kucingnyaditaAvatar border
TS
kucingnyadita
Ibu Terkena Covid-19 Masih Boleh Menyusui Loh!
Infeksi virus Corona kadang bikin ibu-ibu berpikir bila menyusui sang bayi dapat tertular lewat ASI. Itu salah besar ya, Ibu yang positif Covid-19 sebaiknya diberi dukungan untuk terus menyusui agar bayinya mendapatkan perlindungan dari antibody sang ibu melalui ASI. Bahkan sampai saat ini, belum ada penelitian atau laporan kasus yang menyatakan bahwa infeksi Covid-19 dapat menular lewat ASI.

Tapi yang perlu digarisbawahi, risiko bayi tertular Covid-19 dari ibunya masih tetap ada. Simak 3 tips penting ibu menyusui bila dia terkena Covid-19,

Lakukan protokol kesehatan ketat



Memakai masker dobel (masker medis & masker kain), dan segera mengganti masker bila masker lembab, membuang masker yang sudah dipakai dalam tempat sampah tertutup. Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol, terutama setiap kali hendak memegang bayi, rajin membersihkan permukaan yang sering digunakan dengan desinfektan.

Berikan susu formula jika dirasa tidak sehat dan pompa ASI




Jika gejala yang muncul karena Covid-19 membuat si ibu terlalu lemas atau tidak nyaman untuk menyusui bayi langsung dari payudara, bisa memompa ASI atau memberikannya susu formula. Jangan memaksakan untuk menyusui secara langsung jika memang tidak bisa, karena ini demi kebaikan bayi. Mintalah ayah atau anggota keluarga lainnya untuk membantu memberikan botol ASI atau susu formula.


Jika si ibu terpaksa isolasi, segera cari donor ASI




Jika kondisi ibu menyusui harus dalam perawatan terpisah dengan bayi, maka carilah informasi terkait donor ASI atau orang sehat yang dapat memberikan ASI perah kepada bayi. Si pendonor ASI juga harus menerapkan protokol kesehatan yang sama dengan ibu kandungnya.

Referensi 1, 2


pakisal212
anton2019827
bachtiar.78
bachtiar.78 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.