lyco 07-03-2020 13:25
MrLiemzzzsisitmae
sisitmae dan MrLiemzzz memberi reputasi
0
6.4K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.