News
Batal
KATEGORI
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ec1f93a3ca8d49f0232481/vaksinasi-berbayar-dinilai-bikin-malas-orang-vaksin
MerahPutih.com - Vaksinasi Rotong Royong individu atau vaksinasi berbayar dinilai tidak etis di tengah pandemi. Ketua Pengurus Harian Yayasan lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai, kebijakan ini bisa jadi hanya akan makin membuat masyarakat malas untuk melakukan vaksinasi. "Yang digratiskan saja masih banyak yang malas (tidak mau), apalagi vaksin berbayar. Dan juga membingungk
Lapor Hansip
12-07-2021 17:55

Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin

Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin

MerahPutih.com - Vaksinasi Rotong Royong individu atau vaksinasi berbayar dinilai tidak etis di tengah pandemi.

Ketua Pengurus Harian Yayasan lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai, kebijakan ini bisa jadi hanya akan makin membuat masyarakat malas untuk melakukan vaksinasi.

"Yang digratiskan saja masih banyak yang malas (tidak mau), apalagi vaksin berbayar. Dan juga membingungkan masyarakat, mengapa ada vaksin berbayar dan ada vaksin gratis. Dari sisi komunikasi publik sangat jelek," kata Tulus Abadi kepada wartawan Senin (12/7).

Tulus menyampaikan, vaksin berbayar juga bisa menimbulkan distrust pada masyarakat, bahwa yang berbayar dianggap kualitasnya lebih baik dan yang gratis lebih buruk.

Di banyak negara, justru masyarakat yang mau divaksinasi COVID-19 diberikan hadiah oleh pemerintahnya. Ini dengan maksud agar makin banyak warga negaranya yang mau divaksin.

"Bukan malah disuruh membayar," kata Tulus.

Oleh karena itu, YLKI mendesak agar vaksinasi berbayar untuk kategori individu dibatalkan.

YLKI meminta rencana ini dikembalikan ke kebijakan semula, di mana yang membayar adalah pihak perusahaan, bukan individual.

Sementara itu, pihak PT Kimia Farma Tbk (KAEF) memutuskan untuk menunda pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong (VGR) individu atau vaksinasi berbayar yang tadinya akan dilaksanakan mulai Senin, 12 Juli 2021.

Menurut Manajemen Kimia Farma, besarnya animo masyarakat serta banyaknya pertanyaan yang masuk membuat manajemen memutuskan untuk memperpanjang masa sosialisasi Vaksinasi Gotong Royong individu. Termasuk pengaturan pendaftaran calon peserta.

"Kami mohon maaf karena jadwal Vaksinasi Gotong Royong individu yang semula dimulai hari Senin, 12 Juli 2021 akan kami tunda hingga pemberitahuan selanjutnya," tulis manajemen Kimia Farma dalam keterangan resminya, Senin (12/7).


Sumber
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
-1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 17:58
Siji emoticon-Big Grin


profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 18:02
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin

harus ada yang berbayar buat yang mampu
daripada gak bisa dapat vaksin
Diubah oleh salonPlusPluss
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan fandicamel memberi reputasi
2 0
2
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 18:07
Malas? Justru yg malas antri pada mau bayar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 18:12
Lah kan yg gratis juga ada ngapa repot dah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 18:22
udah gausah pada d vaksin, lock down aja setaun beres harusnya emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 18:42
Sebenarnya kuota vaksin gratis berapa? Yang dibagi ke perusahaan misal PT kai itu gratis atau ditanggung kai?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 18:43
dikash gratis msh ada yg protes, diksh yg bayar msh ada yg protes...

maunya opo iki netizen +62 emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 19:12
Vaksin gratis antriannya panjang gila.
Banyak orang yang ga mau desek2an rebutan yang gratisan, kalau mau bayar kenapa sirik..?

https://tekno.tempo.co/read/1476377/antrean-vaksinasi-covid-19-kalangan-umum-di-rshs-bandung-sampai-2-bulan

Lagian expatriate gimana cara dapet vaksin kalo kaga bayar ?
0 0
0
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 19:31
Jenis vaksinnya juga beda, sinopharm dan sinovac, harusnya emang yang gratis disisihkan untuk yang ga mampu, dan yang mampu bayar selayaknya vaksin yang berbayar untuk ringankan beban pemerintah dan mempercepat proses vaksin, dah ketauan yang komen ini dah otak gratisan dan gagal paham fungsi vaksin berbayar dan gratis
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 20:10
lebih aman yang berbayar bagi yang punya duit dan kasih peluang orang tidak mampu, ikut antre vaksin berkerumunan begitu risiko keserempet covid juga tinggi. Sama juga dengan isolasi mandiri lebih baik bayar layanan rumah sakit yang ada kerjasama dengan hotel dari pada antre di IGD rumah sakit. you give peanut you get monkey lahh
0 0
0
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 20:20
Siapa bilang?

Ane mau divaksin Moderna atau Pfizer meskipun harus membayar 5 juta.

Kalau sinovac ane minta gratisan aja deh.

Kaum bumidatarian itu yang dikasih gratis pun nggak mau vaksin. Yang vaksin Moderna berbayar buat ane saja deh. Kaum bumidatarian biar pake vaksin sinovac gratisan.

profile-picture
profile-picture
xneakerz dan Skyland999 memberi reputasi
2 0
2
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 20:21
vaksin gratis antri komplain....
vaksin berbayar juga komplain...

mental orang2 doyan gratisan. jujur aja sulit daftar online buat vaksin . download JAKI aja pas pilih lokasi slot penuh semua ....

klo ada yg bayar lebih baik bayar aja dr pd ribet daftarnya. itung2 bisa mengurangi beban vaksin gratis yg susah prosesnya
Diubah oleh smogal
0 0
0
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 20:51
yg suka komplen itu juga paling dia sendiri blom di vaksin.
tp suka nya nyinyir biar keliatan paling pinter.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin
12-07-2021 22:50
Yang gratis saja masih banyak keragu2an serta takut2...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia