adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Seberapa Penting Pendidikan Bagi Wanita?

Tak dapat diungkiri bahwa pendidikan sekarang sangat berpengaruh pada jenjang karir. Terutama kita-kita yang mau bekerja di suatu perusahaan. Sebelum diterima, salah satu hal yang diliat ketika ngelamar pekerjaan adalah lulusan mana, IPK berapa, jurusan apa, dan apakah sesuai dengan jenjang yang dicari. Kita tau, kalau dulu pendidikan merupakan hal yang diperjuangkan buat wanita, tapi kalau sekarang, wanita terbilang bebas menentukan pendidikan mereka.

Menurut Sista sendiri, seberapa penting sih pendidikan dalam kehidupan seorang wanita? Apakah gak terlalu penting karena suatu saat kita akan menjadi tanggung jawab orang lain? Atau justru seorang wanita harus punya pondasinya sendiri dalam berkarir?


Semua pertanyaan itu muncul nih di benak ane ketika harus nyelesain tugas kuliah dan kerjaan secara bersamaan. Ada 2 sudut pandang yang selalu hadir di dunia ini mengenai pendidikan. Yang pertama adalah bersekolah gak efisien karena terkadang kita gak bekerja sesuai dengan jurusan saat kuliah dan harus belajar ulang, belum lagi ketika keadaan memaksa kita harus ngerelain karir. 



Photo by Andrea Piacquadio  from Pexels


Yang kedua adalah sesungguhnya ilmu yang kita dapet di saat kuliah itu gak cuma teori aja tapi banyak ilmu sosial. Di mana harus berbaur dengan orang banyak, ikut organisasi, dan tentunya beradaptasi dengan sistem perkuliahan yang cukup beda dengan SMA. Eitssss.. Ada satu lagi yang gak kalah penting, Gelar.


Sista bisa liat sebagaimana banyak cewek yang ambis dan punya mimpi mereka masing-masing. Daya juangnya juga gak kalah dengan kaum adam. Menuntut ilmu keluar negeri, pulang malam, penghasilan yang cukup besar, dan segala perjuangan mereka lainnya. Pasti soal pendidikan wanita, selalu ada hubungannya sama orang tua. Pandangan setiap orang pasti akan berbeda mengenai banyak hal, termasuk pendidikan. 


Budaya di Indonesia dengan ciri khas wanita menikah setelah lulus sekolah, nampaknya masih terus tertanam di sebagian masyarakatnya. Akhirnya harapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pun terkadang harus gagal. Mayoritasnya hal ini terjadi di desa atau kota yang cukup jauh dari perkotaan.


Alasan ‘Kan nanti juga ada suami yang nanggung semuanya’ sering banget dipakai supaya anak perempuan mengubur keinginan mereka untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Sadar atau nggak, manfaat bersekolah ternyata bukan cuma dalam karir atau sekedar gelar aja. Pelajaran yang kita dapat dari menuntut ilmu tentunya bisa diaplikasiin dalam kehidupan sehari-hari. 



Photo by August de Richelieu  from Pexels


Gak pernah ada salahnya menuntut ilmu sampai setinggi apapun itu. Yang Sista harus tau, segala sesuatunya udah diatur sama yang di atas. Jodoh, karir, uang, kita cuma bisa berusaha aja. Jadi jangan pernah mikir kalau pendidikan akan berpengaruh sama pasangan. Apalagi dengan omongan


“Jangan sekolah tinggi-tinggi, nanti cowo pada minder”


Tenang aja, kalo mereka minder.. Masih banyak kok ikan di laut hahha.


Kira-kira pendapat Sista sendiri gimana nih soal pendidikan? Penting gak sih punya gelar atau ada minimal jenjang yang harus ditempuh gak?

6666661234
evywahyuni
anton2019827
anton2019827 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.1K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.