zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Deretan Jenis Nasi Di Nusantara Yang Menggugah Selera, Ada Nasi Kentut Loh!
Deretan jenis nasi unik di Nusantara




Assalamualaikum sahabat kaskus ....
Bertemu lagi setelah sekian lama tak bikin thread nih.

Kali ini saya kembali tentunya dengan membahas kuliner. Ya, kuliner di negara kita yang merupakan kepulauan dengan kekayaan khazanah kuliner turun temurun.

Negara kita dikenal dengan penduduk yang mayoritasnya mengonsumsi nasi.
Nasi di berbagai daerah Indonesia ternyata memiliki ciri khas masing-masing karena kearifan lokal yang melekat di dalamnya.

Mungkin kita sudah mengenal nasi padang yang sudah go internasional, atau nasi liwet yang begitu dikenal secara nasional. Nah, masih banyak nasi khas daerah yang wajib kita kenal.

Penasaran, yuk kita simak!



1. Nasi Kentut



Nasi yang bernama cukup unik ini berasal dari pulau Sumatra, tepatnya dari Medan. Menurut asal usulnya nama kentut bukan berarti nasi yang bisa kentut alias mengeluarkan gas berbau 😁. Kentut adalah tanaman sembukan yang disebut tanaman kentut untuk orang batak. Daun tersebut dipakai campuran bumbu dalam memasak nasi lalu dibungkus pisang dan dibakar.

Nasi kentut biasanya dilengkapi lauk pauk: ikan teri, pepes oncom, ayam goreng, sambal terasi dan lainnya.

2. Nasi Campur



Nasi campur adalah kuliner khas pulau dewata yang terkenal digemari penduduk bali. Nasi ini memang terdiri dari berbagai macam tambahan menu lezat. Seperti: ayam bumbu bali, telur yang kaya akan rempah, atau ditambah sate lilit khas Bali yang melegenda itu. Sayuran mirip urap juga menambah lengkap nasi campur khas Bali.

3. Nasi subut



Pulau Kalimantan dikenal dengan budaya Dayak yang tentu berpengaruh pada kuliner sehari-hari penduduknya.

Seperti olahan nasi unik bernama nasi subut dari Kalimantan Utara. Olahan lokal yang terkenal lezat ini memang tampilan nya unik. Warnanya juga menggoda untuk disantap. Nasi ini dibuat dengan campuran jagung dan ubi ungu loh, jadi warnanya dominan ungu.


4. Nasi ambeng



Mengenal masyarakat Jawa tentu tak asing dengan berbagai macam tradisi seperti brokohan, mitoni, tedak sinten dll.

Dalam acara-acara selamatan atau syukuran khas jawa biasanya ada kuliner khusus. Salah satunya nasi ambeng.

Nasi yang disusun dalam tampah ini biasanya disajikan untuk tetangga yang menghadiri kenduri dan dimakan bersama-sama oleh empat sampai lima orang.

Nasi ambeng biasa disajikan bersama perkedel, telur rebus, opor ayam, tempe tahu, urap dan bihun. Jadi semangat ya kalo menghadapi kenduri seperti ini.


5. Nasi balap




Bergeser ke tetangga pulau dewata, tepatnya pulau Lombok. Kita akan menemukan kuliner berbahan nasi yang juga unik. Namanya nasi balap, nama ini konon karena nasi ini disenangi para pembalap di daerah Lombok yang sedang mengadakan balapan di malam hari. Saat perut lapar nasi inilah yang menjadi favorit di Lombok saat malam tiba.

Satu porsinya berisi nasi, ayam suwar-suwir yang khas pedas lombok, sayur kacang panjang, kentang mustofa alias kering kentang, lalu ada abon sapi, dan yang nambah enak adalah ayam goreng kampung.



6. Nasi jinggo/ jenggo



Masih dari pulau dewata, nasi sederhana nan murah meriah ini konon terinspirasi dari zaman krisis moneter. Jika menu makan biasa dijual terpisah dengan harga yang lumayan. Maka harga nasi jenggo ini sangat terjangkau. Pada awalnya berharga 1.500 rupiah.

Ada yang bilang jika jenggo atau jinggo adalah makna dari bahasa cina yang bermakna uang 1.500. Ada yang mengartikan jenggo dari kata jagoan yang bermakna iagoan dari Bali.

Walaupun begitu menunya lengkap loh. Ada nasi dengan lauk pauk berupa ayam suwir, sambal sero khas bali, oseng tempe serundeng,dan mie goreng.

Nasi ini disajikan dengan alas atau bungkus daun pisang yang menambah aroma pada makanan. Biasanya nasi jenggo disajikan pada upacara-upacara adat seperti ngaben.

Nah, itulah deretan nasi khas daerah yang unik dan lezat. Mungkin di daerah agan sista juga punya nasi khas yang menggoda? Yuk share di kolom komentar.

Sampai jumpa di postingan berikutnya. ❤️❤️.


Opini pribadi
Sumber; Wikipedia
Gambar:
Grup Facebook Bumbu Warisan
Grup Facebook kuliner Nusantara
klik
klik
klik
Diubah oleh zatilmutie 27-06-2021 10:17
enyahernawati
cheria021
anton2019827
anton2019827 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
6.8K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.