• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kenapa Sih Suara Mesin Dan Getaran Truk Di Indonesia Rata-Rata Sangat Keras?

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Kenapa Sih Suara Mesin Dan Getaran Truk Di Indonesia Rata-Rata Sangat Keras?
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan kenapa suara dan getaran mesin truk di Indonesia rata-rata sangat keras.




Ketika mendekat ke sebuah truk yang sedang idle maupun sedang di-gas, mungkin Gansis akan notice akan beberapa hal. Bisa saja salah satunya adalah suara mesin dari kebanyakan truk yang sangat keras dan nyaring sekali terdengar.

Lalu, kenapa ya? Kok suara mesin truk itu keras sekali, nyaring sekali terdengar, jika dibandingkan dengan mobil-mobil biasa? Nah, oleh karena itu, ane akan jabarkan beberapa alasan mengapa kebanyakan truk suara mesinnya sangat keras dan nyaring terdengar.

1. Menggunakan Mesin Diesel

sumber gambar


Iya. Diesel. Hampir semua truk yang beredar di jalanan menggunakan mesin Diesel, karena torsi, efisiensi dan durabilitasnya yang tergolong sangat baik, serta ketangguhannya yang bagus pula.

Mesin Diesel menggunakan kompresi yang sangat-sangat tinggi untuk membakar bahan bakar, yang nantinya akan menggerakkan mesin. Tanpa bantuan busi. Itulah alasan mengapa mesin Diesel kompresinya sangat tinggi, bisa mencapai 24:1 bahkan lebih.


[url=https://www.tellzauto.comS E N S O Rused-brand-new-american-car-imports-blog/286039-all-you-need-to-know-about-diesel-engines#.YN3RJN8zbIU][i][b][size=1]sumber gambar[/size][/b][/i][/url]


Kompresi yang tinggi tentu akan menghasilkan suara dan getaran yang sangat terasa dan nyaring. Bisa dibuktikan, coba saja bandingkan suara dan getaran Innova Bensin dan Diesel, pastilah suara mesin dan getaran mesin lebih nyaring Innova versi Diesel.

2. Teknologi Mesin Masih Konvensional




Jika kita bandingkan mesin Diesel lawas di tahun 90an dan mesin Diesel modern di era-era sekarang,  hampir pasti kita akan menemukan teknologi yang masih lawas di mesin Diesel zaman dahulu. Sementara, mesin Diesel zaman sekarang sudah lebih advance. 

Nah, truk-truk di Indonesia banyak sekali yang masih mempertahankan teknologi mesin Diesel konvensional, karena memang kebanyakan teknologi mesin Diesel yang masih konvensional itu lebih tahan banting dan lebih durable. 



Tentunya dengan mesin yang berteknologi lawas, hampir pasti getaran dan suara mesinnya masih sangat terasa sekali jika dibandingkan dengan mesin teknologi sekarang. Memang, ada improvement di beberapa sisi mesin agar mesinnya lebih halus dengan tetap mempertahankan teknologi konvensional. Tetapi tetap saja, jika dibandingkan dengan mesin teknologi modern, getaran dan suara mesinnya kemungkinan besar jauh lebih terasa.

3. Kapasitas Mesin Sangat Besar




Perlu diketahui, bahwa truk medium duty seperti Hino Ranger atau Fuso berwarna orange rata-rata kapasitas mesinnya diantara 6.500cc dan 8.000cc. Sangat besar, mengingat beban yang perlu dibawa juga sangat besar pula, jadi sangat butuh mesin berkapasitas besar.

Mesin yang sangat besar ini akan menghasilkan tenaga dan torsi yang sangat besar pula, dimana memang seperti yang ane sudah bilang diatas, truk harus membawa beban yang berat, sehingga sangat membutuhkan mesin yang torsi dan tenaganya besar.




Kapasitas mesin Diesel di kebanyakan truk Indonesia ini pula, dikombinasikan dengan teknologi yang masih lawas, tentu akan menimbulkan suara yang lebih nyaring dan getaran yang lebih terasa, walau memang sudah memakai mesin 6 silinder inline untuk kebanyakan medium duty truck.

Nah, itulah alasan mengapa getaran dan suara mesin truk di Indonesia rata-rata sangat keras. Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi infomasi yang salah! 

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun. 
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star



Best comment:
Quote:
Diubah oleh ulungrinjani 10-07-2021 15:42
decepticon2301
anton2019827
alfidanger
alfidanger dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.