batzforumAvatar border
TS
batzforum
Alokasi Keuangan Versi batzforum! Penting Untuk Masa Tua!
Welcome To batzforum Thread!!!

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot News emoticon-Hot News

Halo Agan dan Sista semua, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya!


Perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang supaya apapun yang kita hasilkan secara materi, dapat dengan jelas kita lihat arah dan tujuannya. Namun tak semua orang memperdulikan hal ini, karena tak sedikit orang yang cenderung menghabiskan uang mereka untuk berfoya-foya.

Memang uang milik seseorang pribadi merupakan hak orang tersebut, namun jika pengeluaran uang tidak teratur tentu akan bahaya bagi masa tua orang tersebut bukan? Sebut saja disaat tua nanti dia akan kebingungan, karena kehabisan uang dan tidak tahu lagi harus bertindak apa untuk menutupi kebutuhan di hari tua nya.


Maka dari itu pengelolaan uang melalui pengalokasian pendapatan sangatlah penting bagi setiap manusia, termasuk saya pribadi. Dalam mengelola keuangan, saya pribadi mengalokasikan uang hasil pendapatan saya (dalam sebulan) ke dalam 3 instrumen. Yang pertama untuk kebutuhan, yang kedua untuk investasi atau ditabung dan yang ketiga untuk keinginan dengan persentase 50 : 35 : 15 (dalam persen).

50% untuk kebutuhan? Ya tentu, karena disinilah saya membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli beras, sayur, lauk pauk, sabun dan lainnya. Dari persentase 50% saya belajar untuk memenuhi setiap kebutuhan rumah dengan pas atau kalau bisa kurang dari 50%. Dan kalau pengeluaran untuk kebutuhan dalam sebulan kurang dari 50%, maka sisanya akan saya tempatkan di instrumen kedua yaitu investasi atau ditabung.


Selanjutnya adalah 35% untuk investasi atau ditabung. Nah, disini saya sebisa mungkin memaksimalkan nilai 35% dari pendapatan sebulan untuk diinvestasikan di berbagai hal, baik itu saham, reksadana dan lainnya. Dan hal ini saya jadikan aset yang nantinya akan berguna di hari tua, atau bisa saya gunakan juga sebagai tabungan untuk dana darurat yang bisa saja dibutuhkan suatu saat.

Yang terakhir adalah 15% untuk keinginan. Sebagai manusia tentu kita memiliki hasrat untuk mempunyai berbagai hal yang menggoda mata, nah inilah yang namanya keinginan. Contoh kecilnya seperti pakaian branded, hobi dan sebagainya. Untuk memenuhi keinginan, saya berusaha semaksimal mungkin untuk menaruh tidak lebih dari 15% pendapatan selama sebulan.


Hal yang saya pelajari dari tindakan (pengelolaan pendapatan) tersebut adalah bagaimana caranya konsisten dalam berbagai hal yang nantinya juga akan berguna bagi diri sendiri. Mungkin seperti ini saja yang bisa saya bagikan tentang pengalokasian pendapatan yang saya lakukan.

Sumber tulisan : Tulisan pribadi
Sumber gambar sudah dicantumkan

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
0
1K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
icon
9.1KThread5.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.