andrerain5
TS
andrerain5
Menciptakan Kawasan Hijau Dengan Inovasi Eco Park Di Samurangau

indikator

Hai Gan, Hai Sist.
Berjumpa kembali dalam thread ane, semoga Agan dan Sista selalu dalam keadaan yang tidak kekurangan apapun. Aamiin-kan Gansist!

Kalimantan atau biasa disebut Borneo adalah pulau terbesar ketiga yang berada di dunia, terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi.

Kalimantan juga terbagi kedalam tiga bagian wilayah: Indonesia 73%, Malayasia 26%, dan Borneo 1%. Kalimantan juga dikenal sebagai "Pulau Seribu Sungai" karena terdapat banyak sungai disana.


open here

Pulau Kalimantan juga dibagi kedalam 5 sub wilayah: Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah. Dengan kota terbesarnya yaitu kota Samarinda.

Untuk wilayah Kalimantan Timur, atau orang menyingkatnya dengan sebutan KalTim sebelumnya adalah wilayah hutan hujan tropis dan berbagai situs peninggalan kerajaan Hindu.

Namun, setengah dari Hutan Hujan Tropis yang berada di KalTim habis digerus oleh penambangan liar, bahkan Taman Nasional Kutai pun ikut digerus hutannya.


open here

Atas hal ini, PT. Kideco bersama masyarakat Desa Samurangau membuat ide terobosan agar terciptanya lingkungan yang hijau, aman, tentram dan tidak tercemar oleh polusi.

Desa Samurangau sendiri berada di Kecamatan Sopang, Kabupaten Paser. Desa yang memiliki potensi wisata yang besar dengan luas wilayah 133,97 km2. Dilewati oleh Sungai Samurangu yang menjadikannya lebih unik lagi serta berbagai gua yang berada di dalam hutan yang masih alami.

Pada Januari 2021 kemarin, Kideco bersama segenap perangkat desa dan adat melakukan penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat agar bisa tercipta lingkungan Eco Park Samurangau dan menjadi kebanggaan masyarakatnya.


open here

Selain memberdayakan lingkungan yang hijau, Samurangau diharapkan kedepannya bisa menjadi desa wisata yang nyaman serta bisa menambah sumber perekonomian masyarakatnya.

Selain menjadikan Desa Samurangau sebagai kawasan Eco Park, Kideco pun terus berinovasi dalam menjaga lingkungan, salah satunya adalah menciptakan lingkungan yang bermanfaat atau istilahnya Creating Shared Value (CSV).

Menurut ane, hal seperti ini perlu diapresiasikan dan dicontoh sertaditerapkan di berbagai daerah lainnya, khususnya daerah-daerah yang berada dipelosok.

Karena, tanpa hutan bumi ini akan bertambah panas lagi, selain itu pun pencemaran polusi akan lebi meningkat kembali dari sekarang ini.


open here

Seperti yang kita ketahui, pemanasan global sekarang ini sudah sangatlah memprihatinkan. Ditambah dengan adanya penambangan liar yang terus-terusan menggerogoti hutan. Padahal sudah jelas, jika hal tersebut sudah ada Undang-undangnya dan bisa dikenakan dendan serta pidana.

Demikian ulasan ane tentang Ide Kreatif Untuk Kalimantan Timur. Semoga apa yang ane ulas dalam thread ini mampu dipahami oleh Agan dan Sista seranah kaskus raya. Diharapkan juga untuk kita bisa selalu menjaga lingkungan disekitar kita, agar tercipta kawasan yang hijau, aman, serta tentram bagi yang tinggal di dalamnya.

Sampai jumpa kembali dilain waktu dan thread. Salam sejahtera dan jangan lupa untuk selalu bahagia.

Thanks For Visiting
:terimakasih:terimakasih:terimakasih
Ditulis Oleh:

Referensi: open here

remisjanaridelia.adelanton2019827
anton2019827 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
446
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kalimantan Timur
Kalimantan Timur
icon
983Thread471Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.