ahoy44Avatar border
TS
ahoy44
Bukan dengan Cat, Seniman ini Membuat Lukisan dari Potongan Lego!


Sekilas, gambar di atas terlihat seperti foto atau lukisan biasa. Tapi, kalau kalian liat lebih dekat, kalian bakal menyadari kalau lukisan wajah ini sepenuhnya dibuat dari potongan-potongan Lego!

Lukisan ini merupakan karya Andre Veloux, seniman berbakat asal Inggris, yang udah sering membuat karya seni dua dan tiga dimensi dari Lego. Karya-karyanya bertema feminis, dan bertujuan untuk menyampaikan komentar sosial tentang gender, kesetaraan gender, hak-hak wanita, dan pemberdayaan wanita.

Ia udah pernah membuat lukisan wajah tokoh-tokoh wanita dunia, mulai dari Michelle Obama hingga Lady Gaga.



Gimana proses pembuatan lukisan-lukisannya?

Semua berawal dari komputer milik Veloux. Ia menyediakan dua komputer, yang ia gunakan untuk mengubah gambar biasa menjadi gambar yang bisa dibuat ulang dengan Lego. Komputer pertama ia gunakan untuk mengatur kontras dan saturasi gambarnya di Photoshop. Semakin tinggi contrast-nya, semakin mudah gambar tersebut diubah menjadi bentuk pixel.



Nah, di komputer kedua, ia menggunakan program terpisah untuk mengubah gambar tersebut menjadi bentuk pixel.  Satu pixel sama dengan satu potongan Lego.




Mungkin keliatannya simpel, ya. Tapi, bagian paling sulit adalah menentukan komposisi warna yang harus digunakan.

Menurut Andre, wajah setiap orang punya komposisi warna yang berbeda-beda, tergantung dari warna kulit, warna rambut, dan penampilan mereka secara umum. Ia harus pandai-pandai mencari palette Lego yang punya warna sesuai dengan orang tersebut.





Kadang, satu palette aja nggak cukup untuk membuat satu lukisan. Veloux harus mengombinasikan warna dari beragam palette.



Untuk menyelesaikan satu lukisan, Veloux membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Ia harus mengerjakan bagian wajah dengan detail, karena satu atau dua potongan yang ditempatkan di tempat yang salah bisa membuat wajah dalam lukisan jadi keliatan aneh.

Dalam proses pembuatan satu lukisan, Andre bisa menaruh dan mencabut ribuan potongan lego berkali-kali, yang akhirnya melukai jari-jarinya.



Menurut Andre, bagian paling penting  dan memakan waktu dalam lukisannya adalah bagian mata. Mata bisa memberikan kesan realistis pada sebuah lukisan. Ia harus mendesain mata sedemikian rupa,  supaya siapapun yang memandang lukisannya bisa merasakan koneksi dengan orang yang tergambar di dalamnya.
 





Nahh GanSis yang suka nyusun-nyusun Lego, mungkin bisa dicoba nih, mulai dari lukisan yang gampang-gampang aja dulu. Kayaknyaa ini bisa jadi hobi yang produktif deh.
 



sumber

sebelahblog
toinxx08
minhakim20
minhakim20 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.6K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.