masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mempersiapkan Masa Depan Penuh Perencanaan dengan Usaha dan Investasi Ternak


emoticon-Hai

Hallo selamat pagi Agan dan Sista, jumpa lagi dengan ane Masnukho di forum Perencanaan Keuangan, forum tempat untuk berdiskusi dan konsultasi seputar perencanaan keuangan, mulai dari pengelolaan keuangan hingga cara berinvestasi yang tepat.

Membahas tentang perencanaan keuangan sebenarnya di dalam hidup ini tidak hanya uang yang perlu direncanakan GanSis, setiap langkah manusia akan memiliki akhir dan akhir hidup manusia semua telah direncanakan oleh Tuhan dalam bentuk takdir, kita hanya akan menjalani hidup sebagaimana mestinya, dan juga melakukan usaha untuk mewujudkan rencana-rencana itu sendiri sampai menemukan batas kenyataan hidup yaitu kematian.


sumber gambar

Setiap orang memiliki cara dalam merencanakan hidupnya masing-masing, mulai dari merencanakan usaha, investasi, dan juga masa depan.
Begitupun dengan ane GanSis, sebagai manusia yang hidup dan memiliki keinginan ane juga mempunyai rencana untuk masa depan dengan mempersiapkan semuanya secara matang-matang agar memiliki hidup yang jelas terarah dan masa depan yang harapannya juga akan cerah.

Adapun beberapa hal yang telah ane persiapkan di usia 24 tahun ini di antaranya adalah sebagai berikut:


1. Usaha Tetap
Quote:

Toko sembako, adalah usaha milik orang tua yang ane teruskan untuk mengurusnya GanSis. Melihat peluangnya yang masih cukup besar dan masyarakat masih sangat membutuhkan adanya toko sembako dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, ane menjalankan usaha ini dengan sepenuh hati, entah sedikit atau banyak keuntungan yang didapatkan yang pasti dari usaha ini ane bisa mencukupi kebutuhan diri sendiri dan juga orang tua.



2. Pekerjaan Sampingan
Quote:

Sebenarnya untuk pekerjaan sampingan ini lebih ke dalam menjalankan hobi ya GanSis.
Ane sangat mencintai dunia kepenulisan baik itu menulis puisi, cerita, ataupun menulis thread artikel seperti kebiasaan ane sehari-hari di KASKUStercinta.

Dari pekerjaan sampingan menulis ini ane juga mendapatkan penghasilan GanSis, bahkan penghasilan dari menulis pun juga tidak bisa disepelekan besarannya, bisa ane gunakan untuk investasi masa depan.



3. Jaminan Kesehatan
Quote:

Investasi jangka panjang yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kesehatanGanSis.
Harapan banyak orang sehat sampai tua adalah doa yang selalu dipanjatkan kepada Tuhan setiap waktu. Namun, berdoa saja tentu tidak cukup GanSis. Kita juga harus berusaha untuk selalu sehat dengan menjaga pola hidup dan membayar iuran kesehatan untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti kita membutuhkan pengobatan karena mengalami sakit yang tiba-tiba.

Membayar iuran kesehatan setiap bulan ane lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan sekaligus investasi keselamatan.



4. Menabung
Quote:

Menabung, sedari kecil kebiasaan ini telah diajarkan oleh orang tua ane GanSis. Entah itu dalam jumlah besar atau kecil ane harus menyisihkan uang hasil usaha (laba) toko sembako untuk ditabung dan diambil saat benar-benar membutuhkan, seperti keadaan darurat dan tak terduga, atau memang diambil untuk dijadikan modal tambahan dan diputar kembali guna mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Cara ini menurut ane cukup efisien bagi pelaku usaha kecil GanSis, selain untuk mengontrol belanja yang kurang perlu juga dapat menjadi tolak ukur seberapa besar laba yang telah kita dapatkan dari usaha yang kita jalani.



5. Investasi Ternak
Quote:

Lagi-lagi ini menjadi sebuah kebanggaan bagi diri ane pribadi GanSis, sebab dari pekerjaan sampingan menulis di platform KASKUSselama kurang lebih hampir dua tahun ane bisa berinvestasi hewan ternak khususnya kambing untuk masa depan nanti.
Pastinya keuntungan dari berinvestasi hewan ternak ini lebih minim resiko dibandingkan investasi yang lain, meskipun keuntungannya juga tidak sebesar investasi saham atau Crypto.

Adapun alasan kenapa ane lebih memilih hewan ternak sebagai bentuk investasi yaitu, karena ane lebih paham perihal ilmu beternak dibandingkan ilmu trading GanSis. Jadi, ane tidak ingin mengambil resiko besar dengan terjun ke dalam bidang yang ane sendiri kurang paham karena pasti nanti hasilnya juga tidak akan maksimal.




Seperti itulah GanSis sedikit cerita atau pengalaman ane dalam merencanakan keuangan dan berinvestasi untuk masa depan.

Menghargai waktu, membelanjakan uang dengan seperlunya, dan tidak berfoya-foya semaunya, juga menjadi pedoman hidup yang ane jadikan sebagai kebiasaan GanSis.

Bukan maksut pelit atau terlalu hemat, melainkan merencanakan semua matang-matang agar tidak salah dalam memilih langkah untuk masa depan yang akhirnya nanti akan berdampak pada nasib hidup yang susah dan kekurangan.

Harapan besar di masa tua nanti ane bisa hidup layak, berkecukupan, tinggal memikirkan ibadah dan mempersiapkan kehidupan yang lebih panjang.

Mudah-mudahan kita semua dapat merasakan kebahagiaan di masa tua menikmati hasil jerih payah dan perencanaan matang masa muda GanSis.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
&
Dokumen pribadi
Diubah oleh masnukho 26-06-2021 06:44
Rainbow555
b4perman
anton2019827
anton2019827 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.8K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.