• Beranda
  • ...
  • Games
  • 5 Alasan Kenapa PS3 Bisa Jadi Konsol yang Gagal Bersaing dan Kalah Telak Oleh PS2

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Alasan Kenapa PS3 Bisa Jadi Konsol yang Gagal Bersaing dan Kalah Telak Oleh PS2
Selamat datang kembali di thread ane gan.



Rasanya hampir semua gamer tahu jika Playstation 2 adalah konsol game terbaik dan terlaris sepanjang masa dan banyak pihak yang menobatkan PS2 sebagai raja dari segala konsol. PS2 kemudian diteruskan oleh PS3 pada 2006 sebelum akhirnya PS3 dihentikan penjualannya pada 2017. Akan tetapi pertanyaannya, kenapa PS3 tidak sesukses PS2? Dalam hal penjualan PS3 juga kalah telak oleh PS2 dan kalah perang dengan Nintendo Wii dalam hal penjualan.

Kegagalan Sony dalam PS3 memang bukanlah sesuatu yang sangat buruk karena PS3 tetap lumayan laris dan tidak bisa disebut sebagai produk gagal. Akan tetapi tetap saja PS3 adalah produk konsol yang paling bapuk yang pernah dikeluarkan oleh Sony karena PS4 menunjukan peningkatan dan memenangkan perang melawan Xbox One dan Switch. Kenapa bisa demikian?

1. Isu Kegagalan Produk


Ketika pertama kali dirilis, PS3 diterpa masalah yang tak mengenakan yaitu untuk varian fat yang gampang mengalami YLOD alias mati total sendiri ketika sudah lama dipakai untuk bermain. Maka diluncurkanlah varian slim untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun konsumen sudah kadung menganggap PS3 banyak masalah. Hingga sekarang PS3 fat tetap dihantui masalah YLOD dan sudah menjadi rahasia umum di kalangan gamer kalau sebaiknya jangan membeli PS3 fat. Bahkan sekarang banyak PS3 fat refurbished atau rekondisi yang mengalami masalah serupa.

2. PS Pertama dengan proteksi Pembajakan

Salah satu faktor kesuksesan PS2 adalah masih mudahnya pembajakan sehingga harga game bisa lebih murah. Itulah kenapa PS2 bisa menjamur di negara berkembang seperti di Indonesia. Namun hal tersebut memberikan dampak negatif yaitu kerugian materi bagi para developer game. Maka dari itu sejak PS3 dilakukanlah proteksi dari pembajakan. Bak pedang bermata dua, justru itu membuat orang di negara berkembang malas membeli PS3 karena harga game yang mahal. Seiring berjalannya waktu PS3 pun bisa dibajak berkat keuletan para hacker. Tapi orang-orang sudah terlanjur malas membeli dan bahkan banyak yang stay di PS2.

3. Pilihan Game yang tak sebanyak PS2


PS2 memiliki banyak sekali library game dan juga banyak game-game berkualitas yang tak lekang oleh zaman. PS3 juga sebenarnya juga banyak game berkualitas tapi tetap tidak sebanyak PS2. Banyak sekali game memorable dari PS2 sedangkan PS3 mudah dihitung dengan jari. Sedangkan game sukses di PS2 bisa mencapai puluhan dan sampai sekarang masih banyak orang yang memainkannya.

4. Kalah Oleh Nintendo Wii yang inovatif.

PS3 dirilis bersamaan dengan Xbox 360 dan Nintendo Wii sebagai konsol generasi ketujuh. Dengan Xbox 360 dari Microsoft, PS3 mungkin masih bisa bersaing ketat. Tapi tidak dengan Nintendo Wii yang menang dalam hal angka penjualan. Nintendo Wii hadir dengan inovasi baru yaitu keunikan dalam fokus gameplay yang disesuaikan dengan dunia nyata, alih-alih memuja grafik. Nintendo Wii saat itu menjadi pilihan utama keluarga di negara-negara maju untuk konsol permainan di rumah daripada harus membeli PS3.

5. Tergerus Momentum


Di PS3 bahkan GTA IV kurang terkenal jika dibandingkan dengan seri GTA lainnya, saat itu masih banyak orang yang masih asik bermain GTA San Andreas di PS2. Ketika perkembangan video game semakin maju, muncul berbagai game berkualitas lainnya seperti GTA V dan The Last of Us tapi itu terjadi di detik-detik akhir konsol generasi ketujuh karena tak lama kemudian munculah momentum rilisnya PS4 dan Xbox One. GTA V adalah game terlaris di PS3 yang notabenenya adalah game yang diluncurkan di masa-masa akhir PS3. Saat itu orang-orang lebih memilih PS4 dan PS3 semakin tergerus dan makin ditinggalkan.

Nah, gan itu sedikit pembahasan dari ane tentang kegagalan PS3. Ada alasan lainnya enggak gan? emoticon-Ngakak

Quote:
Fey1985
anton2019827
ap6328030458
ap6328030458 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
9.1K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.9KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.